Cara Mengubah Kelistrikan Honda Win Jadi 12 Volt

Posted on

Cara Mengubah Kelistrikan Honda Win Jadi 12 Volt – Sistem kelistrikan motor memegang peranan sangat penting, karena sistem ini bertugas untuk menyediakan arus listrik di motor. Penyediaan arus listrik bertujuan untuk membantu proses pembakaran bahan bakar serta menggerakkan alat pendukung yang berada di sepeda motor. Oleh karena itu sistem kelistrikan sangat penting.

Untuk kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mengubah kelistrikan di motor Honda win jadi 12 volt. Salah satu alasan merubah tegangan kelistrikan di Honda win jadi 12 volt, karena kelistrikan asli Honda win hanya 6 volt.

Nah akibatnya sinar lampu utama Honda win menjadi kurang terang, dan sementara untuk alasan lainnya karena sekarang ini susah mencari bohlam lampu 6 volt. Kalau begitu langsung saja simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengubah Kelistrikan Honda Win 6 Volt Jadi 12 Volt

Yang pertama dibutuhkan untuk merubah kelistrikan honda win 6 Volt adalah menyiapkan part kelistrikan motor yang sudah 12 Volt. Apa saja part yang dibutukan? Simak penjelasan berikut ini :

  • Spul lampu motor, yang kelistrikannya sudah 12 Volt seperti miliknya honda astrea prima / honda grand. Jika susah mencari spul tersebut atau bahkan tidak ada maka spul bawaan honda win bisa kalian spul ulang. Untuk spul pengapian, sebenarnya ini tidak begitu di perlukan, tetapi jika sudah di bongkar lebih baik lagi untuk di ganti sekalian agar lebih mantap.

  • Siapkan lampu – lampu 12 Volt seperti : lampu depan, lampu kota dan flasher juga perlu di ganti.
  • Kiprok dan soket 4 pin, untuk kiprok dan soketnya bisa menggunakan miliknya honda grand, jupiter atau vario lama, pada artikel kali ini sebagai contoh digunakan kiprok honda grand.
  • Terakhir Baterai (Aki) 12 Volt dapat digunakan miliknya kharisma. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah ready, selanjutnya tinggal preteli dan diganti part – partnya.

Langkah Cara Mengubah Kelistrikan Honda Win Jadi 12 Volt

Adapun langkah cara mengubah kelistrikan Honda win jadi 12 Volt diantaranya yaitu:

  • Lepas crankcase cover mesin (cover magnet) sebelah kiri.
  • Lepas magnet (karena spul terdapat di belakang magnet).
  • Setelah magnet dilepas akan terlihat spul honda win ini.
  • Ganti dengan spul yang sudah di siapkan tadi.
  • Pasang kembali sesuai urutan nya. Jangan sampai ada yang terbalik.

Tahap Pemasangan Kiprok Honda Grand Ke Honda Win

Soket kiprok di honda win asli hanya ada 3 kabel, tiga kabel tersebut secara fungsi sama dengan motor honda grand / supra series. Hanya saja untuk kabel massa (kabel warna hijau) di soket kiprok honda win tidak ada.

Karena tidak menggunakan kabel massa, maka untuk massanya langsung diikutkan dengan cover kiprok, itulah alasannya mengapa di kiprok asli honda win hanya ada tiga kabel (tidak ada kabel massa).

Soket Kiprok Honda Grand

Keterangan :

  • Merah : Baterai / Aki 12 Volt.
  • Kuning : Arus penerangan dari spul.
  • Putih : Arus pengisian dari spul.
  • Hijau : Massa / body (-).

Merah, Sambungkan pin 1 ke kabel warna merah dari aki.

Kuning, kuning di pin kiprok 2 sambungkan kabel kuning dari spul.

Putih, adalah kabel arus pengisian dari spul.

Hijau, Sambungkan ke massa / body.

Setelah kiprok terpasang motornya jangan dihidupkan dulu. Tetapi ganti lampu – lampu bawaan motor yang terpasang dengan lampu 12 Volt terlebih dahulu. Setelah itu baru coba hidupkan motor.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengubah Kelistrikan Honda Win Jadi 12 Volt semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :  Bohlam Motor - Ganti Dengan Bohlam Mobil