8 Cara Reset Oil NMAX Berkedip : Fungsi Serta Penyebabnya

Posted on

Cara Reset Oil NMAX – Nah ada banyak sekali jenis dan tipe motor yang dapat kita pilih sesuai dengan selera, kebutuhan dan juga budget. Dan salah satu yang paling laris belakangan ini ialah sepeda motor jenis matic.

Dan bukan hanya dilihat dari penggunaan yang mudah dan simple. Motor matic juga memberikan kenyamanan yang lebih bagi para pemiliknya.

Karena pada dasarnya motor matic sendiri didesain untuk memberikan pengalaman terbaik pada pengendaranya, terutama pada saat menemui kemacetan di jalanan kota-kota besar.

Dari banyaknya tipe motor matic terbaik yang ada saat ini, Yamaha sebagai salah satu produsen otomotif terbesar dan ternama memiliki Yamaha NMAX.

Motor tersebut dapat dibilang memiliki cukup banyak kelebihan serta fitur yang super lengkap. Tidak heran apabila harga Yamaha NMAX ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan motor matic Yamaha lainnya.

Bicara mengenai fitur salah satu yang paling menarik dari motor matic NMAX ini mungkin terletak pada bagian panel instrumennya.

Berbagai macam informasi terkait kondisi motor dapat dilihat dengan mudah lewat panel tersebut, mulai dari indikator jam, trip bahkan yang paling menarik ialah terdapatnya peringatan mengenai jadwal penggantian oli mesin (oil trip). Adanya hal tersebut otomatis akan membantu mengingatkan waktu penggantian oli kepada pemilik.

Cara Reset Oil NMAX Berkedip – Fungsi Dan Penyebabnya

Nah apabila segera kalian ganti biasanya indikator oil trip NMAX akan terus berkedip. Untuk mengatasi hal tersebut kalian harus melakukan reset oil trip NMAX setelah melakukan penggantian oli.

Baca Juga :  Teknologi Combi Brake System Motor Honda

Lantas bagaimana cara reset oil NMAX tersebut? Berikut ini kami akan rangkumkan secara lengkap dan detail panduannya, jadi silahkan simak hingga akhir.

Fungsi Oil Trip Di Yamaha NMAX

Dari penjelasan singkat kami diatas secara mudah kami katakana bahwa fungsi oil trip pada Yamaha NMAX ialah sebagai media pengingat penggantian oli motor.

Dengan begitu kita sebagai pemilik motor matic Yamaha terbaik ini akan bisa segera mungkin melakukan penggantian oli tersebut untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima.

Hal tersebut dilakukan Yamaha agar para pemilik NMAX tidak lupa untuk melakukan perawatan atau service motor mereka. Adapun indikator oli trip NMAX tersebut akan memberitahukan kepada pemilik dengan cara berkedip di 1000 km pertama dan selanjutnya akan berkedip setiap 4000 km.

Penyebab Oil Trip NMAX Berkedip

Sesuai dengan fungsi utama dari panel indikator oil trip Yamaha NMAX yang kami sampaikan diatas. Sebenarnya tidak banyak penyebab yang akan mengakibatkan indikator oil tersebut menyala.

Namun indikator tersebut akan secara otomatis menyala atau berkedip pertama kalinya pada 1000 km pertama dan akan berkedip terus pada 4000 km.

Tidak hanya sampai disitu, indikator oil trip NMAX juga akan tetap menyala atau berkedip meskipun kalian sudah melakukan penggantian oli mesin. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi hal tersebut maka setiap kali melakukan penggantian oli, mekanik atau bahkan kalian sendiri harus mereset oil trip tersebut agar bisa kembali ke (0).

Cara Reset Oil NMAX Berkedip

Lantas bagaimana cara reset oil NMAX? Seperti yang kami jelaskan diatas untuk melakukan reset oil trip berkedip di motor Yamaha NMAX sebenarnya cukup mudah.

Namun tidak sedikit orang yang belum paham dengan caranya maka dari itu dibawah ini kami rangkumkan panduan cara melakukan reset oil trip NMAX tersebut.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyalakan motor dengan cara memutar switch kontak ke posisi ON.
  • Setelah panel instrumen menyala, coba kalian tekan tombol Select yang terdapat dibagian kiri panel indikator tersebut.
  • Pencet tombol tersebut sampai kalian mendapati tulisan OIL yang berkedip serta tulisan TRIP dengan angka kilometer tepat berada dibagian bawahnya.
  • Setelah itu silahkan kalian tekan dan tahan tombol reset yang ada dibagian kanan panel instrumen sampai tulisan oil dan juga angka kilometer berkedip bersamaan.
  • Jika tulisan oil dan juga angka kilometer sudah berkedip secara bersamaan, silahkan tekan tombol reset dan tahan selama 3 – 5 detik.
  • Tunggu indikator oil dan angka dibagian bawah tulisan trip kilometer kembali ke “0” dan tidak lagi berkedip.
  • Langkah terakhir silahkan kalian coba matikan switch kontak dan nyalakan lagi ke posisi ON.
Baca Juga :  Masalah Kerak Mesin Dan Oli Luar Dan Dalam Pada Motor

Waktu Tepat Untuk Reset Oil Trip NMAX

Bagaimana cukup mudah bukan cara reset oil NMAX ini? pasti cukup mudah karena fitur tersebut memang sudah disediakan langsung ke pihak Yamaha pada bagian panel instrumen tersebut.

Hanya saja mungkin karena kalian tidak mengetahuinya sehingga tidak bisa memanfaatkan fungsi tombol-tombol tersebut.

Lantas kapan kiranya waktu yang tepat untuk melakukan reset oil trip pada Yamaha NMAX? Sesuai dengan penjelasan kami diatas waktu terbaik dan paling tepat untuk melakukan reset oil NMAX ialah pada saata setelah melakukan penggantian oli motor Yamaha NMAX tersebut.

Dengan begitu dengan kondisi oli baru, trip kilometer pun akan berada pada posisi awal yakni 0 kilometer.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Reset Oil NMAX Berkedip semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂