Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Posted on

Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak – Bagi pengguna motor yang kerap mengalami lampu motor kerap putus perihal ini memicu ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti bersama yang baru.

Tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus ulang atau kadang waktu menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan seluruh itu ternyata tersedia hubugannya bersama kiprok motor tersebut. Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengetahui kiprok motor sudah rusak, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Kiprok

Kiprok merupakan komponen yang benar-benar berperan untuk pengaturan anggota kelistrikan motor dan termasuk kiprok cukup peka dikarenakan perannya yang langsug berhubungan bersama aki dan pesetabil arus terhadap proses penerangan motor. Sering kali terkandung masalah motor kadang kala mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati.

Hal berikut dikarenakan disebabkan yang mungkin suasana kiprok yang tidak ulang optimal bagaimana cara jelas kiprok motor yang udah rusak atau kiprok mati susah-susah enteng untuk mengatasinya. Kalau melihat pentujuk buku wejangan cara enteng untuk jelas kiprok masih faedah atau tidak caranya bersama manfaatkan sebuah alat yang biasa digunakan terhadap kelistrikan yakni multimeter.

Fungsi Kiprok

Fungsi kiprok ialah sebagai penstabil arus dan tegangan sebelum masuk ke aki. Kiprok itu sebagai penstabil arus dan tegangan dari spul sebelum dialirkan ke aki. Aki yang masuk ke aki tidak boleh terlalu besar maupun kecil.

Bila arus yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge, sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang. Dan selain itu yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge.

Dan sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang. Dan selain itu fungsi kiprok ini untuk mengubah atau penyearah arus yang dihasilkan spul, di mana tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul dengan jenis AC “alternating current”, diubah menjadi DC “direct current”.

Listrik yang dihasilkan oleh spul itu berupa AC, dan sementara listrik yang dapat disimpan di dalam aki itu harus DC, jadi harus disearahkan dahulu melalui kiprok. Jika tipe lampu depan motor masih menggunakan sistem AC, kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu. Kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu, menyesuaikan dengan kebutuhan arus lampu, kalau kelebihan arus bisa putus bohlamnya.

Dan mesti juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak kegunaan kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan halangi besarnya tegangan yang bakal menuju ke aki motor dan proses kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang kerap mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu benar-benar besar sebab disebabkan kiprok telah tidak dapat lagi halangi tegangan yag terlihat ke kiprok.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kiprok Beat Fi Serta Deteksinya

Cara Paling Mudah Mengetahui Kiprok Motor Sudah Rusak

Bahwa kiprok itu kadangkala tetap manfaat untuk mengecas aki motor dapat tetapi kiprok itu udah rusak akibatnya tidak sanggup membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok terhadap motor yakni ±15V tanpa tersedia beban.

Ciri Ciri Kiprok Rusak

Selanjutnya bagaimana cara mengenali atau mengetahui tanda-tanda kiprok motor telah rusak mati perlu diganti seandainya tidak membawa multimeter jikalau tidak punyai jangan pusing tersedia cara lain untuk menangani atau mengenali keadaan kiprok sebagai berikut:

Lampu Redup

Salah satu penyebab kiprok mati harus diganti adalah lampu depan yang kadang-kadang tiba-tiba redup atau lebih-lebih langsung mati jikalau arus dari sepul lampu dalam kondisi baik maka tersedia bisa saja besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa membuka langsung atau melekat kabelnya.

Aki Motor Cepat Soak

Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya adalah aki motor yang cepat soak kalau kondisi sepul dan suplai arus berlangsung normal tersedia kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak bisa digunakan. Dan tanda-tanda awal termasuk bisa kalian rasakan pada selagi motor belum dijalankan, seandainya alternator dan kiprok normal, maka tegangan bateri selayaknya stabil di angka 12 volt meskipun baru saja digunakan.

Namun seandainya kiprok motor mangalami kerusakan, katakanlah lemah maka suplainya input listrik pun tidak bisa menutup pemakaian kelistrikan motor. Yang akibatnya listrik didalam baterai terkuras dan aki drop voltage. Bila hal ini terjadi, biasanya hal yang mulai yakni starter tidak bisa menyala dan klakson mulai sember. Sehingga selagi aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, dikarenakan kondisi kiprok termasuk bisa pengaruhi voltage baterai.

Motor Mengalami Brebet

Dalam hal ini brebet atau bisa di bilang kinerja mesin tidak sempurna akan mengeluarkan bunyi yang tidak sempurna. Bila di telusuri ternyata bunyi brebet yang di keluarkan oleh sebuah mesin yang berjalan tidak lancar juga menjadi salah satu ciri ciri kiprok rusak yang membuat sistem kelistrikan pada sepeda motor tidak berjalan.

Dengan semestinya, jika itu terjadi maka kita patut mencurigainya sehingga harus ada tindakan khusus yang musti kira lakukan supaya kinerja listrik pada motor kembali normal dan tentunya akan membuat mesin juga lancar lagi.

Masalah Motor Susah Di Starter

Moto susah di starter juga menjadi salah satu ciri ciri kiprok rusak yang membuat aki motor menjadi soak. Hal ini tentunya ketika aki soak maka kondisi kelistrikan yang ada pada motor pun tidaklah baik sehingga musti dan harus di cari masalah yang menyebabkan kenapa aki bisa menjadi soak.

Nah salah satu hal yang sering terjadi pada kendaraan bermotor ialah terjadinya ketidak sempurnaan asupan listrik ke aki yang mungkin dapat terjadi karena kondisi kiprok mulai melemah dan membuat kinerja atau fungsi kiprok sendiri tidak sebagaimana mestinya. Dan jika itu dibiarkan maka lama kelamaan akan dapat membuat aki semakin rusak dan tentunya menjadikan motor susah di starter.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,,, 6 Cara Mengendarai Motor Matic Di Tanjakan Tajam

Tegangan Spul Yang Hampir Tidak Ada

Lantas ciri ciri kiprok rusak juga bisa di lihat dari tegangan output spul yang dihasilkan. Maka dari itu supaya tidak berandai-andai mesin dalam keadaan hidup kalian dapat mengecek dengan mengukurnya, yang mana untuk melakukan hal ini wajib untuk menghidupkan mesin.

Setelah itu kalian pasang voltmeter AC dan ketika memang ada indikasi atau ciri ciri kiprok motor rusak, maka tegangan spul hampir seperti tidak ada atau kurang dari 10 VAC. Namun ketika saat soket kiprok di lepas “matikan lampu” justru tegangan spul kembali normal. Dengan begitu dapat dipastikan bahwa kiprok yang ada sudah mulai rusak dan harus segera di ganti supaya tidak menjalar.

Suhu Kiprok Tinggi / Bahkan Dingin

Dalam hal ini normalnya apabila kondisi kiprok dalam keadaan bagus dan baik, maka suhu kiprok akan terasa hangat. Hal ini tentu saja tidak lain tidak bukan dikarenakan aliran listrik yang datang dari spul terus mengalir melewati kiprok tersebut.

Sedangkan untuk ciri ciri kiprok rusak jelas apabila motor digunakan cukup lama namun suhu kiprok malah tetap dingin. Maka apabila itu terjadi jelas dan bisa dipastikan bahwa kiprok motor sudah rusak, oleh sebab itu sebaiknya kalian ganti dengan yang baru agar sistem kelistrikan pada sepeda motor kalian akan tetap terjaga.

Berbeda dengan motor yang menggunakan sistem kelistrikan AC sebagai sumber energinya, ketika mesin di geber seharusnya nyala lampu akan semakin terang, namun apabila terjadi hal sebaliknya yakni ketika mesin digeber namun nyalanya justru meredup maka sudah bisa dipastikan itu ialah ciri ciri kiprok rusak. Jadi mau tidak mau agar kondisi nyala kembali seperti semua kalian harus segera menggantinya dengan kiprok yang lebih bari dan sehat.

Lampu Motor Mati Saat Digas

Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut patut dicurigai kemungkinan kiprok sedah rusak.

Penyebab Kiprok Motor Rusak

Dalam hal ini adapun penyebab kenapa kiprok motor bisa sampai rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah arus AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas.

Dan semakin kalian sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.

Karena menghasilkan panas saat bekerja inilah kenapa pada bagian kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang digunakan untuk membuang panas. Bila panas  yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.

Dan selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya jelek pastinya akan mudah sekali rusak.

Cara Memperbaiki Kiprok Rusak

Apabila keadaan sepeda motor kalian dialami hal seperti ciri ciri kiprok diatas, jadi kalian dapat mencurigai kalau kiprok sepeda motor kalian alami rusak. Dan untuk menyakinkan kalau kiprok sepeda motor kalian rusak, jadi kalian mesti membukanya terlebih dahulu baru lalu memperbaikinya. Untuk dapat melakukan perbaikan kiprok sepeda motor jadi kalian mesti sediakan sebagai alat kerja.

Baca Juga :  "100% Mudah" Cara Memeriksa Dan Merawat Sistem Pengisian Pada Motor

Alat Dan Bahan Perbaikan Kiprok Rusak

Adapun perlengkapan untuk melakukan perbaikan kiprok sepeda motor yang rusak diantaranya yaitu:

  • Obeng untuk buka body sepeda motor
  • Multimeter
  • Penyedot timah/tinol solder
  • Gunting/cutter (optional menyesuikan keperluan)

Sesudah kalian menyiapkan semua keperluan perlengkapan diatas, jadi sistem perbaikan kiprok sepeda motor dapat melajutkan proses langkah-langkah perbaikan.

Langkah Melakukan Perbaikan Kiprok Motor Yang Rusak

Langkah awal silahkan kalian dapatkan dahulu tempat kiprok pada sepeda motor kalian, dan diingat tiap-tiap type sepeda motor memiliki tempat yang berlainan.

Langkah berikutnya silahkan kalian check terlebih dahulu keadaan soket/kaki-kaki dari kiprok kalau tidak ada soket yang longgar atau kendor. Dan janganlah tergesa-gesa membongkar kiprok, jika ada ada soket/kaki-kaki yang kendor silahkan kalian kencangkan serta silahkan eksperimen dengan menyalakan sepeda motor.

Pakai untuk menyalakan lampu paling utama pada sepeda motor. Jika nyala lampu telah jelas kembali, bermakna problem cuma pada soket kiprok. Tetapi jika nyala lampu masih tetap redup, jadi kita dapat meneruskan ke sistem perbaikan setelah itu.

Dan pada step selanjutnya yakni sistem pembongkaran kiprok, silahkan kalian congkel di bagian bawah kiprok untuk membuka penutupnya. Dalam kiprok terbagi dalam sebagian komponen elektronika dan mulai kapasitor, resistor, transistor dan diode.

Komponen-komponen tersebut yang bertugas untuk mengatur system keseluruhannya pada sepeda motor. Jika satu diantara komponen itu alami rusaknya jadi sudah pasti peranan dari kiprok juga akan terganggu.

Langkah Check Komponen Di Dalam Kiprok Motor

Adapun langkah pengecheckkan komponen di dalam kiprok motor diantaranya yaitu:

  • Step pertama, silahkan kalian cermati semua sisi pada kiprok dengan cermat, terlebih di bagian kaki-kaki komponen elektronikanya. Cermati warnanya adakah yang gosong atau tidak. Jika ada komponen yang gosong jadi kalian dapat selekasnya menggantinya dengan yang baru.
  • Terlepas komponen elektronika dengan terlebih dulu menyingkirkan timah solder yang ada di bagian bawah komponen agar lebih mudah terlepas.
  • Dan jika kalian tidak temukan komponen elektronika yang gosong/beralih warna, silahkan kalian mulai melakukan penelusuran satu per satu komponen yang ada. Dan pada umumnya komponen elektronika yang baik juga akan ditunjukan dengan jarum ohm mtr yang bergerak saat dikerjakan pengukuran.
  • Saat jarum penunjuk ohm mtr, diam/tidak bergerak ketika komponen elektronika di kiprok sepeda motor di ukur jadi komponen itu bisa di curigai alami rusaknya.
  • Silahkan kalian cobalah ganti komponen-komponen yang dicurigai alami rusaknya itu sembari dikerjakan eksperimen peranan kiprok itu lewat cara menyalakan mesin sepeda motor.
  • Jika semua usaha ganti komponen-komponen elektronika diatas tidak membawa hasil, jadi langkah termudah yakni dengan ganti kiprok sepeda motor dengan yang baru. Dengan teknik sesuai sama itu, jadi kita tidaklah perlu beberapa ribet di dalam ganti komponen-komponen elektronika di dalam kiprok.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂