Cara Merawat Motor Lama Agar Selalu Prima Dan Awet

Posted on

Cara Merawat Motor Lama Agar Selalu Prima Dan Awet – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara merawat motor lama agar selalu prima dan awet, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

Setelan Oversize Juga Begitu

Setting karbu pun wajib setelah oversize sebab setelah memperbesar piston ruang bakar membesar pasokan bensin kudu diperbanyak juga penyetelan nggak aneh-aneh cukup mengganti pilot jet agar tarikan awal nggak tekor, main jet biarkan saja justru yang dimainkan setelan anginnya.

Bukannya motor semakin rentan butuh vitamin tambahan, apa bener apa tidak makin tua makin jadi nafsu besar tenaga kurang, iye tambah uzur jeroan malah keropos lihatlah kakek nenek seperti motor tua yang dipakai sama-sama loyo keduanya butuh komposisi vitamin.

Yang akurat untuk kuda besi tak perlu beli vitamin seperti teriakan iklan tv cukup setting ulang karbu sebab karbu standar disetel buat komponen yang segar begitu komponennya loyo karbu kudu menyesuaikan sekian lama digeber alhasil clearence dinding silinder piston dan ring merenggang meskipun gap-nya dalam toleransi pabrik kompresi berkurang.

Otomatis tenaga ngedrop cirinya motor sulit distart saat di gas motor lari ditempat, celah merenggang dalam batas toleransi ini kudu diisi yang bisa menyumpalnya bahan bakar berupa bensin, paling gampang karbu disetel ulang spuyer.

Dan udara diperbesar dari ukuran standar, namanya vitamin minumnya jangan banyak-banyak nanti od alias overdosis yang dinaikan cukup pilot jet itupun Cuma satu step contoh pilot jet standar 27,5 naik saja keatas rumah hehe,, maksudnya jadi 30.

Main jet silakan mengandalkan standar kalau tidak mencukupi mari dan mari dibesarkan lebih gampangnya sih diamati langsung di busi,

Jika diode busi kering membawa putih main jet harus naik satu tingkat awas ini baru cerita spuyer makanya biarkan tinggi pelampung pada standarnya jangan lupa perubahan pilot jet dan main jet diimbangi penyetelan ulang suplai angin.

Cara Merawat Motor Lama Agar Selalu Prima Dan Awet

Jika kamu salah satu satu orang yang memiliki motor dengan usia cukup lama atau berniat memilikinya, kamu harus tahu cara merawat motor lawas agar kondisinya tetap prima saat digunakan.

Berikut beberapa cara merawat motor tua yang bisa kamu lakukan yaitu:

Selalu Rawat Aki Motor

Aki menjadi komponen yang sangat penting pada sepeda motor baik itu motor keluaran terbaru maupun motor tua. Masalah yang sering dialami aki yaitu kondisi aki tekor (daya aki berkurang) dan menyebabkan aki tidak mampu menyuplai energi listrik yang diperlukan sepeda motor.

Untuk merawat aki, kamu bisa secara rutin membersihkan kutub aki dari kotoran agar arus listrik yang keluar dan masuk aki menjadi lancar. Selain itu, periksa juga volume air aki, pastikan berada diatas batas normal. Jika volume aki kurang, segera isi ulang agar kinerja aki motor tetap optimal.

Tapi, saat kondisi aki sudah rusak dan sulit untuk diperbaiki, sebaiknya kamu ganti aki tersebut dengan yang baru. Saat mengganti komponen tersebut, pastikan sesuai dengan spesifikasi motor tua yang kamu miliki agar tidak menyebabkan masalah lain pada motor.

Jangan pernah menganggap sepele saat aki motor mengalami masalah. Jika dibiarkan, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti regulator, sekring, lampu dan sebagainya.

Jaga Komponen Motor dari Karat

Korosi atau karat menjadi salah satu masalah bagi sebagian besar motor tua karena kebanyakan komponen motor didominasi oleh material besi. Tidak hanya rangka, namun beberapa motor juga memiliki body berbahan metal, tidak seperti motor keluaran terbaru yang menggunakan bahan fiber.

Untuk itu, menjaga setiap spare part dengan material besi dari karat menjadi sangat penting untuk meminimalisir komponen mengalami keropos. Yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melapisi komponen berbahan metal tersebut dengan cat anti karat.

Kemudian, rutinlah mencuci motor apalagi ketika motor terkena air hujan, kamu wajib membilas air hujan tersebut dan mengeringkannya agar terhindar dari karat. Komponen motor yang paling rawan berkarat yaitu bagian velg dan rantai motor. Untuk bagian velg bisa diatasi dengan rajin mencucinya.

Namun, untuk rantai motor kamu perlu melumasi komponen tersebut dengan pelumas khusus, jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai karena hal itu dapat menjadikan rantai kotor dan mudah rusak.

Rutin mengganti Oli Mesin

Mengingat usia mesin sudah lumayan lama maka sangat rentan mengalami masalah seperti aus jika tidak dilumasi secara maksimal. Untuk itu, kamu perlu mengganti oli mesin secara rutin agar proses pelumasan dalam mesin motor tetap baik.

Komponen mesin motor tua yang sangat membutuhkan pelumasan maksimal yaitu bagian piston dan dinding silinder. Bagian ini sangat rentan mengalami keausan karena selama mesin bekerja akan mengalami panas luar biasa yang disebabkan proses pembakaran.

Jika tidak dilumasi dengan baik, dinding silinder dapat tergores dan menyebabkan motor mengalami kebocoran kompresi. Hal ini akan menjadikan tenaga yang dihasilkan berkurang.

Rutin Periksa Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar merupakan sebuah sistem yang berfungsi mengalirkan bahan bakar dari tangki hingga masuk ke dalam ruang bakar. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti selang bensin, saringan bensin dan udara, karburator atau injector dan sebagainya.

Motor tua biasanya masih menggunakan karburator. Komponen ini harus rutin dibersihkan agar tidak mengganggu suplai bahan bakar. Komponen karburator yang harus diperhatikan yaitu main jet dan pilot jet. Kedua komponen ini sangat mungkin tersumbat oleh partikel-partikel kecil.

Selain itu, saringan bensin dan udara juga harus selalu diperiksa dan dibersihkan. Jika kondisi saringan ini sudah terlalu buruk, sebaiknya kamu mengganti dengan yang baru agar performa motor tua kamu tetap prima.

Jaga Komponen Pengapian

Merawat sebuah motor tua sebenarnya mudah karena mekanis atau sistem pada motor  tidak terlalu rumit seperti motor keluaran terbaru yang menggunakan mekanisme digital. Contohnya, saat mesin motor tua sulit dinyalakan, biasanya sumber masalahnya ada pada bagian sistem bahan bakar atau sistem pengapian motor.

Komponen pengapian pada motor yang sering bermasalah yaitu busi. Komponen ini harus sering dibersihkan dari kotoran atau kerak sisa pembakaran dalam mesin. Selain itu, seiring waktu busi akan mati atau tidak bisa lagi digunakan. Saat ini terjadi segera ganti dengan busi baru dan usahakan memilih busi dengan kualitas terbaik.

Rutin memanaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor setiap hari memang sangat disarankan, tidak hanya untuk motor tua, namun juga motor keluaran terbaru pun perlu, terutama saat pagi hari. Hal ini dilakukan agar sirkulasi oli di dalam mesin menjadi lancar dan memastikan setiap komponen di dalam mesin mendapat pelumasan.

Oli yang bersirkulasi dengan baik akan melumasi setiap komponen mesin motor dan meminimalisir gesekan keras antar komponen saat mesin dinyalakan. Selain itu, memanaskan mesin motor secara rutin juga akan menjaga kinerja setiap komponen mesin motor.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Motor Lama Agar Selalu Prima Dan Awet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂