Cara Menghitung Cc Motor Bore Up Dan Stroke Up

Posted on

Cara Menghitung Cc Motor – Dan ketika membeli sepeda motor, tentunya kalian pasti memilih kendaraan dengan cc yang sesuai kebutuhan. Jika mau irit, cari motor cc kecil. Dan sementara untuk performa mantap cari besar.

Jadi Ini – Cara Menghitung Cc Motor Bore Up Dan Stroke Up

Menariknya di dalam duni modifikasi, motor cc kecil bisa disulap jadi cc besar. Cara naik cc dapat dilakukan dengan dua yakni bore up dan stroke up. Lantas kalau hal tersebut sudah dilakukan, jadi berapakah cc motor kalian ??

Nah untuk menjawabnya, kami buatkan ulasan cara menghitung cc motor sesuai kebutuhan sebagai berikut:

Cara Menghitung Cc Dari Motor

Sebelum menghitung cc dari kendaraan bermotor, ada baiknya untuk mengenal kapasitas mesin terlebih dahulu. Kapasitas mesin ialah kemampuan mesin untuk menampung bahan bakar dalam sekali waktu.

Kalau bahan bakar yang ditampung besar, energi yang dihasilkan dari kendaraan pasti besar pula. Dan sebagai contohnya, All New NMax 2020, skutik ini memiliki kepasitas mesin sebesar 155 cc.

Apakah benar kendaraan ini memiliki kapasitas mesin sebesar itu ?? jangan-jangan Yamaha cuma melakukan klaim ? untuk mengetahuinya mari kita coba hitung.

Bentuk silinder dari mesin ialah tabung, cara menghitung kapasitasnya bisa dilakukan menggunakan rumus volume dari tabung seperti dibawah ini.

Baca Juga :  √ Ternyata Jadi Ini, Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Rumus Menghitung CC Motor “Rumus Volume Tabung”

Volume = Volume = π x r x r x t

  • π atau phi memiliki nilai 22/7 atau 3.14.
  • r merupakan jari-jari silinder (setengah dari diameter).
  • t merupakan tinggi langkah atau stroke.

Kalau contoh kasusnya mesin Nmax. Maka menurut situs resmi dari Yamaha, All New NMax 2020 memiliki ukuran tabung 58mm x 58.7mm (diameter x langkah).

Dari sini kita bisa menghitung jari-jari atau r menjadi 29 mm “setengah diameter”, lalu langkah atau t yakni 58.7 mm. Hasil akhir akan dibagi dengan 1.000, maka ditemukanlah cc.

Jadi volume atau kapasitas mesin All New NMax 2020 ialah π x 29 x 29 x 58.7 = 155090 atau 155 cc. Dari sini, terlihat dengan jelas kalau kapasitas mesin yang ditawarkan sesuai.

Menghitung Bore Up Kendaraan Yang Mempengaruhi Cc

Bore up ialah menaikkan kapasitas mesin dengan menambah ukuran dari diameter. Kalau diameter dari kendaraan pada contoh sebelumnya 58 mm, bisa diubah menjadi 60 mm. Alhasil cc baru yang akan didapat kita bisa hitung pakai rumus lagi.

Maka π x 30 x 30 x 58.7 = 165970, kalau dibulatkan ke cc menjadi 166 cc. Semakin tinggi kapasitas mesin, semakin besar pula daya yang akan didapatkan. Kendaraan yang mendapatkan bore up, umumnya digunakan untuk balapan.

Terlebih untuk ajang adu pacu dengan kebutuhan putaran mesin yang tinggi. Secara sederhana, bore up mampu meningkatkan tenaga mesin. Lalu untuk menaikkan torsi mesin, bisa dipakai stroke up.

Stroke Up Kendaraan Dan Penghitungan Cc

Stroke up dilakukan dengan memanjangkan bagian stroke atau langkah dari silinder. Konsep dari pemanjangan ini sama membuat kapasitas mesin naik. Sebagai contohnya All New NMax yang diubah langkah atau stroke-nya jadi 60 mm. Hitungan kapasitas mesin jadi π x 29 x 29 x 60 = 158524 atau dibulatkan 159 cc.

Baca Juga :  Naik Stroke Tanpa Merusak Kruk-As,, Pada Sepeda Motor

Mesin yang diubah dengan cara stroke up, lebih ditujukan buat naik torsi. Kendaraan punya akselerasi yang lebih menjambak di awal selongsong gas diputar. Oleh karena itu perutukannya lebih cocok untuk balapan jarak dekat atau drag race. Kalau mau balapan jarak jauh maka bore up lebih pas.

Perawatan Motor Yang Sudah Di Bore Up Dan Stroke Up

Dari ulasan diatas mungkin kalian bertanya sebenarnya perlukah bore up atau stroke up untuk kendaraan kalian. Dan jawabannya tergantung dengan fungsi dari kendaraan.

Kalau kendaraan hanya dipakai untuk pergi dan pulang kerja, penambahan kapasitas mesin tidak perlu dilakukan. Jika digunakan sebagai kendaraan balap mungkin bisa dilakukan asal tidak berlebihan.

Namun yang terpenting dari itu semua, kalian harus rajin untuk melakukan pengecekan secara berkala kondisi mesin. Lakukan servis rutin, supaya mesin selalu dalam kondisi prima.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghitung Cc Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂