Cara Menyetel Karburator Mio Agar Irit

Posted on

Cara Menyetel Karburator Mio Agar Irit – Karburator merupakan komponen yang berfungsi melakukan karburasi bensin kedalam hembusan udara yang akan masuk kedalam ruang bakar. Artinya karburator ini tidak sembarang memasukan bensin ke ruang bakar tapi jugamengkarburasi.

Lantas apa itu? Karburasi ialah mencampurkan bensin kedalam sejumlah udara secara homogeny, tujuan proses karburasi ini ialah supaya molekul bensin bisa tersebar secara merata pada udara yang terhembus didalam intake manifold.

Prinsip Kerja Karburator

Karburator bekerja dengan prinsip perbedaan tekanan, seperti yang anda ketahui zat cair ataupun gas akan selalu mengalir ke area dengan tekanan lebih rendah. Proses yang terjadi didalam karburator pun demikian, bensin bisa masuk ke intake manifold karena tekanan didalam intake manifold lebih kecil dari pada didalam ruang penampung bensin didalam karburator.

Sekarang pertanyaannya, mengapa tekanan didalam intake lebih rendah? Apakah tekanan bensin didalam ruang penampung bensin didalam karburatir ditingkatkan? Ternyata tidak, perbedaan tekanan ini terjadi secara alami.

Kalau anda pernah membaca prinsip sayap pesawat terbang maka ini mungkin agak sama. Didalam ada hukum Bernoulli yang menyatakan tekanan dari fluida seperti udara berkurang, apabila udara tersebut bergerak lebih cepat.

Didalam intake manifold ada udara yang mengalir kedalam ruang silinder mesin dengan kecepatan yang bervariasi (tergantung pembukaan gas). Tentu saja, berdasarkan hukum Bernoulli, maka tekanan udara didalam intake manifold akan mengalami penurunan. Sehingga, meski didalam ruang penampung bensin itu sama tekanannya dengan tekanan atmosfer, bensin tetap akan keluar.

Perbedaan tekanan ini, juga akan semakin besar apabila aliran udara didalam intake itu semakin cepat. Sehingga, ketika mesin digas pada RPM tinggi, otomatis aliran udara didalam intake cepat, tekanan didalam intake semakin turun, dan bensin yang tersedot karena perbedaan tekanan itu akan semakin banyak.

Jenis Jenis Karburator

Secara umum, hanya ada dua jenis karburator yaitu ;

Tipe fixed venturi

Tipe yang pertama sesuai namanya, memiliki lebar venturi yang tetap (fixed=tetap). Karburator ini banyak digunakan pada mesin berkapasitas besar (diatas 1000 cc) seperti pada mobil dan sebagian digunakan juga pada motor. Tipe fixed venturi, memerlukan sebuah katup gas dibawah venturi untuk mengatur kecepatan aliran udara yang melewati venturi untuk mengatur RPM mesin.

Tipe variable venturi

Merupakan tipe karburator dengan ukuran venturi yang dapat berubah, berbeda dengan tipe pertama tipe variable venturi ini tidak menggunakan katup gas. Namun, pengaturan kecepatan aliran udara dilakukan langsung oleh venturi dan ada satu tambahan komponen bernama jarum skep.

Saat posisi mesin tidak digas, maka lebar venturi sangat kecil dan jarum skep karen bentuknya tirus (diameter pangkal lebih besar) otomatis akan menutup saluran pilot jet, sehingga bensin tidak keluar dari pilot jet melainkan dari idle jet.

Saat digas, lebar venturi semakin besar dan jarum skep terangkat sehingga pilot jet terbuka. Ini akan menyebabkan aliran udara semakin cepat ditambah bensin bisa keluar dari pilot jet sehingga RPM mesin bisa naik.

Cara Menyetel Karburator Mio Agar Irit

Pada dasarnya menyetel atau menyeting karburator pada suatu kendaraan motor itu sangatlah mudah, dan bahkan hal tersebut bisa dilakukan oleh setiap orang.

Namun apabila kalian menyetel karburator motor secara asal-asalan, maka hal tersebut akan menyebabkan performa motor kalian menjadi tidak stabil bahkan motor kalian akan menjadi brebet.

Kemudian apabila pada saat kalian menyetel karburator tersebut penerapannya tidak benar, maka hal tersebut akan berakibat bensin pada motor kalian akan menjadi sangat boros, dan juga motor akan menjadi ngempos seperti tidak bertenaga.

Maka dalam melakukan penyetelan pada sebuah karburator sangat diperlukan ketelitian dan keahlian agar bisa membuat performa motor menjadi kencang dan bertenaga namun bensin tetap irit.

Lantas bagai cara melakukan penyetelan agar lebih meningkatkan kinerja mesin, namun bensin masih tetap irit?

Nah di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara menyetel karburator yang baik dan benar yang dapat sobat sekalian pahami, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Menyetel Karburator Pada Saat Mesin Dingin

Nah dalam hal ini bisa dilakukan pada saat kondisi mesin sedang dalam keadaan dingin, yang dianggap merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan pengaturan pada setelan angin karburator.

Nah waktu yang sangat pas tersebut adalah pada saat pagihari, mengapa demikian? karena pada saat pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menyetel mesin motor yang masih dalam kondisi dingin.

Diputar rendah ataupun pada saat pemanasan suara mesin agar tidak mbrebet.

Masalah seperti itu, seringkali dijumpai pula pada sepeda motor jaman sekarang. Tidak ada ada motor yang pada saat kondisi mesin dingin suara mesinnya tidak brebet.

  • Langkah pertama ialah hidupkan motor anda terlebih dahulu, lalu kemudian putar juga pengaturan stasioner hingga sampai mesin sudah terasa seperti brebet
  • Berikutnya putar kearah kanan pada pengaturan setelan angin pada karburator hingga sampai mesin terasa seperti ingin mati.
  • Selanjutnya pengaturan di putar lagi kearah kiri hingga suara mesin menjadi seperti semakian mengkat atau seperti mesin terasa tidak ngebrebet lagi
  • Selanjutnya rendahkan lagi pengaturan putaran stationer hingga mencapai mencapai seperti suara mesin yang anda inginkan/terdengar stabil. Namun jangan sampai berlebihan
  • Sebab apabila diputar dengan berlebihan maka pada saat mengatur karburator dalam keadaan mesin dingin ini merupakan sebuah upaya agar bisa menghilangkan brebet pada saat motor dihidupkan kembali keesokan harinya.
  • Namun yang menjadi kekurangnnya ialah pada ketika mesin motor dalam kondisi panas, maka bisa dipastikan putaran mesin akan menjadi semakin meningkat /tinggi.
  • Kemudian dalam keadaan mesin panas biasanya kerap dimanfaatkan oleh para mekanik guna memperoleh hasil signifikan. Sebab yang menjadi kuncinya ialah pada saat mesin dalam putaran tertinggi.

Menyetel Karburator Pada Saat Mesin Panas

  • Langkah pertama ialah putar pengaturan stationer hingga mencapai putaran mesin yang paling tinggi.
  • Kemudian putar ke arah kana pengaturan angin pada karburator ke hingga sampai mesin terasa seperti mau mati.
  • Kemudian putar lagi ke arah kiri pengaturan angin pada karburator sampai mesin dirasa sudah tidak brebet lagi bersamaan dengan memutar seperti mesin terasa tidak terhambat.
  • Setelah langkah diatas, maka selanjutnya putar kembali pengaturan tersebutapabila mesin sudah berjalan.
  • Adapun keutamaan melakukan penyetelan atau pengaturan pada saat mesin dalam keadaan panas/berjalan ialah agar dapat mendapatkan kondisi mesin yang prima dan cara ini merupakan cara yang paling mudah jika dibandingkan melakukan pengaturan pada saat mesin dalam kondisi dingin.
  • Namun yang menjadi kelemahan/ kekurangannya ialah jika pengaturan stationer terlalu rendah maka hal tersebut akan menyebabkan pada keesokanya harinya pada cuaca yang dingin akan sedikit kesulitan untuk stationer. Maka oleh sebab itu pada saat mesin motor dalam kondisi dingin, maka pembakarannya belum sepenuhnya bercampur dengan bensin.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menyetel Karburator Mio Agar Irit semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂