Ciri Ciri Motor Kekurangan Oli

Posted on

Ciri Ciri Motor Kekurangan Oli – Di Indonesia jumlah pemilik sepeda motor memang sangatlah banyak, karena ini menjadi alat transportasi utama dan praktis untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Motor memang menjadi alat transportasi yang multi fungsi bagi banyak orang.

Dimana sepeda motor ini sering digunakan untuk sekolah, bekerja, kuliah, sampai liburan pun berkendara motor menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghindari jalanan macet seperti menggunakan mobil.

Sebagai kendaraan yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu menjaga sepeda motor agar awet.

Dan tetap prima pun wajib untuk kalian lakukan, karena dengan begini aktifitas kalian pun tidak akan terganggu karena masalah mesin yang rewel.

Ciri Ciri Motor Kekurangan Oli

Dalam merawat sepeda motor dengan cara yang baik dan benar memang harus dilakukan untuk menjaga performanya tetap prima, tak hanya melakukan servis rutin.

Kalian juga harus mengganti oli mesin untuk menghindari mesin dari kerusakan. Tapi sayangnya masih banyak pengguna sepeda motor yang lupa merawat tunggangan mereka sampai akhirnya muncul keluhan.

Oli mesin memang perlu diganti secara rutin untuk menunjang kinerja sepeda motor, saat oli tidak diganti maka berbagai macam kerusakan akan mengintai sepeda motormu.

Dan bahkan tak sedikit dari mereka yang lupa mengganti oli sampai akhirnya kehabisan oli mesin. Lantas apa ciri ciri motor kekurangan oli? Nah berikut ini beberapa ciri cirinya yaitu:

Bunyi Saat RPM Rendah

Bunyi yang keluar saat oli mesin sudah habis akan terdengar seperti benturan dari dua bahan logam, bunyi ini berasal dari katup dan rocker arm yang tidak bisa mendapatkan asupan pelumas dari oli.

Sepeda Motor Terasa Berat

Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan dan sepeda motor terasa lebih mudah untuk dikendarai.

Dan sebaliknya jika oli sudah mulai habis maka mesin tidak bisa terlumasi dengan baik jadi sepeda motormu akan terasa lebih berat saat digunakan.

Mesin Mati Tiba-Tiba

Oli mesin sepeda motor yang sudah habis juga bisa ditandai dengan mesin yang mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan.

Dan biasanya kalian juga akan kesulitan untuk menyalakan kembali sepeda motor terutama saat menggunakan electric stater.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus menerus tak menutup kemungkinan sepeda motormu, akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi karena mesin sepeda motor akan menjadi lebih cepat panas, suara mesin terdengar lebih kasar dan yang paling parah ialah piston akan terkunci akibat proses pemuaian dari panas yang ditimbulkan pada mesin.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Motor Kekurangan Oli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂