Cara Mengatasi Kerak Di Silinder Head

Posted on

Cara Mengatasi Kerak Di Silinder Head – Agar kendaraan tetap bekerja dengan maksimal dengan menjaga kompresi mesin agar tetap kekuatan penuh salah satunya dengan sesekali dengan membersihkan kerak sisa pembakaran dengan membongkar blok mesin agar mesin tetap fit saat digunakan dijalan raya apalagi pada kendaraan yang sudah memberikan pertanda kurang gesit saat di ajak kencang dijalanan.

Untuk itu di ruang bakar pada saat pembakaran kerak terlalu banyak yang terkadang mesin juga cepet panas karna kebanyakan kerak didalamnya agar tetap terjaga kendaraan tersebut dengan membersihkannya.

Dalam mengoptimalkan kinerja kendaraan roda dua memang sangat perlu adanya perawatan. untuk memperhatikan dan membersihkan dirunag bakar di mesin motor yang dimiliki agar tetap nyaman dikendarai yang disebabkan kompresi mesin melemah.

Langkah yang peril diperhatikan untuk membersihkan sisa kerak saat terjadi pembakaran dengan membongkar pada blok mesin tersebut :

Dengan membersihkan kerak diruang bakar tanpa membongkar mesin kayanya belum ada, memang ada cairan khusus yang dapat merontokkan kerak hasil pembakaran namun hal itu tidak bisa menghilangkan kerak yang sudah mengerak. Hal seperti Ini berarti diperlukan untuk dilakukan pembongkaran mesin terlebih dahulu agar kerak tersebut bersih dengan sempurna.

Cara Mengatasi Kerak Di Silinder Head

Bagi yang ingin membongkar blok mesin buat membersihkan kerak yang menempel, berikut ini langkah – langkahnya :

Cara Mudah Mengatasi Kerak Di Silinder Head

Contoh dengan menggunakan mesin suzuki smash 110

  • Siapkan peralatan bengkel seperti kunci ring 8,10,12,kunci T 8,17,kunci busi,dan obeng.
  • Lepas bagian sayap terlebih dahulu guna mempermudah pembongkaran silinder head
  • Lepas leher angsa dan karburator.
  • Lepas knalpot
  • Lepas penutup setingan klep (mempermudah mendapatkan posisi top)
  • Lepas penutup gear sentrik disilinder head
  • Lepas gear yang terhubung pada noken as (pastikan dalam posisi top)
  • Lepas baut yang terhubung dengan blok mesin
  • Jika dipastikan sudah lepas semua bautnya, tarik kearah depan dengan hati-hati.
  • Jika sudah terlihat Ujung pistonya, berarti tinggal dibersihkan sisa sisa keraknya.
  • Pastikan komponen didalamnya dalam kondisi baik, ganti jika diperlukan
  • Setelah selesai, kembalikan seperti semula
Baca Juga :  6 Cara Bayar Oto Finance Lewat BRImo : Syarat Dan Biaya Adminnya

Dengan demikian kemaksimalan kinerja mesin tetap terjaga dan tarikan motor juga ada larinya dan bahan bakar juga tidak boros tidak terbuang sia-sia dan mesin juga tidak teralalu cepat panas atau mesin tidak melitik saat dikendaraain.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Kerak Di Silinder Head semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂