6 Cara Merawat Motor Kopling Agar Awet

Posted on

Cara Merawat Motor Kopling – Nah ada cukup banyak jenis kendaraan yang pada saat ini bisa kita pilih sebagai pelengkap mobilitas. Selain mobil salah satu alat transportasi cukup populer serta banyak dipilih masyarakat tanah air ialah sepeda motor. Tidak heran jika saat ini jalanan perkotaan ataupun pedesaan selalu dipenuhi pengguna sepeda motor.

Dipilihnya sepeda motor untuk menjadi sarana transportasi harian juga membuat pabrikan otomotif terus menerus menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam membuat kendaraan roda dua. Dan bahkan di era modern seperti sekarang ini, tercatat sudah ada begitu banyak jenis motor untuk dapat kita pilih dan gunakan.

Dan selain motor bebek dan juga motor matic, salah satu jenis motor cukup populer di tengah masyarakat modern ialah motor kopling. Dinamai motor kopling, tentu saja karena jenis motor ini sudah dilengkapi dengan adanya komponen kopling yang dapat diatur penggunannya sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya ciri ciri motor kopling sendiri terdapat sebuah handle kopling di stang sebelah kiri. Umumnya sepeda motor dengan kopling manual akan dapat mudah kita temui serta dapat pada jenis motor sport yang lebih identik dengan gaya anak muda jaman sekarang ini.

Fungsi Kopling

Kopling sendiri merupakan sistem pemindah tenaga dari mesin ke roda sepeda motor. 12 Komponen Dan Fungsi Kopling Manual Sepeda Motor ini diperlukan untuk meneruskan perputaran proses engkol ke transmisi dan melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi ketika memindahkan gigi melalui kerja handel kopling. Selanjutnya transmisi ini akan diteruskan ke roda bagian belakang melalui rantai roda.

Proses memutuskan dan menghubungkan putaran mesin pada sepeda motor ini dilakukan dengan beberapa cara yakni Cara Pindah Gigi Motor Kopling. Cara yang umum saat ini ialah dengan menggunakan handel manual (pada sepeda motor tipe sport) dan mengatur kecepatan mesin agar berada pada putaran rendah (pada sepeda motor tipe bebek).

Bicara soal motor kopling ada hal menarik untuk bisa kita bahas. Salah satu diantaranya yakni soal perawatan. Dengan terus memaksimalkan perawatan secara rutin serta berkala, otomatis motor tersebut akan sanggup member kenyamanan bagi setiap pengguna. Jadi untuk pembahasan kali ini kami merangkum dan menjelaskan sedikit tips tentang cara merawat motor kopling.

Cara Merawat Motor Kopling Agar Awet

Secara sederhana, sebenarnya cara merawat motor kopling tidaklah jauh berbeda dengan Cara Merawat Dan Memeriksa Kopling Otomatis Pada Motor Matic ataupun merawat motor bebek dan jenis kendaraan lainnya.

Hanya saja karena jenis motor ini punya ekstra komponen pada bagian transmisi tentunya membuat cara perawatan harus dilakukan pun sedikit berbeda.

Oleh karena itu, untuk kalian yang saat ini punya sepeda motor kopling seperti halnya All New Honda CBR 150 R Facelift atau Kawasaki Ninja serta lainnya. Sudah seharusnya merawat motor tersebut dengan rutin agar kinerjanya tetap baik. Dan berikut ini sudah kami siapkan beberapa cara merawat motor kopling yang baik serta benar agar awet serta performa tetap maksimal.

Ganti Oli Secar Rutin

Hampir sama seperti cara merawat motor matic ataupun motor injeksi, cara merawat motor kopling paling utama yakni selalu rutin mengganti oli mesin. Dimana penggantian oli mesin motor kopling sendiri disarankan setiap 2.000 kilometer pemakaian.

Jika tidak rutin melakukan penggantian oli mesin, maka dampak buruknya Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas atau overheat. Hal tersebut karena oli mesin sendiri akan bekerja sebagai pelumas untuk membuat gesekan antar komponen. Nah saat kondisi oli sudah tidak lagi memungkinkan untuk member pelumasan dengan baik.

Maka dapat dipastikan geserkan tersebut akan membuat timbulnya panas lebih cepat. Belum lagi ditambah adanya suhu panas dari hasil pembakaran di dalam ruang bakar. Oleh karena itu merawat motor kopling paling penting yakni melakukan penggantian oli secara rutin dengan menggunakan Oli Mesin Motor Tahan Panas.

Rutin Cek Kampas Kopling

Tak hanya selalu rutin melakukan penggantian oli mesin seperti yang sudah disampaikan diatas. Dalam merawat motor kopling agar awet serta tetap nyaman saat dikendarai juga bisa dilakukan dengan cara rutin mengecek kondisi kampas kopling motor kalian. Nah ketika kampas kopling motor mulai menipis atau aus akan banyak menimbulkan masalah.

Terutama ketika kalian ingin menaik turunkan posisi gigi. Adapun salah satu cara terbaik untuk mengecek kondisi kampas kopling yakni pada saat kalian melakukan penggantian oli mesin. Jadi sebelum memasukan oli baru sebaiknya buka bagian kampas kopling.

Atau jika menginginkan cara lebih mudah memahami Ciri Ciri Motor Habis Kampas Kopling cukup rasakan kodisi kampas kopling saat kalian menaik turunkan gigi. Biasanya akan ada rasa berbeda saat kondisi kampas kopling mulai aus. Jika kondisi kampas sudah mulai aus sebaiknya segera ganti dengan kampas kopling baru.

Bersihkan Kabel Kopling

Cara merawat motor kopling berikutnya dapat dilakukan yakni dengan memeriksa dan membersihkan kabel kopling. Karena hal ini cukup jarang dilakukan para pemilik motor kopling. Sebab kebanyakan lebih memilih mengganti dengan kabel kopling baru. Adapun cara membersihkan kabel kopling sendiri cukup mudah dilakukan.

Caranya cukup lepas kabel kopling kemudian masukan cairan pembersih atau campuran oli dan juga bensin. Selain akan membuang kotoran yang membuat tarikan kabel kopling terasa berat. Memasukan campuran oli serta bensin juga akan membuat kabel terasa ringan karena terkena pelumas oli.

Jangan Malas Ganti Gigi

Ada banyak sekali cara bisa dilakukan untuk dapat membuat motor kopling awet dan tetap nyaman saat digunakan. Selain beberapa faktor diatas pemakaian motor yang kurang baik juga akan mengakibatkan kondisi motor akan cepat rusak. Maka oleh karena itu memakai motor kopling dengan cara benar juga menjadi salah satu cara merawat motor kopling.

Nah dari begitu banyaknya perilaku buruk saat menggunakan motor kopling ialah malas untuk mengganti gigi transmisi baik itu naik ataupun turun. Dan salah satu contohnya ketika berada di lampu merah ternyata banyak sekali orang malas menurun gigi trasmisi motor kopling. Bila hal ini terjadi kalian bisa mengikuti ini Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras Dan Susah Netral.

Padahal jika motor berhenti namun tidak kalian turunkan gigi transmisinya, kemungkinan besar ketika akan mulai melaju, motor harus membutuhkan putaran mesin tinggi. Jika terus-terusan seperti itu dampaknya buruknya akan membuat kampas kopling cepat aus.

Perhatikan Kualitas Bahan Bakar

Tidak sembarangan menggunakan bahan bakar juga menjadi cara merawat motor kopling yang mungkin bisa dibilang paling mudah. Yah memakai atau menggunakan bahan bakar yang tepat dan sesuai pada motor kopling atau motor jenis lainnya tentu akan membuat kondisi mesin akan tetap awet serta tahan lama.

Hal ini perlu dilakukan karena pada umumnya ada beberapa tipe dan jenis motor yang harus memakai bahan bakar khusus. Dan buat kalian yang saat ini memiliki sepeda motor kopling perlu diketahui bahwa jenis bahan bakar paling di rekomendasikan ialah Pertamax Plus.

Jarak Free Play Pada Handle Kopling

Nah tips yang mungkin tidak banyak diketahui para pengguna motor kopling ialah memperhatikan jarak main bebas atau free play dari handle kopling. Usahakan jarak main bebas ini harus tetap utuh sekitar 10-20 mm pada saat kondisi stang kemudi lurus ataupun saat kondisi berbelok.

Agar dapat memperoleh ukuran pas dan tepat, dengan melakukan penyetelan seperti Cara Menyetel Kopling Motor Bebek Sendiri Tanpa Ribet dengan penyesuaian. Penggunaan ukuran pas, tentu akan menghindari kalian memakai istilah setengah kopling yang akan membuat kampas kopling cepat aus.

Akhir Kata:

Bagaimana apakah sudah cukup jelas dan lengkap panduan Cara Merawat Motor Kopling yang baik dan benar agar membuat mesin awet dan motor tetap nyaman di kendarai? Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. 🙂 🙂 🙂