Cara Merawat Motor Ojek Online

Posted on

Cara Merawat Motor – Dalam hal ini cara merawat motor ojek online (ojol) sejatinya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mengingat untuk urusan perawatan kendaraan bukanlah perkara yang sulit.

Seperti yang diketahui hadirnya layanan dari ojek online beberapa tahuan belakangan sangat membantu masyarakat dalam menunjang mobilitas sehari-hari. Alih-alih memiliki pendapatan yang lumayan besar banyak orang yang tertarik dan beralih porfesi sebagai ojek online.

Keberadaan ojek online bahkan saat ini sangat dibutuhkan, mulai dari mengantarkan penumpang dan barang, makanan sampai banyak lagi layanan yang bisa diandalkan.

Dalam kondisi normal, keberadaan ojek online sangat membantu untuk kebutuhan mengantar anak sekolah sampai urusan kantor.

Setiap harinya, driver ojek online tentunya kerap berkutat dengan sepeda motor. Sebagai sumber mengais rezeki, tentunya setiap motor driver ojol wajib dilakukan perawatan secara berkala.

Tujuannya agar setiap perjalanan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan aman. Setiap harinya ojol bisa menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh.

Maka oleh karena itu, bagi kalian para pengemudi sebaiknya mengetahui cara merawat motor ojek online. Mengingat beban mesin sepeda motor cukup berat setiap harinya.

Nah dari pada bingung mengenai bagaimana cara merawat motor ojek online, berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat motor untuk ojek online.

5 Cara Merawat Motor Ojek Online

Membahas mengenai cara merawat motor ojek online, sejatinya bukanlah perkara yang sulit. Kalian hanya perlu memperhatikan sejumlah hal simpel yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Setidaknya ada beberapa langkah cara merawat motor ojek online yang perlu kalian ketahui yang diantaranya yaitu:

Baca Juga :  [Wajib Baca] Ganti Oli Motor Matic,,Berapa KM Sekali ??

Dengan Melakukan Penggantian Oli Secara Berkala

Faktor penting mengenai cara merawat motor ojek online yang perlu diperhatikan betul ialah oli yang wajib diganti berkala. Pasalnya mesin sepeda motor tentunya membutuhkan pelumasan yang baik.

Dan apalagi jika digunakan untuk perjalanan yang panjang setiap harinya. Tugas utama oli ialah untuk melapisi komponen mesin motor, agar seluruh komponen penggerak dapat berfungsi secara optimal saat mesin dinyalakan.

Dan pada motor matic, oli pun berfungsi sebagai anti karat, sehingga motor dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Mengacu pada buku panduan servis pengendara yang didapat ketika membeli motor. Sebaiknya pemilik kendaraan melakukan penggantian oli per 5.000 km atau pada bulan tertentu.

Namun terkadang pada pengemudi ojek online hal ini kerap diabaikan. Penggunaan sehari-hari menuntut jarak tempuh yang tentunya tidaklah sedikit.

Alhasil driver ojek online harus mengganti oli dengan waktu yang berbeda dan cenderung lebih cepat dibandingkan motor pada umumnya. Sebaiknya motor harus ganti oli mesin tiap kali motor mencapai 2.000 kilometer jarak tempuh.

Mengapa berbeda? Dengan tujuan agar dapat menjaga performa motor tetap dalam kondisi prima. Serta memperpanjang umur motor agar tidak cepat rusak, karena perjalanan sehari-hari yang cukup jauh.

Dengan Membiasakan Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya panaskan lebih dulu kendaraan yang akan digunakan. Hal ini menjadi salah satu cara merawat motor ojek online yang perlu diperhatikan.

Pasalnya motor yang digunakan untuk ojek online digunakan lebih lama dari pada pengendara pada umumnya setiap hari. Untuk itu persiapan kendaraan sebelum dipakai untuk bekerja perlu mmendapatkan perhatian ekstra.

Persiapan simpel yang mungkin perlu kalian lakukan ialah dengan memanaskan motor setiap hari sebelum digunakan, dengan begitu dapat meminimalkan gesekan yang terjadi pada mesin kendaraan kalian.

Ketika tidak digunakan mesin motor cenderung dingin. Saat mesin motor dingin dan langsung digunakan dapat berisiko membuat gesekan berlebih di ruang mesin.

Baca Juga :  √ [Tips Ampuh] Cara Mengganti Seal Shock Depan Motor

Gesekan berlebih di mesin disebabkan oleh oli belum bersirkulasi ke seluruh bagian mesin. Sehingga mesin belum terlumasi secara sempurna.

Memanaskan mesin sepeda motor tidak dibutuhkan waktu yang lama kalian hanya perlu 1 menit saja lalu bisa melanjutkan perjalanan. Pasalnya terlalu lama memanaskan sepeda motor pun tidak baik bagi motor dan berpotensi menyebabkan mesin rentan overheat.

Dengan Mengecek Ban Motor Sebelum Bekerja

Penting untuk dingat cara merawat motor ojek lainnya selanjutnya ialah dengan memperhatikan kondisi ban sebelum bekerja. Karena setiap driver mengandalkan layanan antar jemput sebagai mata pencahariannya.

Ketika perjalanan tidak hanya mesin motor saja menjadi tumpuan, ban juga menjadi salah satu fokus penting bagi driver ojek online.

Diakui bagi sebagian pengemudi ojol, menjaga ban tetap awet sangatlah sulit dilakukan karena mobilitas perjalanan yang begitu tinggi setiap harinya.

Namun hal itu bukanlah perkara yang mustahil dilakukan jika driver rajin mengecek kondisi ban setiap minggu atau maksimal seminggu sekali.

Sebagai gambaran penting untuk kalian ban motor memiliki kapasitas angin yang dibatasi. Bila tekanan udara dalam ban motor kurang maka ban motor memiliki beban yang lebih berat.

Tekanan berat tersebut dapat menyebabkan ban cepat aus atau botak. Lakukan isi ulang nitrogen pada ban sekurang-kurangnya 5 hari sekali.

Driver juga wajib memeriksa kondisi lubang angin dan kerapatan ban dan pelek. Saat ban menghantam lubang atau permukaan jalan yang tidak rata, dapat berpotensi menyebabkan perubahan bentuk pelek.

Tidak hanya itu saja, kerapatan sisi ban dan pelek pun bisa kendor sehingga angin dapat keluar. Walaupun terlihat sepele, kondisi ban harus selalu di cek untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

Dengan Melakukan Pengecekan Rem Dan Jangan Paksakan Ketika Habis

Komponen sepeda motor yang perlu diperhatikan ialah rem yang tentunya menunjang keselamatan kalian ketika berkendara. Bila rem sudah habis segera lakukan pergantian dengan komponen yang baru.

Baca Juga :  Wajib Diketahui – 5 Trik Untuk Menekan Biaya Perawatan Motor Honda

Gejala rem habis, biasanya diikuti oleh munculnya bunyi-bunyian mendecit ketika kalian berkendara. Hal ini bisa disebabkan oleh komponen oleh komponen rem yang kotor ataupun sudah habis.

Jika sudah habis, jangan pernah mengabaikan hal ini. Karena berpotensi mengakibatkan kecelakaan ketika kalian bekerja. Mengecek rem secra berkala jadi cara merawat motor ojek online yang cukup ampuh.

Lakukan pengecekan komponen rem setidaknya satu minggu sekali, dengan begitu kalian selalu memastikan kendaraan dalam kondisi yang prima.

Kelistrikan Juga Perlu Diperhatikan

Terakhir yang perlu kalian ketahui dari cara merawat motor ojek online ialah perhatikan komponen kelistrikan di sepeda motor. Pasalnya ketika sistem kelistrikan di motor bermasalah, perjalanan kalian akan terganggu.

Lampu menjadi komponen yang cukup vital menunjang kenyamanan dan keamanan kalian ketika berkendara. Biasanya untuk motor yang setiap hari digunakan, lebih rentan putus mengingat intensitas perjalanan ojol begitu tinggi setiap harinya.

Cek lampu sepeda motor ketika sebelum memulai aktivitas, jangan sampai kalian membawa motor dengan kondisi lampu yang mati. Lampu ini meliputi lampu utama, lampu rem dan juga sein.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara merawat motor ojek online. Untuk itu sebelum kalian memulai perjalanan biasakan untuk memanaskan mesin terlebih dahulu.

Dan perhatikan juga kondisi oli mesin motor dan ban yang tidak kalah penting untuk mendapatkan perawatan. Sebaiknya jadikan merawat motor sebagai kebiasaan dengan begitu, kinerja sepeda motor tetap maksimal, tidak cepat rusak sehingga bisa digunakan tanpa ada kendala.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Motor Ojek Online semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂