Cara Setting Ulang Karburator Pada Motor Baru

Posted on

Cara Setting Ulang Karburator Pada Motor Baru – Motor baru keluar dari daeler tetap kudu setting ulang karbu disesuaikan kondisi daerah sampeyan dan rute-rute sehari-hari kalau tidak kerja mesin nggak maksimal berlaku untuk semua merek dan jenis ya Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki juga vespa maupun motor cina. Sebab dari pabrik diset seesuai kondisi rata-rata,terbaiknya ditrek datar.

Prinsip Kerja Karburator

Karburator bekerja dengan prinsip perbedaan tekanan, seperti yang anda ketahui zat cair ataupun gas akan selalu mengalir ke area dengan tekanan lebih rendah. Proses yang terjadi didalam karburator pun demikian, bensin bisa masuk ke intake manifold karena tekanan didalam intake manifold lebih kecil dari pada didalam ruang penampung bensin didalam karburator.

Sekarang pertanyaannya, mengapa tekanan didalam intake lebih rendah? Apakah tekanan bensin didalam ruang penampung bensin didalam karburatir ditingkatkan? Ternyata tidak, perbedaan tekanan ini terjadi secara alami.

Kalau anda pernah membaca prinsip sayap pesawat terbang maka ini mungkin agak sama. Didalam ada hukum Bernoulli yang menyatakan tekanan dari fluida seperti udara berkurang, apabila udara tersebut bergerak lebih cepat.

Didalam intake manifold ada udara yang mengalir kedalam ruang silinder mesin dengan kecepatan yang bervariasi (tergantung pembukaan gas). Tentu saja, berdasarkan hukum Bernoulli, maka tekanan udara didalam intake manifold akan mengalami penurunan. Sehingga, meski didalam ruang penampung bensin itu sama tekanannya dengan tekanan atmosfer, bensin tetap akan keluar.

Perbedaan tekanan ini, juga akan semakin besar apabila aliran udara didalam intake itu semakin cepat. Sehingga, ketika mesin digas pada RPM tinggi, otomatis aliran udara didalam intake cepat, tekanan didalam intake semakin turun, dan bensin yang tersedot karena perbedaan tekanan itu akan semakin banyak.

Bagaimana cara karburator mengatur volume bensin yang keluar ?

Mungkin ada yang masih bingung, mengapa bensin yang keluar itu bisa memiliki perbandingan ideal? ini karena segala komponen yang dibuat didalam karburator itu sudah diperhitungkan. Secara umum, ada tiga buah komponen didalam karburator. Yakni Venturi, Pilot jet, Ruang penampung bensin.

Ruang penampung bensin, berfungsi untuk menampung bensin kiriman dari tanki yang siap dikarburasikan secara teratur kedalam intake manifold. Disni tekanan dibuat sama dengan tekanan atmosfer karena itu, biasanya ada ventilasi.

Sementara venturi dan pilot jet, adalah dua komponen yang mempengaruhi perbandingan campuran bensin. Venturi adalah bagian didalam intake manifold yang memiliki diameter lebih kecil. Nantinya, bensin akan disemburkan tepat pada venturi. Semakin kecil diameter pada venturi, maka semakin cepat pula aliran udaranya sehingga tekanan didalam venturi pasti akan lebih turun. Dan ini menyebabkan perbandingan bensin lebih banyak.

Kalau pilot jet adalah selang yang menghubungkan ruang penampung bensin dengan ruang venturi. Fungsinya hanya mengalirkan bensin saja, tapi lebar atau besar diameter pilot jet mempengaruhi tingkat perbandingan bensin. Semakin besar diamter pilot jet maka perbandingan bensin juga akan semakin banyak/boros.

Dalam aplikasinya, lebar diameter venturi dan pilot jet akan dihitung berdasarkan masa udara yang dapat mengalir ke mesin tiap detiknya. Sehingga, akan didapat perbandingan yang ideal.

Cara Setting Ulang Karburator

Berdasarkan ketinggian permukaan laut setting karbu diambil didaerah menengah jadi bukan dipantai atau puncak gunung apalagi spek pabrik meniru langsung dari jepang atau prinsipal.

Gampang kok cara memainkan setelan angin jika mau lebih sip, sesuaikan pilot jet dan main jet setelan angin normal antara 1-2,5 putaran penuh cara menyetelnya tarik gas sampai putaran mesin alias rpm dikisaran 4.000 rpm.

Gampangnya lihat jarum penunjuk putaran mesin pada takometer pastikan ujungnya persis diangka 4.000 lalu pakai obeng min untuk memutar sekrup udara putar abis kekanan lalu putar balik ( turn out ) sembari dengarkan suara mesin tandanya pas suara mesin teriak sekitar 2.000 yang diiringi suara langsam niscaya setelan dengan sendirinya akan menyesuaikan suhu setempat,

Kalau setting terbaik belum dapat berarti kudu ganti pilot jet atau main jet ini bisa ditengok dari busi jika hitam terus pertanda sampeyan ada didaerah dingin. Jika putih itu artinya sampeyan didaratan tandus tapi kalau cokelat batubata jangan diutak atik sudah pas tandanya.

Toh umumnya perubahan satu tingkat misal pilot jet standar 30 lebih kurangnya jadi 27,5 atau 32,5 main jet asli 100 bisa turun 97,5 atau naik 102,5 jika busi hitam tandanya harus menurunkan spuyer, naik atau turun juga butuh feeling kalau mesin sulit hidup pilot jet mesti naik nah itu businya gosong eh maksudnya hitam,

Cara Setting Ulang Karburator Pada Motor Baru

Tapi kalau susah langsam agak tinggi pilot jet kudu turun, sekarang main jet kalau digeber abis mesin mbrebet main jet wajib turun setingkat sebaliknya digas pol suara knalpot terlalu berteriak tandanya main jet minta naik, mestinya suara knalpot serak-serak basah ketika gas mentok.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Setting Ulang Karburator Pada Motor Baru semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂