Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve

Posted on

Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara setting karburator dari Throttle valve, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Karburator

Karburator ialah bagian terpenting dari sepeda motor, hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Untuk mendapatkan pembakaran sempurna di butuhkan perbandingan mesin dan udara dalam pencampuran gas, menurut teoritis ialah 1:15 artinya 1 gram bensin di campur dengan 15 gram udara. Bila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 misal 1:18 dikatakan campuran miskin 1:12 di katakan campuran kaya. Karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara.

Settingan karburator bukan Cuma bermain di spuyer dan jarum skep bisa juga dari throttle valve alias skep yang penting disetel sesuai keinginan maksudnya mau settingan kaya bahan bakar atau miskin sekalian ya,,sepiring berdua deh kan miskin.

Prinsip Kerja Karburator

Karburator bekerja dengan prinsip perbedaan tekanan, seperti yang anda ketahui zat cair ataupun gas akan selalu mengalir ke area dengan tekanan lebih rendah. Proses yang terjadi didalam karburator pun demikian, bensin bisa masuk ke intake manifold karena tekanan didalam intake manifold lebih kecil dari pada didalam ruang penampung bensin didalam karburator.

Sekarang pertanyaannya, mengapa tekanan didalam intake lebih rendah? Apakah tekanan bensin didalam ruang penampung bensin didalam karburatir ditingkatkan? Ternyata tidak, perbedaan tekanan ini terjadi secara alami.

Baca Juga :  √ Jadi Ini,, 7 Penyebab Satria FU Tidak Bertenaga Serta Cara Mengatasinya,,, Yuk Simak

Kalau anda pernah membaca prinsip sayap pesawat terbang maka ini mungkin agak sama. Didalam ada hukum Bernoulli yang menyatakan tekanan dari fluida seperti udara berkurang, apabila udara tersebut bergerak lebih cepat.

Didalam intake manifold ada udara yang mengalir kedalam ruang silinder mesin dengan kecepatan yang bervariasi (tergantung pembukaan gas). Tentu saja, berdasarkan hukum Bernoulli, maka tekanan udara didalam intake manifold akan mengalami penurunan. Sehingga, meski didalam ruang penampung bensin itu sama tekanannya dengan tekanan atmosfer, bensin tetap akan keluar.

Perbedaan tekanan ini, juga akan semakin besar apabila aliran udara didalam intake itu semakin cepat. Sehingga, ketika mesin digas pada RPM tinggi, otomatis aliran udara didalam intake cepat, tekanan didalam intake semakin turun, dan bensin yang tersedot karena perbedaan tekanan itu akan semakin banyak.

Bagaimana cara karburator mengatur volume bensin yang keluar ?

Mungkin ada yang masih bingung, mengapa bensin yang keluar itu bisa memiliki perbandingan ideal? ini karena segala komponen yang dibuat didalam karburator itu sudah diperhitungkan. Secara umum, ada tiga buah komponen didalam karburator. Yakni Venturi, Pilot jet, Ruang penampung bensin.

Ruang penampung bensin, berfungsi untuk menampung bensin kiriman dari tanki yang siap dikarburasikan secara teratur kedalam intake manifold. Disni tekanan dibuat sama dengan tekanan atmosfer karena itu, biasanya ada ventilasi.

Sementara venturi dan pilot jet, adalah dua komponen yang mempengaruhi perbandingan campuran bensin. Venturi adalah bagian didalam intake manifold yang memiliki diameter lebih kecil. Nantinya, bensin akan disemburkan tepat pada venturi. Semakin kecil diameter pada venturi, maka semakin cepat pula aliran udaranya sehingga tekanan didalam venturi pasti akan lebih turun. Dan ini menyebabkan perbandingan bensin lebih banyak.

Baca Juga :  Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Motor

Kalau pilot jet adalah selang yang menghubungkan ruang penampung bensin dengan ruang venturi. Fungsinya hanya mengalirkan bensin saja, tapi lebar atau besar diameter pilot jet mempengaruhi tingkat perbandingan bensin. Semakin besar diamter pilot jet maka perbandingan bensin juga akan semakin banyak/boros.

Dalam aplikasinya, lebar diameter venturi dan pilot jet akan dihitung berdasarkan masa udara yang dapat mengalir ke mesin tiap detiknya. Sehingga, akan didapat perbandingan yang ideal.

Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve

Semuanya tergantung yang namanya needle tape angle bahasa gaulnya disebut sudut keruncingan skep, semakin sempit sudut skep semakin banyak bahan bakar yang masuk sebaliknya makin lebar sudutnya kian miskin bahan bakar yang dipasok.

Makanya tiap sudut throttle valve motor berbeda misal kaze lebih sempit disbanding supra ini berpengaruh dengan akselerasi sudutnya sempit akselerasi baik, untuk motor balap pun sudutnya sempit risikonya bensin lebih boros, aplikasi untuk harian pun nggak haram.

Cuma sebaiknya piston skep orsi dilepas saja ganti dengan yang imitasi dan seukuran harganya pun relative terjangkau sekitar Rp 20.000, coba deh ukur derajat kemiringan pakai busur nanti bisa mematok berapa derajat yang mesti dipangkas ingat kan semakin angka derajat semakin besar bahan bakar yang dibutuhkan berarti sudutnya besar.

Sebenarnya ada data yang jelas dari desain pabrik sebatas mata toleransi sudut yang mau diubah ini rahasia bro soalnya sudah menyangkut desain produksi tapi misalkan kaze sudut standarnya 150 bisa diubah jadi 450.

Berarti untuk motor lain bisa dipakai 2 sampai 3 kali lipat dari derajat standar kalau sudah sesuai keinginan tinggal di bubut, bubut bagian coakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂