Cas Aki Motor

Posted on

Cas Aki Motor – Berbicara soal perangkat motor, bagi para pengendara jelas tahu bahwa ada banyak sekali perangkat yang digunakan. Dan semakin besar motor tersebut, maka semakin kompleks mesin dan komponen yang ada di dalamnya.

Pengertian Aki Dalam Motor

Aki atau Accu ialah alat yang ada dalam setiap motor. Alat ini mengandung arus listrik dan digunakan agar motor dapat menyala menggunakan cara starter atau tombol. Dan selain itu accu juga membantu mengalirkan listrik sehingga lampu sen dan klakson dapat menyala.

Jika melihat pengertiannya, fungsi aki sebenarnya lebih banyak. Pertama kalian bisa member arus panel ke sistem informasi mengenai sepeda motor, member tegangan referensi ke Ecu motor injeksi. Menyalakan sistem disebut sebagai fuel pump saat mesin akan dinyalakan. Namun fungsi aki motor yang satu ini khusus untuk injeksi.

Penyebab Aki Motor Jadi Soak

Terlalu lama WFH aki motor jadi soak? Jangan langsung ganti baru, yuk coba dulu 1 cara ini. Saat masa WFH dan PSBB seperti saat ini tentu membuat orang lebih banyak berada di rumah saja.

Termasuk dengan kendaraan yang kerap dipakai beraktivitas, salah satunya motor. Sejak orang lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah saja, banyak kendaraan yang jarang dihidupkan atau bahkan tidak sama sekali.

Motor hanya di parkiran dan menjadi penunggu setia ruang garasi saja. Ketika ingin dihidupkan atau sekadar memanaskan mesin, eh motor gak mau hidup. Dan apalagi motor injeksi zaman now yang sudah tidak memiliki kick starter (pedal sela).

Motor tidak mau hidup ternyata disebabkan dengan kondisi aki yang soak. Aki soak disebabkan karena tidak ada arus pengisian yang bersumber dari hidupnya mesin motor, apalagi jika kondisi yang sudah mulai lemah.

Banyak orang yang langsung saja membeli aki baru saat tau aki motornya soak. Eits tapi tunggu dulu, coba dulu 1 cara ini saat tau aki  motor mau rusak, cuma Rp 10 ribuan kok.

Cara Mengatasi Aki Soak

Caranya dengan diestrum atau cas ulang aki motir di bengkel atau toko aki. Aki akan dicek tegangannya dengan ampermeter guna mengetahui seberapa kurang tegangannya.

Untuk hal ini biasanya dicek dulu pake ampermeter seberapa kurang tegangan akinya. Jika kondisi tidak terlalu parah itu disarankan untuk diestrum atau dicharge saja. Apabila kondisi aki motor tidak terlalu lemah atau tidak rusak, cukup hanya diestrum atau dicas di bengkel atau toko aki terdekat rumah kalian.

Dan biaya cas atau setrum aki cuman Rp 10 ribuan tidak mahaal kan, prosesnya juga tidak terlalu lama butuh waktu 3-5 jam saja.

Cara Agar Aki Tidak Mudah Soak

Dalam hal ini  sayangnya aki seringkali mengalami kondisi yang kurang baik dan sering disebut sebagai soak oleh para pengendara motor. Sehingga aki tersebut tidak dapat membantu motor untuk berjalan dengan normal.  Berikut ini ada beberapa cara agar aku tidak mudah soak yang bisa kalian mengendara tiru.

Pemeriksaan Berkala

Apabila anda ingin motor tetap sehat dan aki tetap menyala. Maka salah satu cara agar aku tidak mudah soak yaitu dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Menurut beberapa perusahaan, motor aki merupakan salah satu bagian motor yang tidak dapat dibenahi sendiri.

Baca Juga :  Penyebab Aki Motor Rusak

Kemudian ketika mengalami kerusakan, aki langsung mengalami kondisi mati dan tidak dapat membantu motor untuk berjalan. Para pengendara mungkin tidak tahu kapan aki tersebut sudah mulai soak. Ada bagusnya pemeriksaan berkala pada motor bisa membantu mengatasi dan menghindari masalah tersebut.

Perhatikan Aksesoris Motor

Selanjutnya hal yang harus Anda perhatikan agar bisa merawat aki dengan baik dan juga awet, yaitu memperhatikan aksesoris motor yang digunakan. Memang para pria sangat senang melakukan modifikasi pada motor yang digunakan.

Ditambah adanya lampu yang bagus, dengan klakson jelas menambah unik motor yang sering digunakan setiap hari oleh para pengendara, tetapi nyatanya hal tersebut dapat membebani kinerja aki dan menyebabkan aki cepat soak. Jika sudah seperti itu, cara satu-satunya hanya dengan mengurangi aksesoris motor yang digunakan.

Memaksa Menggunakan Starter

Masalah paling populer selanjutnya yang terjadi pada pengendara motor yaitu memaksa menggunakan starter.  Padahal motor sudah mengalami kesulitan untuk menyala. Jika sudah seperti ini jelas bahwa aki terindikasi rusak. motor tersebut mengalami masalah sehingga Anda tidak boleh memaksakan kembali.

Cobalah untuk mengalihkan starter yang digunakan dengan menggunakan starter kaki. Jadilah sobat pengendara yang bijak demi motor yang tetap awet dan bisa digunakan setiap hari.

Panaskan Setiap Hari

Terakhir untuk membantu menghindari aki motor menjadi soak dan rusak yaitu dengan memastikan motor dilakukan pemanasan setiap hari.  Minimal 10 menit setiap harinya.

Tujuannya untuk membantu agar mesin motor tidak terlalu dingin dan juga konsisten. anda paham bahwa aki membutukan pemanasan motor, agar dapat bekerja dan terstimulasi untuk digunakan setiap harinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cas Aki Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.