Ciri Ciri Bearing Gigi Rasio Motor Matic Minta Diganti

Posted on

Ciri Ciri Bearing Gigi Rasio Motor Matic Minta Diganti – Dalam hal ini komponen gigi rasio pada motor matic, kinerjanya tidak seperti di motor bebek atau sport. Gigi rasio pada motor matic hanya sebagai penerus daya dari kruk as (poros engkol) melalui komponen CVT, supaya roda belakang berputar.

Makanya para pemilik sepeda motor bertransmisi otomatis atau matic, harus tahu bahwa melakukan perawatan pada sepeda motor matic tidak hanya pada bagian mesinnya saja.

Tapi perawatan juga harus dilakukan pada bagian lainnya seperti gear atau gigi rasio. Ini sangat penting karena kalau sampai terjadi kerusakan atau jebol pada bagian gear atau gigi rasionya akan mengganggu kenyamanan kalian dalam mengendarai sepeda motor matic.

Gejala Dan Penyebab Gigi Rasio Motor Matic Rusak

Sebelum mengalami kerusakan atau jebol pada bagian gigi rasio alias gear rasio biasanya akan muncul gejala seperti terdengar suara mendengung dari gardan ketika sepeda motor sedang dikendarai.

Suara yang mendengung ini sudah pasti akan sangat mengganggu. Tidak hanya kalian selaku pengendaranya, tapi mungkin juga bisa mengganggu kenyamanan pengendara lain di jalan.

Pemilik matic harus ingat bahwa sebagai sesama pemakai jalan, juga harus menjaga kenyamanan berkendara pengendara lain di jalan raya.

Penyebab Gigi Rasio Rusak

Salah satu penyebab utama rusaknya gigi rasio ialah kondisi oli gardan yang sudah buruk. Umumnya, pengendara sepeda motor matic tidak sadar, tiba-tiba olinya sudah tercampur dengan air dan kotoran.

Alhasil oli gardan tidak bisa melumasi gigi rasio dengan baik, tingginya friksi atau gesekan bukan tidak mungkin membuat gigi rasio jadi rusak.

Hal ini bisa dicegah jika kalian menjaga kualitas oli gardan dengan selalu rutin mengecek dan mengganti oli gardan secara berkala. Jika sudah berwarna coklat dan keruh, bisa dipastikan oli gardan itu sudah kotor dan minta diganti.

Untuk mengecek dan mengganti oli gardan, sebaiknya dilakukan ketika motor sudah menempuh jarak 5.000 km. Penggantiannya bisa lebih dari pemakaian 5.000 km atau kurang dari itu, asal jangan sampai terlalu lama dibiarkan oli gardan tidak diganti.

Ciri Ciri Bearing Gigi Rasio Motor Matic Minta Diganti

Selain oli gardan, bearing gigi rasio pada motor matic harus diperhatikan. Meski lokasinya tertutup, bearing gigi rasio yang rusak akan mengeluarkan ciri.

Coba buka pulley belakang (driven pulley) setelah itu goyangkan as pulley-nya. Kalau as pulley goyang parah alias oblak, sudah dipastikan bearing gigi rasionya sudah kena.

Untuk memastikannya, disarankan untuk bongkar gear atau gigi rasio. Nanti dilihat bearingnya, apakah masih bagus atau sudah oblak.

Bearing gigi rasio yang sudah mulai oblak ternyata enggak boleh dibiarkan. Kalau dibiarkan lama-lama bisa merembet dan merusak gigi rasionya.

Nah kalau menemukan gejala diatas secepatnya harus ganti bearing gigi rasio. Harga bearing gigi rasio terbilang murah sekitar Rp 38 ribuan. Jangan dibiarkan karena bisa keluar uang lebih banyak jika gigi rasio ikutan rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Bearing Gigi Rasio Motor Matic Minta Diganti semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂