Cara Menyetel Klep Motor Dengan Benar

Posted on

Cara Menyetel Klep Motor – Mesin 4 tak merupakan mesin yang bekerja melalui 4 proses langkah naik turun piston untuk menghasilkan tenaga. Itu sebabnya disebut 4 tak, karena mesin tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses.

4 Langkah tersebut meliputi langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah buang. Secara keseluruhan memerlukan 2 putaran poros engkol dalam satu siklus pada mesin diesel atau mesin bensin.

4 Langkah Proses Dalam Siklus

Nah berikut ini kami jabarkan 4 langkah proses dalam siklus yaitu:

Langkah Hisap (Intake)

Tujuan dari langkah hisap ini ialaha agar kabut udara-bahan bakar dapat masuk ke dalam silinder mesin motor. Karena banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran dapat mempengaruhi produksi tenaga mesin.

Prosesnya ialah piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB) kemudian klep In terbuka dan klep Ex akan tertutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder.

Kruk as akan berputar 180 derajat, noken as berputar 90 derajat. Dan selanjutnya tekanan negatif piston menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melaui intake port.

Langkah Kompresi (Compression)

Tujuan langkah ini ialah untuk meningkatkan temperature sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat bersenyawa. Rasio proses ini nantinya akan berhubungan erat dengan produksi tenaga pada mesin.

Proses nya yakni dengan piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), klep In menutup dan klep Ex tertutup sehingga udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Kruk as mencapai rotasi penuh (360 derajat) noken as mencapai 180 derajat.

Langkah Tenaga (Combustion)

Dimulai dengan menyalakan busi yang menyebabkan terbakarnya bahan bakar/udara, dalam proses tersebut maka akan menyebabkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke silinder bore.

Gerakan linier tersebut di ubah menjadi gerak rotasi oleh kruk AS yang kemudian diteruskan menuju flywheel. Prosesnya ialah terjadinya ledakan diruang bakar yang kemudian menyebabkan piston terlempar dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB).

Baca Juga :  Ukuran Klep Tiger

Pada saat klep ini tertutup, menjelang akhir langkah klep buang mulai sedikit terbuang. Dari prose itu terjadi transformasi energi bolak balik piston menjadi energi rotasi kruk AS. Putaran kruk AS mencapai 540 derajat dan putaran noken AS mencapai 270 derajat.

Langkah Buang

Pada langkah buang ini klep Ex akan terbuka dan klep In akan tertutup, kemudian piston naik karena dorongan balik dari kruk AS setelah proses pembakaran dilakukan. Melalui exhaust port masa pembakaran tersebut akan didorong keluar oleh piston.

Salah satu cara untuk meningkatkan performa motor ialah dengan menyetel klep. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi motor karburator yang loyo atau kurang bertenaga. Sebab dengan menyetel klep motor, maka kita bisa mengatur campuran gas yang berasal dari karburator agar bisa masuk dengan sempurna ke ruang bakar mesin.

Klep sendiri sama dengan katup (Intake), komponen mesin tersebut berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke mesin. Jadi apabila pengaturan klep kurang sesuai, maka berakibat performa motor kurang optimal dan terasa loyo saat berakselerasi. Apabila kalian mengalami hal demikian maka jangan ragu untuk menyetel klep motor.

Ukuran klep motor tidaklah besar, meskipun begitu, klep sangat berpengaruh terhadap performa motor. Alhasil pemasangan klep harus benar-benar sesuai dengan standar pabrikan. Posisinya jangan sampai terlalu renggang ataupun terlalu rapat. Apabila salah menyetel klep motor maka kalian harus menerima akibat sebagai berikut.

Akibat Jarak Klep Terlalu Renggang

Adapun akibat jarak klep terlalu renggang diantaranya yaitu:

  • Tarikan mesin terasa loyo saat berakselerasi.
  • Mesin menjadi cepat panas.
  • Motor menjadi susah dihidupkan atau distarter.
  • Akan terdengar bunyi ngelitik saat motor dihidupkan.
  • Idle motor menjadi terganggu.

Apabila selama ini kalian merasa motor terasa kurang bertenaga, meski sudah menarik gas dalam-dalam maka besar kemungkinan diakibatkan oleh jarak klep yang terlalu renggang. Lebih parahnya lagi, mesin motor akan terasa cepat panas dan terdengar bunyi ngelitik yang sangat mengganggu.

Akibat Jarak Klep Terlalu Rapat

Adapun akibat jarak klep terlalu rapat diantaranya yaitu:

  • Kompresi mesin menjadi berkurang karena terjadi kebocoran.
  • Motor menjadi boros BBM.
  • Mesin motor susah dinyalakan.
  • Performa motor akan jauh berkurang sehingga tarikan mesin terasa loyo dan kurang bertenaga.
  • Mesin motor tidak bisa langsam.
Baca Juga :  Penyebab Busi Basah Pada Motor F1ZR

Akibat yang paling parah dari klep terlalu rapat ialah konsumsi bahan bakar yang menjadi sangat boros. Mesin motor juga menjadi sulit untuk dinyalakan, sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tidak mengalami hal demikian, maka kalian harus menyetel ulang klep motor.

Untuk menyetel klep motor kita harus memperhatikan celah klep. Ukuran celah klep setiap motor berbeda-beda, namun pada umumnya memiliki celah klep 0.05 mm. Hal berbeda jika kalian menyetel klep motor Yamaha, sebab motor Yamaha memiliki celah klep berjarak 0.07 mm.

Sebelum menyetel klep motor, pastikan kalian sudah tahu jarak celah klep yang benar. Akan percuma apabila kita asal-asalan dalam menyetel, karena posisinya bisa terlalu renggang ataupun terlalu rapat. Selain itu kalian juga harus menyiapkan alat-alat untuk setel klep motor. Adapun alat-alatnya silah simak dibawah ini.

Alat Untuk Stel Klep Motor

Adapun alat untuk stel klep motor diantaranya yaitu:

  • Feeler Gauge/Pengatur setelan klep.
  • Obeng minus.
  • Kunci sock untuk sesuaikan ukurannya dengan baut.
  • Kunci klep motor.
  • Obeng minus.
  • Kunci ring 8 mm atau kunci 10 mm.

Untuk stel klep motor kita harus memiliki semua alat diatas. Alat yang dibutuhkan memang tidak sembarangan, karena harus ada Feeler Gauge yang berfungsi sebagai pengukur setelan klep. Selain itu kita juga membutuhkan kunci khusus untuk stel klep motor.

Untuk motor tertentu seperti Honda GL juga membutuhkan kunci ring 8 mm dan kunci 10 mm. Selain itu kita harus menyiapkan kunci sock agar bisa menyesuaikan ukuran klep dengan baut pada as magnet. Nah setelah menyiapkan semua alat diatas, maka selanjutnya mari kita mulai menyetel klep motor.

Cara Menyetel Klep Motor

Adapun cara menyetel klep motor diantaranya yaitu:

  • Langkah pertama ialah membuka lubang poros engkol. Setelah itu kalian tinggal membuka tutup lubang pemeriksaan tanda pengapian. Untuk membukanya kita harus menggunakan obeng minus.
  • Setelah lubang poros engkol terbuka, selanjutnya kita harus memutar poros engkol menggunakan kunci shock dengan arah berlawanan jarum jam.
  • Kemudian paskan tanda (T) yang tertera pada rotor magnet (sepul) yang berada di lubang tanda pengapian.
  • Selanjutnya kita tinggal membuka tutup lubang penyetelan klep.
  • Setelah lubang penyetelan klep terbuka, selanjutnya kita mengecek apakah klep bergoyang atau tidak. Apabila klep tidak bisa digoyangkan, maka kalian harus memutar tanda poros engkol 360 derajat hingga tanda (T) di rotor magnet kembali terlihat dari lubang pemeriksaan tanda pengapian.
  • Nah apabila klep sudah dapat digoyangkan, maka langkah selanjutnya tinggal mulai menyetel klep motor.
  • Cara menyetel klep motor yang pertama ialah dengan memasukan Feeler Gauge ke dalam celah rocker arm dan noken as. Feeler Gauge tersebut berfungsi untuk mengukur setelah klep.
  • Cara menggunakan Feeler Gauge sangat gampang, pertama kita mencoba terlebih dahulu memasukan Feeler Gauge dengan ukuran 0.05. Apabila dapat masuk, maka coba lagi dengan ukuran lebih besar, seperti 0.10 mm. Nah apabila Feeler Gauge dengan ukuran 0.10 mm dapat masuk, maka kalian harus melakukan menyetelan klep. Namun apabila ukuran 0.10 mm dapat masuk, maka kalian tidak perlu melakukan penyetelan karena berarti setelan klep sudah benar.
  • Nah untuk menyetel klep motor, kita harus terlebih dahulu mengendorkan mur, pengunci pada sekrup penyetelan menggunakan kunci ring 8 mm.
  • Setelah itu kalian harus menggunakan kunci yang dikhususkan untuk stel klep agar bisa memutar sekrup penyetelan klep. Kemudian putar sekrup tersebut searah dengan arah pengencangan.
  • Lalu lakukan pengetesan, apakah feeler gauge dengan ukuran 0.05 mm dapat masuk dengan rapat atau tidak. Jika sudah rapat, maka kita sudah berhasil menyetel klep motor. Namun perlu kalian ingat, bahwa posisi klep tidak boleh terlalu rapat.
  • Setelah selesai mengatur setelan klep, maka langkah selanjutnya tinggal mengencangkan mur pengunci.
  • Kemudian pasang kembali tutup lubang penyetelan klep.
  • Mengingat setiap motor minimal memiliki 2 klep, maka kita harus melakukan penyetelan yang sama.
  • Setelah selesai melakukan penyetelan pada semua klep selanjutnya kita tinggal menutup kembali lubang pemeriksaan tanda pengapian dan tutup lubang poros engkol.
  • Langkah terakhir tinggal mencoba motor yang klepnya sudah disetting.
Baca Juga :  Oli Bercampur Air Radiator Motor

Jangan lupa melakukan test drive untuk memastikan keberhasilan penyetelan klep motor. Rasakan sendiri perbedaan performa motor, sebelum dan sesudah menyetel klep. Kami yakin performa motor akan kembali normal sehingga bisa berakselerasi secara maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menyetel Klep Motor Dengan Benar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂