Ciri Ciri Motor Harus Skir Klep

Posted on

Ciri Ciri Motor Harus Skir Klep – Performa sepeda motor menjadi tidak prima bahkan cenderung loyo? Hal ini mungkin permasalahannya ada pada bagian klep.

Dan ada kemungkinan besar tarikan motor menjadi tidak berstamina karena ada kebocoran pada bagian klep motor tersebut.

Selain tarikan sepeda motor menjadi loyo, gas pun lebih terasa berat saat ditarik dan mesin pada sepeda motor juga menjadi lebih panas tidak normal seperti pada umumnya.

Perkara kebocoran pada klep memang tidak semua pemilik motor mengetahui, untuk itu mari kita mulai pembahasan ringan mengenai ciri ciri motor harus skir klep.

Fungsi Klep

Jika kita menggunakan motor yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi, mungkin ini saatnya kita lebih mengenal apa itu klep.

Klep terletak di bagian kepala silinder dan memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah sepeda motor bermesin 4-tak atau 4 stroke.

Klep pada kuda besi memiliki fungsi untuk menstabilkan performa tarikan motor agar tetap prima seperti motor baru.

Namun hati-hati, klep motor bisa saja menjadi bocor karena beberapa hal seperti kerak sisa pembakaran yang menumpuk akibat jarang dibersihkan dan usianya yang telah usang.

Masa penggunaan klep motor normalnya yakni 20.000 kilometer, lantas apa saja ciri ciri klep motor bermasalah dan harus di skir klep?

Ciri Ciri Motor Harus Skir Klep

Adapun klep motor yang bermasalah yang di rasakan yaitu:

  • Motor sulit untuk dihidupkan.
  • Tarikan mesin mulai berat karena adanya campuran udara dan bensin, mesin terasa lebih panas berbeda tidak seperti pada umumnya.
  • Penggunaan bensin akan lebih boros tidak normal seperti biasanya.
  • Bagian langsam motor terganggu.

Manfaat Motor Harus Skir Klep

Jika sudah merasakan beberapa hal diatas sebaiknya langsung melakukan pengecekan lebih lanjut sebelum menjalar kebagian lainnya.

Lalu selanjutnya, bagaimana menanggulangi klep motor yang bocor? Caranya yakni melakukan skir klep. Kenapa kita harus melakukan skir klep?

Karena skir klep memiliki manfaat mengembalikan performa kompresi motor seperti sedia kala. Masalah lain selain klep bocor, kita harus memperhatikan kerapatan klep pada dudukannya.

Karena hal ini juga turut mempengaruhi performa pada mesin. Posisi klep pada dudukannya jika tidak rapat akan mendatang beberapa masalah yang kurang lebih sama dengan kebocoran pada klep, menyebabkan busi jadi mudah rusak.

Akibat Dari Klep Motor Bocor Dan Harus Di Skir

Adapun akibat klep motor bocor dan harus di skir diantaranya yaitu:

  • Oli masuk ke ruang bakar dan habis karena turut terbakar
  • Power engine dan tekanan kompresi menurun
  • Akan muncul asap putih pada knalpot
  • Busi akan mudah rusak
  • Mesin susah dinyalakan

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Motor Harus Skir Klep semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂