Cara Menghilangkannya Suara Berdecit Pada Motor Matic

Posted on

Cara Menghilangkannya Suara Berdecit Pada Motor Matic – Motor matic merupakan sepeda motor yang menggunakan sistem CVT (Continously Variable Transmission). Sistem ini menghasilkan perbandingan reduksi secara otomatis sesuai dengan kecepatan dan putaran mesin, sehingga pengendara terbebas dari kehausan memindah gigi dan bisa mengendarai motor dengan lebih nyaman.

Kelebihan sistem CVT

Ada beberapa lelebihan dari sistem CVT, antara lain:

  • CVT dapat memberikan perubahan kecepatan dan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis
  • Tanpa harus memindah gigi karena sistem ini memiliki perbandingan ratio yang sangat tepat
  • Tidak terjadi hentakan pada pemindahan gigi pada mesin-mesin conventional
  • Perubahan kecepatan sangat lembut dengan kemampuan mendaki yang baik

Komponen CVT

Lalu, apa saja sih komponen CVT yang ada di motor matic? Simak penjelasannya berikut ini.

Sliding Primary Sheeve

Sliding primary sheeve berfungsi untuk menekan v-belt dalam putaran tinggi, karna sliding sheave ini dapat bergerak kekanan ataupun ke kiri. Dinding dalam merupakan komponen pulley yang bergerak menekan CVT agar diperoleh kecepatan yang diinginkan.

Pulley Primer (Fixed Primary Sheeve)

Pulley primer (fixed primary sheeve) berfungsi sebagai penahan V-belt. Komponen ini tidak bergerak, berbentuk piringan. Selain berfungsi untuk memperbesar perbandingan rasio, di bagian tepi komponen ini terdapat kipas pendingin yang berfungsi sebagai pendingin ruang CVT agar V-belt tidak cepat panas dan aus.

V – Belt

V – belt Berfungsi sebagai penghubung putaran dari priary fixed sheave ke secondary vixed shave. Besarnya diameter V-belt bervariasi tergantung pabrikan motornya. Besarnya diameter V-belt biasanya diukur dari dua poros, yaitu poros crankshaft sehingga tahan terhadap gesekan dan panas.

Slider

Slider atau tutup rumah roller berfungsi untuk menahan gerakan dinding dalam agar dapat bergeser ke arah luar sewaktu terdorong oleh roller.

Roller (Weight Primary Sheeve)

Roller adalah bantalan keseimbangan gaya berat yang berguna untuk menekan dinding dalam pulley primer sewaktu terjadi putaran tinggi. Prinsip kerja roller, semakin berat maka dia akan semakin cepat bergerak mendorong movable drive face pada drive pulley sehingga bisa menekan belt ke posisi terkecil.

Spacer

Spacer berfungsi sebagai poros dinding dalam pulley agar dinding dalam dapat bergerak mulus sewaktu bergeser.

Poros Primer (Primary Shaft)

Poros primer berfungsi untuk menghubungkan putaran crankshaft / krug as dari mesin ke pulley primer. Sebagai poros utama, komponen ini tersambung dengan crankshaft mesin secara tetap. Sehingga RPM mesin sama dengan RPM pada poros utama, atau RPM mesin juga sama dengan RPM pulley primer.

Spring

Spring pengembali berfungsi untuk mengembalikan posisi pulley ke posisi awal yaitu posisi belt terluar. Prinsip kerjanya adalah semakin keras spring maka belt dapat terjaga lebih lama di kondisi paling luar dari driven pulley. Namun kesalahan kombinasi antara roller dan per CVT dapat menyebabkan keausan bahkan kerusakan pada sistem CVT.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada Spring CVT :

  • Spring CVT yang terlalu keras dapat membuat drive belt jauh lebih cepat aus karena belt tidak mampu menekan dan membuka driven pulley.
  • Belt semakin lama akan terkikis karena panas dan gerakan berputar pada driven pulley.
  • Spring CVT yang terlalu keras jika dipaksakan dapat merusak clutch / kupling.
  • Panas yang terjadi di bagian CVT akibat perputaran bagian-bagiannya dapat membuat tingkat kekerasan materi partnya memuai.
  • Pada tingkat panas tertentu, materi parts tidak akan sanggup menahan tekanan pada tingkat tertentu pula.
  • Akhirnya spring bukannya melentur dan menyempit ke dalam tapi justru malah bertahan pada kondisi yang masih lebar. Kopling yang sudah panas pun bisa rusak karenanya.

Pulley Sekunder (Secondary fixed sheeve)

Pulley sekunder adalah komponen yang bepuar. Bagian ini terbuat dari bahan yang ringan dengan bagian permukaan yang halus agar memudahkan belt untuk bergerak.

Secondary Sliding Sheeve

Secondary sliding sheeve berfungsi untuk mengatur besar kecilnya diameter pada pulley sekunder. Secondary sliding sheeve mempunyai bentuk tirus agar pergerakannya dapat mempengaruhi lebar llilitan pada V – belt.

Gigi Reduksi

Gigi reduksi berfungsi untuk mengurangi kecepatan putaran yang diperoleh dari CVT agar dapat melipat gandakan tenaga yang akan dikirim ke poros roda. Pada gigi reduksi jenis dari roda gigi yang digunakan adalah jenis roda gigi helical yang bentuknya miring terhadap poros.

Torsi cam

Jika mesin membutuhkan membutuhkan torsi yang lebih atau bertemu jalan yang menanjak maka beban di roda belakang meningkat dan kecepatannya menurun. Dalam kondisi seperti ini posisi belt akan kembali seperti semula, seperti pada keadaan diam. Drive pulley akan membuka sehingga dudukan belt membesar, sehingga kecepatan turun saat inilah torsi cam bekerja. Torsi cam ini akan menahan pergerakan driven pulley agar tidak langsung menutup. Jadi kecepatan tidak langsung jatuh.

Cara Menghilangkannya Suara Berdecit Pada Motor Matic

Cara Sederhana Ini Dapat Menghilangkannya Suara Berdecit Pada Motor Matic

Suara yang timbul seperti berdecit tersebut pastinya pernah di alami oleh pengguna motor skutik yang keluar dari bagian CVT ( continuously Variable Tranmission ) masalah suara tersebur pada saat awal membuka gas tapi seiring berjalan suara tersebut hilang.

Suara decitan tersebut seperti suara tikus hal ini disebabkan beberapa hal yang salah satunya yaitu kampas kopling yang aus, suara keluar saat mulai menjalankan motor terjadi karena kampas yang aus ini slip saat berakselarasi. Suara yang timbul tersebut bisa lebih keras karena ada dua lapisan pada bagian rumah kopling yang berguna sebagai pendingin.

Pada kampas yang sudah aus dapat dicirikan melalui warnanya yang mengkilap dan bentuknya yang keras, kampas yang aus terlihat saat sudah tidak ada lagi lapisan rem yang mencegah timbulnya suara berdecit tersebut.

Untuk mengatasi masalah yang timbul tersebut caranya sangat mudah untuk memperbaiki sendiri juga, bahkan jika peralatan tersedia anda bisa melakukannya sendiri, hal yang pertama yaitu buka bagian CVT baik mangkuk dan kampas koplingnya.

Jika hal tersebut sudah dibuka selanjutnya gosok permukaan luas kampas menggunakan sikat kawat atau dengan menggunakan amplas kasar agar kampas tersebut agak kasar.

Misalnya pada motor Yamaha mio caranya dapat juga dengan mengisi ulang lapisan lem, gunakan lem besi dan lapisi dengan lebar sekira 0,5 cm. baik dengan menggosok atau melapisinya dengan lem tujuan keduanya agar membuat kampas kopling kembali menggigit agar suara berdecit tersebut hilang.

Hal yang paling akhir dengan membersihkan mangkuk kopling tersebut, sebab penyebab lain bunyi berdecit adalah karena mangkuk kopling ada kotoran, dengan membersihkan bagian ini dengan menggunakan amplas halus tanpa ditekan sebentar saja, selanjutnya mangkuk tersebut disemprot menggunakan kompresor agar bekas amplasan tersebut hilang.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Sederhana Ini Dapat Menghilangkannya Suara Berdecit Pada Motor Matic semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂