Ciri Ciri Motor Bocor Kompresi

Posted on

Ciri Ciri Motor Bocor Kompresi – Ciri kompresi mesin motor bocor harus diwaspadai oleh para pengendara roda dua. Kerusakan ini akan berdampak pada kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Apabila tidak segera ditanggulangi, akan berakibat fatal pada komponen motor yang lainnya. Gejala kompresi mesin motor yang bocor mudah sekali diketahui.

Sehingga tak ada salahnya, sebagai pengendara motor yang bijak, kalian paham masalah ini.

Ciri Ciri Motor Bocor Kompresi

Siapa yang tidak tahu kompresi mesin motor? Komponen ini sangatlah familiar di kalangan pecinta otomotif.

Sebagaimana fungsinya, kompresi mesin pada motor berguna untuk meminimalisir adanya volume udara yang masuk. Sehingga ketika melakukan pengisian bahan bakar, akan lebih cepat homogen.

Kinerja kompresi motor ini sangat berkaitan dengan tenaga mesin yang dihasilkan. Tingginya tekanan di dalam kompresi mesin, maka semakin besar pula tenaga yang dikeluarkan dari proses pembakaran.

Dengan begitu, performa mesin pun juga akan meningkat secara optimal. Saat motor dikendarai dapat melaju dengan cepat.

Mengingat betapa pentingnya kompresi mesin motor ini, tidak terbayang jika terjadi kerusakan maupun kebocoran. Untuk itulah perlu adanya pemahaman mengenai ciri kompresi mesin motor bocor.

Mau tahu bagaimana ciri ciri dan cara pengecekannya? Berikut ini akan kami rangkumkan secara rinci untuk kalian.

Menurunnya Fungsi Starter

Ciri yang pertama dapat dilihat dari starter yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebenarnya motor yang sulit distarter tidak semata-mata disebabkan karena kompresi mesin motor yang bocor, melainkan juga dipengaruhi oleh suhu udara yang dingin.

Disinilah kalian harus tahu perbedaannya, untuk membedakannya, cek starter motor di pagi hari. Coba dengan teknis starter yang tepat.

Jika asal-asalan, percuma saja, kalian tidak akan mengetahui ciri kompresi mesin motor bocor. Langkah awalnya, lakukan on-off secara berulang kali terlebih dahulu pada kunci kontak.

Barulah kalian menekan tombil start, jika dikarenakan suhu udara yang dingin, motor akan langsung menyala.

Namun jika motor distarter berulang kali dan tidak kunjung hidup, maka segera lakukan pengecekan pada kompresi mesin motornya.

Konsumsi Bahan Bakar Boros

Ciri selanjutnya terletak pada konsumsi bahan bakar yang digunakan. Motor yang tiba-tiba boros bahan bakar, maka ada kemungkinan kompresi mesin motor mengalami kebocoran.

Cara pengecekannya pun cukup simpel. Motor yang digunakan secara terus menerus dengan jarak yang jauh, sudah pasti akan membutuhkan bahan bakar dalam jumlah banyak.

Lain lagi ceritanya jika motor yang kalian miliki tidak digunakan setiap hari. Sekali pun digunakan dalam jarak yang dekat, tetapi konsumsi bahan bakarnya lebih banyak dari biasanya.

Langkah yang tepat segeralah cek kompresi mesin motornya. Terdapat kemungkinan jika mengalami kebocoran.

Keluarnya Asap Putih Dari Knalpot

Ciri kompresi mesin motor bocor yang sangat mudah dilihat, adanya asap putih yang keluar dari knalpot. Umumnya asap hasil dari pembakaran berwarna hitam atau abu-abu.

Jika ciri ini muncul, bisa secara langsung kalian ketahui. Penyebab keluarnya asap putih ini karena terjadinya proses pembakaran yang kurang sempurna di dalam kompresi mesin motor.

Gas Buang Menimbulkan Bau Dan Pedih Di Mata

Ciri berikutnya masih berkaitan dengan ciri sebelumnya. Saat kompresi mesin motor bocor, secara otomatis akan menghasilkan gas buang yang berbau menyengat.

Jika gas ini mengenai mata, maka akan terasa sangat perihg. Penyebabnya hampir sama dengan keluarnya asap putih pada knalpot, ciri ini pun juga langsung dapat kalian kenali dengan mudah.

Tenaga Mesin Semakin Menurun

Masih membahas ciri kompresi mesin motor bocor. Mengingat dari fungsinya sendiri, sudah pasti sangat mempengaruhi tenaga mesin yang dihasilkan.

Ketika kompresi mesin motor mengalami kebocoran, maka tekanan gas akan ikut berkurang. Ini akan berdampak pada performa mesin yang dihasilkan.

Motor tidak dapat melaju dengn cepat meskipun berada pada kecepatan optimal. Selain itu juga mesin motor mudah sekali ngelitik.

Jika sudah terlanjur seperti ini, mesin motor akan menimbulkan suara yang kasar. Lebih parahnya lagi, mesin motor tiba-tiba mati saat dikendarai.

Jika dibiarkan tanpa adanya tindakan untuk memperbaiki, kebocoran kompresi mesin motor ini akan menjalar. Kemungkinan terburuknya, motor kalian harus turun mesin.

Menilik dari bahaya dan kerugian yang ditimbulkan dari adanya kerusakan semacam ini. Ciri kompresi mesin motor bocor harus segera diketahui sejak awal.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Motor Bocor Kompresi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.