Cara Merubah Motor Injeksi Ke Karbu

Posted on

Cara Merubah Motor Injeksi Ke Karbu – Dalam hal ini cara merubah motor injeksi ke karbu sebetulnya cukup sulit dan rumit dalam memperosesnya.

Tapi jika kalian tau ilmu dan caranya, mengubah motor injeksi ke karbu bisa klian lakukan dengan mengikuti step by step.

Dalam hal perkiraan biaya mengganti motor injeksi menjadi karbu itu cukup mahal. Berdasarkan survey dari beberapa sumber, dikatakan bahwa untuk biayanya variatif.

Ada yang habis 1 juta ada yang habis 1,5 juta, bahkan ada juga yang habis 2 sampai 2,5 juta. Jadi semua itu tergantung cara kalian mengeksekusinya.

Lantas Apa Yang Dibutuhkan Untuk Mengubah Motor Injeksi Ke Karbu?

Untuk mengeksekusi penggantian injeksi ke karbu pada motor, kalian memerlukan beberapa part dibawah ini.

Nah untuk totalnya silahkan kalian hitung sendiri ya, hehhe. Yang Jelas harga yang ditulis diatas ialah sebuah perkiraan (estimasi).

Biasa saja harga item-item diatas berbeda dengan harga di toko tempat tinggal kalian tinggal.

Cara Merubah Motor Injeksi Ke Karbu

Setelah semua yang dibutuhkan terkumpul, sekarang saat mengeksekusi injeksinya.

  • Ganti magnet punya Vixion dengan magnet Jupiter MX
  • Pindahkan pulser agar mendapat pengapian dari koil dan CDI
  • Buat saluran bensin dari tangki dan pasangkan selang bensin
  • Tutup lobang injektor dengan lem plastik stell
  • Gunakan karburator dengan ventury yang cukup besar, agar hasilnya lebih maksimal. Bisa menggunakan karburator motor RX King, motor racing Ninja ataupun karbu dari motor lainnya.

Sebetulnya kalian bisa menggunakan magnet punya Vixion, hanya saja kalian harus memodifikasi pick up coilnya agar sejajar dengan tonjolan yang baru.

Nah agar posisi pick up coilnya sejajar dengan tonjolan kalian cukup melepas 2 baut pengikatnya kemudian membalikan posisinya agar bisa masuk lebih dalam.

Kemudian untuk coil yang digunakan disini ialah coil motor CDI, kalian bisa menggunakan coil motor CDI dari Shogun 110 atau dari motor Mio 5TL.

Oh iya, satu hal lagi, jika kalian menggunakan magnet dari Jupiter MX, maka spull-nya pun disarankan untuk memakai spull Jupiter MX ya.

 

Kelebihan Motor Dengan Sistem Karburator

Setidaknya ada beberapa kelebihan sistem karburator dibandingkan dengan sistem injeksi.

  • Harga komponen karburator lebih murah.
  • Komponen karburator lebih sedikit dan tidak kompleks.
  • Perawatan karburator bisa dilakukan sendiri.
  • Kecepatan motor bisa ditingkatkan dengan mengganti ukuran pilot jet dan main jet.

Resiko Mengubah Motor Injeksi Ke Karbu

Dibalik kelebihan penggunaan karburator ternyata ada resiko yang harus kalian ketahui. Resiko yang akan kalian alami yakni pada sistem kelistrikan motornya.

Soalnya ketika injeksi dicabut dan kalian ganti dengan karburator, maka pasokan listrik yang seharusnya untuk injeksi tidak akan tersalurkan dan pada akhirnya sistem kelistrikan pada motor akan terganggu.

Nah jika kalian masih mau melakukan perubahan ini maka harus dilakukan dengan bimbingan ahlinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merubah Motor Injeksi Ke Karbu semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂