Cara Pasang Kampas Kopling Supra X 125 Injeksi

Posted on

Cara Pasang Kampas Kopling Supra X 125 – Nah untuk kesempatan kali ini kita akan membahas Honda Supra X 125 Injeksi dan Supra 125 Helm In, tapi perlu diingat ya kedua motor tersebut berbeda dengan supra X 125 karburator yang memakai kode KPH.

Harap maklum ya, supra memiliki banyak sekali generasi. Mulai dari Supra 100 dan temen-temennya dengan mesin C series, kemudian Supra X 125 karburator (KPH) dan terakhir Supra 125 Injeksi (K41) serta Supra Helm In (KYZ).

Nah fokus kita kali ini akan membahas masalah Kopling pada Honda Supra X 125 injeksi dan Supra Helm In. Seperti kode part kopling Honda Supra X 125 Injeksi, jumlah kampas, kopling, susunan kampas kopling dan biaya ganti kampas kopling pada motor tersebut.

Kampas kopling Honda Supra X 125 dan Supra Helm In mempunyai kode KYZ, jadi jangan sampai salah beli punya Karisma dan Supra X 125 karburator yang memakai kode KPH.

Secara bentuk dan kode part sudah berbeda, pada Supra X 125 injeksi mempunyai 6 per kopling, 3 kampas kopling, 3 plat kopling dan 1 kampas kopling yang terdapat dudukan pegas / spring.

Pegas ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari pegas / per pulpen. Jumlah pegas ini ada 3 buah, terdapat pada bagian pinggir kampas kopling.

Masalah Kampas Kopling Supra X 125 Injeksi

Namanya juga motor, seiring berjalannya waktu pasti trobel / masalah akan mulai muncul. Dan salah satunya berasal dari bagian kopling, oper gigi yang keras, motor jengat-jengat, slip kopling dan tenaga yang terasa kurang karena kampas kopling telah aus sering kali menjadi masalah yang umum dihadapi.

Baca Juga :  Valve Motor

Maka dari itu lakukan penggantian periodik / berkala pada bagian kampas kopling eh, sukur-sukur mangkok kopling dan kopling ganda / kopling otomatis diganti sekalian. Tapi ya itu bro, harganya lumayan mahal di total semuanya, he.. he.. he.

Biaya Gantai Kampas Kopling Honda Supra X 125 di AHASS

Ngomongin biaya ganti kampas kopling, lumayan susah-susah gampang. Sebab ada banyak faktor yang menentukan seperti spare part original atau kw yang dipasang, lokasi bengkel dan masih banyak lagi. Hitungan kasarnya atau estimasi pekerkaan seperti ini:

Oli mesin                                                55.000,

Paking blok kopling                             10.000,

Kampas kopling 22201KYZ901         79.000,

Kampas kopling 22208KYZ901         160.000,

Ongkos bongkar pasang                      50.000,- 70.000,

Cara Pasang Kopling Supra X 125 Injeksi

Untuk melakukan bongkar pasang kampas kopling Honda Supra X 125 injeksi, kita membutuhkan alat seperti kunci ring 12 mm, kunci T 8 mm, palu, obeng min, obeng ketok, kunci mahkota B, lebih bagus lagi menggunakan impact.

Dan yang paling penting saat mengganti kampas kopling Honda Supra X 125 yakni kebersihan part dan filter oli mesin. Sebab kotor sedikit saja akan membuat jalur oli mesin menjadi mampet, sehingga oli mesin tidak akan bersirkulasi dengan baik. Akibatnya piston, noken as dan rocker arm akan cepat sekali rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Pasang Kampas Kopling Supra X 125 Injeksi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂