Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet

Posted on

Cara Merawat Shockbreaker Motor – Shockbreaker merupakan komponen yang difungsikan sebagai peredam getaran atau goncangan dari motor yang beradu dengan jalanan.

Di jalanan yang halus shockbreaker mungkin kurang terasa manfaatnya. Namun di jalan yang tidak rata, beradaan komponen berdaya pegas ini sangat membantu pengendara motor.

Ketika shock tidak berfungsi secara baik, tentunya kenyamanan berkendarapun akan terganggu. Badan pengguna motor akan cepat pegal, dan jika tidak segera diatasi, goncangan yang diterima motor tidak akan teredam.

Sehingga banyak komponen yang mungkin saja bisa berubah posisi ataupun setelannya. Bahkan bearing ban motor juga akan terkena imbasnya, tentunya akan semakin membahayakan pengendaranya.

Peran pentingnya dalam kenyamanan serta keamanan berkendara sangatlah besar. Sayangnya dengam perannya yang begitu penting ini, hampir rata-rata pengguna serta pemilik motor seakan tidak memperdulikan kondisi bagian ini layaknya komponen lain seperti mesin dan juga transmisi.

Mungkin karena hal itulah terkadang banyak sekali pemilik sepeda motor merasakan gangguan serta ketidaknyamanan saat kondisi shockbreaker mulai tidak normal.

Secara garis besar, kondisi shockbreaker awet pastinya menjadi shock empuk serta nyaman tentu akan membuat motor mudah dikendalikan.

Terutama saat melewati jalanan yang tidak rata. Jika kodisi shockbreaker motor sudah tak normal, setidaknya kenyamanan dalam berkendara otomatis akan berkurang.

Dan bahkan bisa jadi membuat keamanan berkendara pun lebih besar. Olah karena itulah merawat shockbreaker motor menjadi hal cukup penting dilakukan.

Akan tetapi hal tersebut jarang dilakukan karena mungkin banyak dari pengguna tidak mengetahui bagaimana cara merawat shockbreaker motor yang baik dan benar.

Jika itu masalahnya maka dibawah ini kami rangkum beberapa tips bagaimana cara merawat shockbreaker motor agar kondisinya tetap awet dan saat digunakan terasa empun dan nyaman.

Pentingnya Perawatan Shockbreaker Motor

Dengan fungsi dan juga peranan cukup besar terhadap kenyamanan berkendara, tentu merawat shockbreaker motor memiliki peran yang cukup penting. Nah beberapa hal terkait dalam pentinya perawatan shockbreaker motor diantaranya yaitu:

  • Memungkinkan umur atau masa pakai shockbreaker jauh lebih lama.
  • Membuat rasa nyaman serta aman saat berkendara tetap terjaga.
  • Memungkinkan motor dapat melewati jalanan bergelombang dengan lancar.
  • Membuat guncangan dan getaran tidak terlalu besar dirasakan para pengguna motor.
  • Membuat kekuatan shockbreaker jauh lebih baik.

Cara Merawat Shockbreaker Motor

Dari pentinya perawatan shockbreaker motor seperti diatas kami singgung. Lantas bagaimana sih cara yang baik dan benar untuk merawat shockbreaker motor? Jika kalian memang ingin melakukannya sendiri tanpa ke bengkel maka berikut ini ialah tips cara merawat shockbreaker motor paling kami rekomendasikan.

Pastikan Gak Ada Kotoran Diantara Shockbreakermu

Ini adalah salah satu manfaat buat mereka yang rajin cuci motor. Mereka yang care ama motornya dipastikan akan selalu notice ketika shockbreakernya kotor. Dan mereka gak akan ngebiarin kotoran itu hinggap lama – lama.

Kotoran yang nempel di area kerja shockbreaker bisa membuat seal dari shockbreaker tersebut lecet. Sehingga oli dariΒ  shockbreaker bisa aja bocor dan bikin kualitas pegas dari shockbreakermu menurun.

Hindari Rute Yang Tidak Rata Jalannya

Pemilihan rute akan membuat perbedaan bagi kesehatan motormu. Jika kamu memilih jalan yang berbatu, tentunya kamu harus siap dengan resiko motormu akan lebih cepat rusak ketimbang yang memilih jalan lebih mulus. Dan ini berlaku juga untuk shockbreakermu.

Baca Juga :  Cara Ganti Baterai Remote Keyless

Jangan Ngebut Di Jalanan Yang Gak Rata

Jika memang gak ada alternatif jalan lain dan kamu harus pilih jalan yang gak rata, kendarai motormu secara bijaksana. Jangan ngebut dan asal tabrak obstacle yang ada.

Ngebut di jalanan yang kasar akan membuat shockmu bekerja lebih keras daripada biasanya. Ada kemungkinan juga shockbreakermu jadi bengkok. Kalau udah bengkok ya gak akan optimal fungsinya.

Hindari Pemakaian Anting Peninggi Motor Di Shock Belakang

Melakukan modifikasi motor boleh-boleh saja dilakukan. Namun kami sangat menyarankan agar saat memodifikasi bagian shockbreaker jangan tambah anting peninggi.

Sebab dengan adanya tambahan anting tersebut, otomatis kinerja suspensi tidak akan bekerja dengan maksimal. Akibatnya rasa nyaman berkendara dengan tambahan anting shock tentu akan membuat berkurang.

Perhatikan Juga Stanchion

Memperhatikan tabung silinder shockbreaker pun sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. Sebab bagian terluar ini merupakan bagian paling sering berinteraksi dengan kondisi lingkungan sekitar. Jika kotor, segera bersihkan.

Karena bila tetap kalian biarkan, biasanya akan membuat korosi dan menyebabkan kondisi tabung silinder kusam. Untuk membersihkan tabung silinder, sebaiknya gunakan sikat serta sabun dan air bersih. Setelah selesai, sebaiknya langsung keringkan menggunakan lap bersih.

Jangan Kelebihan Beban

Pastikan jangan membebani motor dengan muatan melebihi saran dari pabrikan. Jika tidak maka suspensi pun akan bekerja lebih keras dan efeknya akan membuat kondisi shockbreaker lebih cepat rusak dan aus.

Ganti Oli Shockbreaker

Kalau mengganti oli sih sudah pasti harus dilakukan. Karena ketika suspensi motor sudah tidak prima, bisa jadi pegas yang ada di dalam sudah butuh diberikan oli lagi.

Biasanya oli shock akan diganti setiap 2 sampai 3 tahun sekali. Tapi jika shockbreakermu sudah memberikan kode minta diservis, jangan tunggu lagi, buruan servis sebelum kerusakannya menyebar kemana – mana.

Baca Juga :  Oli Shockbreaker

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Shockbreaker Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚