Cara Menyetel Langsam Motor Injeksi

Posted on

Cara Menyetel Langsam Motor Injeksi – Nah dalam hal ini Motor injeksi memang sangat dicintai dan bahkan sudah menjadi favorit bagi semua kalangan dari pada jenis motor yang masih menggunakan sistem karburator.

Menggunakan kendaraan sebagai salah satu sarana beraktifitas sehari hari terkadang membuat Kita harus mampu memilih jenis kendaraan yang cocok. Selain dilihata dari sisi kenyamanan, tentunya kemudahan dalam perawatan pun harus turut diperhatikan.

Sebagai solusinya, kalian dapat menggunakan kendaraan dengan sistem injeksi. Sistem injeksi pada motor sendiri merupakan inovasi baru yang dikenalkan pada thuan 2000an.

Sistem injeksi ini ternyata mampu menyedot banyak peminat lantaran banyaknya promosi yang gencar menekankan pada keunggulan motor jenis satu ini yakni dari sisi efisiensi bahan bakar yang merupakan hal yang pertama kali diperhitungkand alam memilih kendaraan.

Sistem injeksi sendiri adalah hasil pengembangan dari teknik pengabutan bahan bakar yang semula masih menggunakan karburator. Sistem pengabutan karburator dinilai kurang evisien lantaran banyak melakukan pembakaran bahan bakar dengan sia sia.

Dilihat dari sisi sistemnya, motor injeksi menggunakan sistem komputerisasi yang diterapkan dalam metode pengabutan. Sistem injeksi mampu menjadikan takaran campuran antara bahan bakar dan udara lebih sempurna dan presisi, sehingga lebih sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan oleh sepeda motor.

Keunggulan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor

  • Salah satu kelebihan motor injeksi yakni tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan takaran campuran antara bahan bakar dengan dara diatur oleh sensor yang dikontrol oleh sistem elektronik semi komputer.
  • Penggunaan sistem injeksi mempermudah pengguna dalam perawatan. Anda cukup menyemprotkan injection cleaner tanpa perlu melakukan bongkar pasang layaknya mesin karburator konvensional.
  • Sistem mesin injeksi mampu menekan emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Selain menyemprotkan injection cleaner, sistem dalam injeksi memang dibuat dengan konsep bebas perawatan dalam arti Anda tak perlu terlalu sering melakukan perawatan dengan membongkar block mesin. Oleh karenanya servis mesin motor injeksi pun tergolong cepat dan sederhana.
  • Motor dengan sistem mesin injeksi memberikan kemudahan bagi pemiliknya lantaran tak terpengaruh oleh suhu udara serta cuaca.
  • Selain sistem perawatannya yang mudah, sistem motor injeksi juga memberikan kemudahan pada waktu servis kendaraan. Lain halnya untuk motor dengan sistem karburator yang memerlukan pengaturan AFR. Perubahan pengaturan tersebut dikarenakan adanya getaran yang diperoleh dari mesin, selain itu kualitas karburator pun semakin lama akan semakin menurun.
Baca Juga :  Motor Seperti Kehabisan Bensin ?? Inilah Cara Mengatasinya

Motor injeksi sendiri dengan memiliki banyak kelebihan ternyata jenis motor ini masih memiliki kekurangan, yang salah satunya merupakan kerap terjadi masalah pada saat kondisi langsamnya.

Namun jenis motor ini tentunya lebih mudah digunakan, dan cocok untuk pria dan wanita, remaja dan dewasa lebih murah dan memiliki berbagai nilai lain yang disandingnya.

Penyebab Motor Injeksi Tidak Mau Langsam

Saat mesin dalam kondisi idle atau langsam dan kondisi mesin berjalan, tetapi tidak digunakan bahkan jika akselerator tidak dihidupkan.

Kondisi mesin ini umumnya disebut sebagai stasioner. Dalam keadaan tertentu mesin tidak ingin berada pada posisi langsam. Sederhanya mesin bekerja tetapi ketika gas dilepaskan secara tiba-tiba mesin langsung mati.

Padahal keadaan yang seperti ini biasanya kerap terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal, sama seperti pada kasus mesin yang masih menggunakan sistem karburator.

Tentu saja ini berarti kalian harus tetap selalu memegang pedal gas agar mesin tidak mati. Nah keadaan seperti ini apabila berada di tengah kemacetan atau dilampu merah tentunya sangat menjengkelkan.

Lantas apa saja yang menyebabkan motor injeksi tidak langsam nah berikut ini penjelasannya:

Komponen Kotor

Yang menjadi faktor penyebab utama ialah ada beberapa komponen-komponen mesin injeksi yang harus dibersihkan yang biasanya adanya permasalahan ini ada pada throttle body dan injektor.

Karbon yang tersisa dari hasil pembakaran yang menyumbat sehingga menghalangi katup throttle body dan injektor, yang akhirnya menyebabkan motor tidak lagi mau langsam.

Perawatan Busi Yang Kurang Tepat

Kemudian yang menjadi faktor penyebab lainnya ialah karena busi atau biasanya karena perawatan busi yang kurang  baik dan tidak dilakukan secara rutin.

Nah biasanya mekanik selalu membersihkan bagian busi dengan bensin. Namun sayangnya metode ini sudah sangat sering digunakan, namun pada kenyataannya metode ini tidaklah sepenuhnya benar.

Baca Juga :  Faktor Tarikan Motor Berat

Sebab hal ini dapat mengakibatkan mesin injeksi tidak masu langsam karena keadaan busi mudah aus.

Angin Yang Masuk Ke Penyaring Udara

Kemudian penyebab selanjutnya yang mana biasanya adanya permasalahan motor injeksi tidak mau berhenti/langsam karena disebabkan ada angin yang memasuki saluran udara.

Kondisi ini biasanya terjadi karena ada benda di dekat rumah saringan udara. Seperti misalnya adanya jas hujan, yang mana sebenarnya benda yang seperti ini harus berada/diletakan di bagasi jok.

Sayangnya tidak banyak orang menyadari bahwa jas hujan adalah objek yang paling sering berkontribusi pada saluran udara yang dibutuhkan mesin melalui kotak.

Dan akibatnya mesin juga kekurangan asupan udara sehingga akhirnya motor tidak langsam.

Bensin Yang Bercampur Dengan Air

Dan apabila pada setiap komponen motor kalian sudah dibersihkan sepenuhnya tetapi mesin masih tetap tidak mau langsam, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa tangki bensin.

Periksa apakah bensin didalamnya tercampur dengan air, karena adanya air di dalam tangki bensin ini bisa mengakibatkan motor menjadi tidak mau langsam.

Cara Setting Langsam Motor Injeksi

Memang penggunaan motor injeksi sangat memerlukan sedikit perawatan, terutama pemasok bahan bakarnya.

Akan tetapi pada saat pengaturan diubah, maka yang menjadi kendala ialah dimana pada alas tetakan ujung bauk yang untuk menyesuaikan stasioner menjadi terkikis dan menjadi berlubang.

Ketika alas / alasan ini mengalami perubahan, maka secara otomatis langsam juga akan ikut turun menyesuaikan kedudukan katup didalam throttle body yang juga akan ikut tertutup sehingga menyebabkan aliran bahan bakar terpengaruh. Jadi kita perlu cara untuk membawa kecepatan mesin kembali normal.

Sehingga apabila sudah demikian maka hal yang perlu dilakukan ialah dengan segera memperbaikinya dengan mengatur / menyetel putaran mesin ke posisi awalnya.

  • Pertama-tama longgarkan mur yang bertanggung jawab untuk mengunci atau mengatur baut secara berlawanan sehingga posisinya tidak berubah.
  • Setelah melonggarkan, gunakan obeng minimum untuk memutar sekrup paling kanan ke kanan sampai kecepatan mesin sedikit meningkat dari nilai normal.
  • Nah supaya dapat menghindari adanya geseran karena adanya getaran, maka mur harus dikencangkan kembali.
Baca Juga :  Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi "Menurut Ahli Otomotif"

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menyetel Langsam Motor Injeksi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂