14 Cara Modifikasi Motor Kencang Dan Biaya Murah

Posted on

Cara Modifikasi Motor – Dalam hal ini memiliki sebuah motor kencang memang menjadi impian bagi anak-anak muda jaman sekarang. Maka dari itu banyak juga yang cari tahu bagaimana cara modifikasi motor kencang.

Namun banyak yang ingin motor memiliki kecepatan yang berbeda dari bawaan pabrik,  tapi tetap bisa untuk harian dan juga biayanya tidak mahal. Sebetulnya terdapat banyak cara yang bisa kalian semua lakukan supaya motor semakin kencang.

Dan terlebih untuk kalian semua yang memiliki sebuah sepeda motor bebek akan sangat mudah sekali untuk modifikasi motor kesayangan supaya semakin kencang. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya memang terdapat banyak sekali cara yang bisa kalian semua lakukan.

Bahkan cara modifikasi motor kencang yang direkomendasikan ada yang dapat dilakukan sendiri. Dan terlebih untuk kalian yang bisa nongkrong di bengkel temen atau langgganan, pastinya akan lebih mudah sekali dalam melakukan modifikasi agar motor tarikannya lebih kencang lagi.

Dan selain kita bisa pinjam peralatan kunci yang dibutuhkan, kita juga bisa konsultasi dengan mekanik yang ada atau saling berunding. Karena kita juga tidak sepenuhnya mengerti tentang mesin.

Dan salah satu cara yang mudah yang dapat kalian lakukan dengan cara ganti sistem pembuangannya atau yang lebih dikenal knalpot. Kalian bisa mengganti dengan knalpot racing, pasti performanya akan sangat berbeda sekali. Dan selain itu juga kalian dapat ganti sistem pengapiannya juga bisa.

14 Cara Modifikasi Motor Kencang Dan Biaya Murah

Untuk mengetahui lebih lengkapnya dapat simak cara modifikasi motor kencang dan keren biaya murah berikut ini:

Suspensi Yang Optimal

Dalam hal ini seolah sepele tapi dengan shockbreaker yang prima ternyata kemampuan mesin akan jauh lebih optimal. Bisa dibilang tanpa adanya suspensi yang baik, mesin yang udah bore-up pun gak akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

Baca Juga :  Kumpulan Ide Modifikasi Honda CB Terbaru

Velg Ringan Dapat Menjadi Opsi

Cara membuat motor kencang dan murah yang lain yakni dengan memilih velg yang ringan. Teorinya masih sama, dengan beban kendaraan yang telah dipangkas diharapkan kemampuan motor semakin maksimal.

Tapi memilih velg juga harus sesuai ya, ukuran velg harus sesuai dengan standar kendaraan yang kalian punya, hal ini supaya tetap nyaman saat dikendarai.

Ban Yang Sesuai

Pemilihan ban akan menyokong performa motor kalian. Tentunya ban sport dengan soft compound akan bikin motormu nge-grip banget dengan jalanan yang mulus layaknya sirkuit.

Oleh karenanya kalau kalian memang pengen ngebut di sirkuit, pemilihan ban sport ialah sangat tepat. Konsekuensinya ban sport sendiri akan lebih gak tahan lama.

Tapi kalau jalanan yang kalian lalui adalah jalanan yang gak rata dan gak mulus-mulus banget sangat disarankan buat kalian untuk pakai ban yang standar aja. Jangan memaksakan untuk menggunakan ban sport karena di jalanan yang tidak rata, ban seperti ini malah akan mencelakakanmu.

Kurangi Berat Piston

Tentunya kalian semua pecinta otomotif tidak asing lagi dengan yang namanya piston, komponen yang satu ini memang sangat berpengaruh besar terhadap kinerja mesin. Cara kerja komponen bergerak naik turun pada ruang bakar yang terdapat didalam mesin, untuk mengatur kinerja piston memang benar-benara pas. Dan juga Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor harus diperhatikan juga.

Sehingga ekstra hati-hati dalam merombak piston pada motor kalian semua agar tidak bertabarkan. Namun langkah yang harus kalian lakukan ialah pangkas sedikit bagian piston, tapi dengan catatan harus sesuai dengan semuanya.

Kurangi Volume Ruang Bakar

Untuk cara modifikasi motor kencang selanjutnya ialah kurangi volume ruang bakar yang terdapat pada titik mati atas. Dimana tempat bertemunya antar piston dan silinder atau sering disebut dengan ruang compresi.

Cara untuk mengurang ruang bakarnya cukup dengan bubut silinder atau gerenda jika kalian mau, namun semua itu harus perlu perhitungan yang matang. Agar hasil akhir akan sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan satu lagi penemapatannya harus tepat agar tidak bertabrakan.

Lubang Pembilasan

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu pada lubang pembilasan , jadi analoginya yaitu semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas menjadi semakin lebih tinggi dengan begitu maka tekanan kompresi motor menjadi naik dan pembakaran menjadi lebih baik lagi. Untuk melakukan hal tersebut yaitu pada lubang pembilasan (pemasukkan) anda bisa memperluas lagi agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak lagi.

Baca Juga :  Modifikasi Motor Injeksi

Nah dalam perluasan lubang pembilasan tersebut maka anda harus bisa memposisikan dengan normal dengan menyesuaikan modifikasi pada komponen/bagian yang lain maksudnya adalah agar ada keseimbangan perubahaan pada bagian yang lain juga karena jika anda salah dalam merumuskan hal ini maka akan menyebabkan motor anda rusak. Kalian bisa bertanya tanya kepada orang yang lebih ahli untuk melakukan modifikasi pada bagian ini .

Rubah Ukuran Gear

Untuk cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan agar motor lebih kencang, kalian semua bisa bermain dengan gear rodanya. Dimana kalian harus mengganti ukuran gear rodanya yang lebih kecil dari ukuran bisanya, semisalnya saja motor kalian menggunakan gear berukuran 46 dan 15.

Kalian dapat menggantinya dengan ukuran 45 dan 13, namun untuk ukuran tersebut akan sangat berpengaruh pada jalanan yang lurus. Namun akan lemah ketika mendapat jalanan yang menanjak, tetapi itu tidak menjadi suatu masalh yang besar.

Ganti Knalpot Racing

Sebetulnya untuk modifikasi agar motor lebih kencang dari seblumnya memang sangat mudah sekali. Kalian semua cukup dengan mengganti knalpot standard dengan knalpot racing, pasti performanya akan sangat berbeda sekali dari sebelumnya.

Namun kalian harus pintar Memilih Knalpot Racing, carilah yang tingkat kebisingannya tidak terlalu keras agar tidak di sapa sama pak polisi.

Atur Gear Ratio

Memang banyak sekali cara modifikasi motor kencang yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan bermain gear ratio. Geare ratio salah satu komponen yang terletak pada bagian dalam mesin, namun untuk bermain gear ratio.

Kalian harus melihat Ukuran Gear Rasio rodanya. Agar kita bisa memperhitungkan perbandingan antara gear ratio dan gear rodanya, dengan kata lain. Jika semakin kecil gear ratio, maka semakin kencang juga performa yang dihasilkan nya.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas Baik

Terkadang banyak orang yang menganggap remeh dengan pemilihan bahan bakar yang digunakan pada motor kesayangan kalian semua. Untuk jenis bahan bakar juga sangat memperngaruhi kinerja mesin, dengan kata lain.

Baca Juga :  Kumpulan Ide Modifikasi Yamaha Jupiter MX

Jika kalian menggunakan bahan bakar yung berkualitas, performa dan kinerja mesin akan lebih sempurna. Sebagai pilihan yang tepat, alangkah baiknya gunakan pertamax untuk bahan bakarnya. Adapun untuk Motor Injeksi Lebih Irit Menggunakan Pertamax, yang bisa jadi rekomendasi juga untuk kalian pengguna motor matic.

Rubah Noken AS

Noken AS juga komponen yang memiliki fungsi sangat berpengaruh terhadap kinerja mesinnya, namun dalam melakukan perubahan noken AS. Kalian semua harus perhitungkan secara benar-benar agar hasilnya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kalian juga bisa memilih atau alternatif dalam Cara Memilih Noken As Racing.

Untuk melakukan cara seperti ini, sebaiknya kalian konsultasikan dulu kepada sang ahli.  Karena akan berdampak buruk jika tidak sesuai dengan perhitungannya.

Ganti Karburator

Karburator memang menjadi komponen yang harus kalian perhatikan secara benar, karena komponen ini sebagai tempat antara bahan bakar dan angin yang disatukan untuk proses pembakaran.

Jadi kalian bisa mengganti karburator dengan karburator yang memiliki kualitas lebih baik dari bawaan pabrik. Untuk lebih tepatnya kalian bisa tanyakan pada mekanin di bengkel langganan kalian semua.

Bersihkan Karburator Secara Rutin

Selain itu juga kalian semua harus rajin Cara Membersihkan Karburator, agar kinerjanya akan tetap sempurna. Pada bagian yang satu ini memang sering kali terkena kotoran yang masuk kedalam karburator, sehingga mesin sering tersendat-sendak jika tuas gasnya di tarik. Terutam untuk kalian yang tidak melengkapi denga penutup seperti filter udara.

Ganti CDI Motor

Untuk cara modifikasi motor kencang yang terakhir cukup dengan ganti CDI yang terdapat pada motor kalian semua. Meskipun terlihat sangat sepele, namun komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting sekali terhadap kinerja mesin.

Kalian semua bisa menggantinya dengan CDI yang memiliki kualitas sangat bagus, karena di toko sparpart sudah banyak yang menyediakannya Seperti CDI AC dan CDI DC.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Modifikasi Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂