Ciri Ciri Motor Bekas Banjir

Posted on

Ciri Ciri Motor Bekas Banjir – Nah buat kalian yang ingin beli motor bekas, tapi masih khawatir apakah motor yang kalian incar itu banjir atau tidak, berikut ini tips dan trik untuk membedakannya.

Buat kalian yang ingin membeli motor, pasti selalu menginginkan motor dengan kualitas terbaik, baik itu motor baru ataupun motor bekas.

Untuk motor bekas sendiri, selain karena dapat langsung digunakan tanpa harus ident atau menunggu pengurusan nomor dan surat-suarat kendaraan bermotor seperti STNK dan BPKB.

Banyak juga orang lebih memilih motor bekas karena harga motor bekas, terutama motor bekas kurang dari 1 sampai 2 tahun terhitung jauh lebih terjangkau.

Dan apalagi jika kalian dapat mendapatkan motor dengan kilometer rendah dengan kondisi gress, alias mulus seperti baru. Lalu bagaimana dengan harga motor bekasnya?

Ya umumnya harga motor bekas terutama motor bekas tahun muda kurang dari 1 sampai 2 tahun, biasanya memiliki gap atau jarak harga yang cukup jauh dibandingkan motor baru.

Bayangkan saja, harga motor tahun muda kurang dari 1 tahun bedanya bisa kisaran 5 juta, bahkan lebih, jika kondisinya benar-benar istimewa.

Namun dibalik itu semua, kalian harus pintar-pintar nih memilih motor bekas berkondisi bagus, baik dari segi surat dan fisik, juga jeli memilih motor apakah bebas dari bekas banjir atau tidak.

Karena untuk kerusakan yang terlihat mata biasanya dapat lebih mudah dibedakan dibandingkan kerusakan dalam mesin atau komponen motor lain akibat terendam banjir.

Kalian tidak mau kan, beli motor yang fisiknya mulus, dan ternyata dalemannya tidak sesuai harapan? Selain tidak sesuai dengan ekspektasi dan harga yang kalian keluarkan, motor bekas banjir juga bisa membawa petaka bagi kalian dikemudian hari.

Dan tidak jarang motor bekas banjir yang biasanya “hanya dipoles” bagian luar untuk mengelabuhi pembeli, ternyata timbul kerusakan fatal dari bagian dalam komponen motor untuk waktu yang relatif cepat.

Ciri Ciri Motor Bekas Banjir

Lantas bagaimana sih mengetahui ciri ciri motor bekas banjir atau tidak? Simak selengkapnya dibawah ini:

Dengan Memeriksa Bagian Kolong Motor

Motor yang bekas terendam banjir biasanya akan meninggalkan lumpur yang menumpuk di beberapa sisi, terutama kolong motor.

Sekalipun sudah dicuci biasanya bagian kolong motor akan  tetap meninggalkan bekas lumpur atau tanah yang terlihat.

Cek Bagian Motor Yang Tertutup Body Motor

Bagian ini biasanya juga cukup sulit dijangkau, jadi kalian dapat juga melihatnya dari situ.

Cek Bagian Lampu Depan Dan Belakang

Untuk bagian lain mungkin masih bisa dibersihkan dan dilap dengan detail dan teliti, tapi bagian lampu tidak akan bisa dibersihkan kecuali jika kalian menggantinya dengan unit headlamp dan stoplamp yang baru.

Cek Sambungan-Sambungan Plastik Pada Body Motor

Biasanya bagian body sambungan ini luput dari penglihatan karena dianggap tidak terlalu kasat mata, tapi disinilah jejak lumpur tersisa.

Cek Bagian Sambungan Ikatan Kabel-Kabel, Soket Sampai Komponen Kecil

Bagian ini juga termasuk bagian yang sering kali masih menyisakan endapan lumpur karena adanya celah-celah kecil yang sulit dijangkau.

Cek Adakah Bekas Karat?

Motor-motor bekas banjir biasanya terendam lumpur dan tanah dalam waktu cukup lama. Kondisi ini menimbulkan karat pada komponen dan bagian motor yang cukup terlihat.

Cek Suara Mesin

Jika suara mesinnya terdengar kasar, selain bisa terjadi karena terendam banjir bisa juga karena motornya kurang terawat.

Untuk yang terakhir ini, kami sarankan kalian pilih motor lain tanpa perlu mengecek apakah motor tersebut bekas banjir atau tidak lebih menghemat waktu.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Motor Bekas Banjir semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan  bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂