Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak

Posted on

Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak – Dalam hal ini pada umumnya sistem starter sering kita jumpai pada sebuah mesin salah satunya ialah kendaraan seperti mobil dan motor. Mesin pada kendaraan tersebut memerlukan sistem starter agar dapat hidup.

Ringkasnya dengan adanya sistem starter pada sebuah mesin, maka akan dapat mengubah arus listrik pada aki menjadi energi mekanik.

Energi mekanik ini nantinya akan berguna untuk membuat mesin tersebut dapat hidup dan bergerak. Untuk lebih jelasnya mengenai sistem starter simak dibawah ini.

Pengertian Sistem Starter

Sistem starter ialah komponen yang berfungsi untuk menghidupkan atau menjalankan sebuah mesin. Pada mesin kendaraan sendiri, sistem starter berfungsi untuk mengubah arus listrik yang terdapat pada aki menjadi energi mekanik.

Energi mekanik ini akan dapat membuat mesin dari kendaraan tersebut dapat bergerak dan berjalan. Di sisi lain sistem starter ini berfungsi sebagai penggerak awal sehingga mesin pada kendaraan dapat melakukan proses pembakarannya.

Berarti dengan adanya sistem starter ini membantu kita untuk menghidupkan atau menjalankan sebuah mesin. Tentunya akan sangat berpengaruh jika sistem starter pada sebuah mesin bermasalah atau rusak.

Jenis Jenis Sistem Starter

Kita sudah tahu salah satu jenis dari sistem starter ialah yang digerakkan dari tenaga kaki manusia (kick starter). Namun sistem starter memiliki beberapa jenis lainnya yang perlu kita ketahui seperti yang berikut ini:

  • Starter Mekanik
    Starter mekanik adalah salah satu jenis yang paling sering kita jumpai. Starter ini biasanya digerakkan oleh tenaga manusia seperti starter kaki (kick starter) pada sepeda motor, dan slenger pada mesin diesel.
  • Starter Elektrik
    Jenis starter ini mengubah energi arus listrik agar dapat menjalankan sebuah mesin. Kini, starter elektrik banyak diaplikasikan pada sepeda motor dan mobil. Menjadikan mesin kendaraan tersebut dapat hidup dan berjalan dengan mudah.
  • Starter Pneumatik
    Jenis starter ini mengubah udara yang memiliki tekanan besar menjadi sumber tenaga atau penggeraknya. Biasanya starter pneumatic diaplikasikan pada kapal laut, karena mesin pada kendaraan tersebut cukup besar.
Baca Juga :  √ Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak ?? Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Komponen Utama Sistem Starter

Sistem starter tentunya memiliki berbagai macam komponen didalamnya. Ringkasnya dengan adanya komponen tersebut maka sistem starter dapat berfungsi disebuah mesin. Adapun komponen utama sistem starter diantaranya sebagai berikut:

  • Battery
    Komponen ini memiliki fungsi sebagai penyedia atau sumber arus listrik
  • Saklar Starter
    Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik ke relay starter.
  • Relay Starter
    Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik yang besar ke motor starter.
  • Motor Starter
    Komponen ini memiliki fungsi untuk merubah tenaga listrik yang telah dialirkan menjadi sebuah momen putar pada mesin.

Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak

Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan bendik starter yang berguna untuk menghidupkan mesin. Besarnya peranan bendik starter ini, menuntut semua pemilik kendaraan agar selalu memperhatikan keadaannya. Hal ini bertujuan agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Terdapat Bunyi Cetak Cetak

Ciri pertama biasa terjadi saat bendik starter rusak ialah munculnya bunyi cetak cetak. Hal ini biasanya terjadi saat kalian berusaha menyalakan engine dengan menekan bendik starter berulang kali.

Munculnya bunyi seperti ini menandakan bahwa arus listrik dari bendik starter terputus, sehingga menyebabkan engine tidak bisa nyala sebagaimana mestinya.

Bunyi cetak cetak ini sendiri biasanya terdengar sekali dua kali. Namun bila berbunyi hingga berulang kali, bisa dipastikan memang bendik starter telah rusak.

Aki Sudah Melemah

Penyebab bendik starter rusak lainnya ialah karena aki kendaraan telah lemah. Hal ini sering terjadi saat kandungan elektrolitnya menipis atau cairan aki telah habis.

Kalian juga bisa mendeteksinya dengan cara memeriksa kestabilan dari komponen kelistrikan lainnya seperti dari klakson atau lampu indikator. Bila komponen tidak menyala maka bisa dipastikan bahwa aki sudah soak.

Baca Juga :  Magnet Dinamo Starter Sepeda Motor Anda Lepas ??? Inilah Solusinya

Aki yang melemah ini pun seringkali membuat bendik starter mengeluarkan suara “tek tek tek”. Hal ini jika dibiarkan begitu saja, akhirnya akan membuat kendaraan kesayangan rusak. Untuk itu periksa keadaan aki secara berkala agar menghindari kerusakan pada bendik starter.

Kabel Penghubung Bendik Dengan Aki Terputus

Perlu kalian ketahui jika bendik atau switch starter memiliki tugas dalam menyambungkan arus listrik dari aki menuju dinamo starter. Untuk bisa menjalankan tugasnya ini, bendik dibantu kabel yang digunakan sebagai penghubung antara bendik dengan aki guna menghidupkan kendaraan.

Tak hanya menuju aki, terdapat pula kabel yang menuju dinamo starter. Bila salah satu kabel tersebut terputus, maka hal ini akan menyebabkan engine kendaraan kesayangan tidak bisa dihidupkan selayaknya.

Pasalnya arus listrik dari bendik starter tidak bisa dialirkan dengan sempurna melalui kabel menuju aki maupun dinamo starter. Agar hal ini tidak terjadi pada kendaraan kalian, cobalah untuk melakukan pemeriksaan dengan rutin.

Menghubungkan Tangkai Obeng Di Kedua Terminal

Ciri bendik starter rusak bisa dilakukan dengan cara menghubungkan tangkai obeng di antara kedua terminal. Hal ini bisa dilakukan tatkala kondisi komponen baik-baik saja, namun bendik starter tetap tidak mau menyala.

Dengan menghubungkan tangkai obeng pada kedua terminal kabel di bendik starter, bisa membuat kalian mengetahui keadaan sebenarnya.

Kendaraan tidak bisa dihidupkan, memah terkadang membuat sang pemiliknya menjadi panik dan kebingungan. Namun tatkala hal ini terjadi, usahakan untuk tetap tenang dan periksa beberapa komponen yang biasanya berperan penting menyalakan mesin seperti aki dan kabelnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat  bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂