Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap

Posted on

Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap – Nah kalian pasti sudah tidak asing dengan kebijakan jalur ganjil genap bagi sebuah kendaraan seperti motor bukan ?? kebijakan ini sempat ramai diberitakan dan telah diterapkan di wilayah Ibukota DKI Jakarta.

Perlu Diketahui – Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap

Mulanya kebijakan ini hanya diberlakukan di daerah-daerah tertentu yang memiliki titik kemacetan terparah saja. Tetapi beberapa waktu yang lalu, kebijakan ini mengalami perluasan. Kebijakan jalur ganjil genap ini ialah kebijakan dimana membatasi jumlah kendaraan berdasarkan nomor plat kendaraan bermotor berdasarkan tanggal genap atau ganjil.

Kebijakan ini sendiri dibagi menjadi waktu tertentu yakni saat pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan juga pada pukul 16.00 hingga 20.00 WIB. Bagi kendaraan yang berlainan jenis nomor platnya, mereka harus mencari jalan lain yang tidak menerapkan kebijakan ini. Dan juga bagi pengendara yang nekat melanggar akan mendapatkan sanksi tilang.

Dengan adanya kebijakan jakur ganjil genap ini, banyak masyarakat terutama yang belum terlalu mengenal rute lain selain yang biasa mereka lalui akan kebingungan. Karena seperti yang kita ketahui, tidak semua masyarakat memiliki kendaraan lebih dari dua unit. Bahkan dua unit itu juga kecil kemungkinan memiliki plat nomor yang ganjil dan genap kan ??

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, ada cara yang bisa kalian lakukan untuk menghindari jalur ganjil genap ini. Dan salah satunya ialah dengan memanfaatkan dua aplikasi yang berguna sebagai penunjuk jalan yakni Google Maps dan Waze. Kalian sudah tidak asing dengan kedua aplikasi ini, bukan ?? setidaknya kalian sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Penyebab Ban Belakang Motor Seret

Penggunaan Google Maps dan Waze untuk menentukan atau mengarahkan kalian menuju jalan yang tidak menerapkan kebijakan jalur ganjil genap mungkin sedikit berbeda. Nah berikut ialah cara untuk mengubah pengaturan pada aplikasi Google Maps atau Waze.

Google Maps

Google maps merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan dapat di akses baik melalui laptop maupun smartphone. Untuk dapat menghindari jalur ganjil genap bagi kalian yang menggunakan Google Maps, kalian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Google Maps dalam ponsel kalian.
  • Terlebih dahulu masukan lokasi yang hendak kalian tuju.
  • Pilihlah navigasi khusus untuk mobil.
  • Setelah selesai menentukan tujuan dan navigasi untuk mobil, pilih menu “setting” atau symbol titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih “route options”.
  • Kemudian akan muncul menu pilihan dari opsi rute yang ada dalam aplikasi Google Maps. Sesuaikan pilihan kalian berdasarkan nomor plat kendaraan bermotor kalian. Jika plat nomor kalian ganjil maka pilih “Odd Plate” sedangkan jika plat nomor genap maka pilih “Even Plate”.
  • Untuk berjaga-jaga, kalian bisa juga memilih semua menu yang ada di bawah menu itu yakni avoid highways, avoid tolls, avoid ferries. Karena saat ini kebijakan ganjil genap juga telah berlaku di jalan tol.
  • Setelah selesai, klik tombol “Done”.

Waze

Sedangkan bagi kalian pengguna aplikasi Waze, kalian tidak perlu cemas ataupun khawatir. Kalian juga bisa menghindari jalur ganjil genap menggunakan aplikasi ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Waze dalam ponsel kalian.
  • Pilih tanda search yang ada di bagian kiri bawah.
  • Klik tombol “Setting” di bagian kiri atas lalu pilih “Navigation”. Lakukan langkah ini terlebih dahulu sebelum kalian memasukan alamat tujuan kalian.
  • Kemudian pilih menu “Vehicle Type”. Dari menu tersebut, kalian akan mendapat tiga pilihan jenis transportasi yaitu private (mobil), motor dan taxi. Kalian bisa memilih “Private”.
  • Ubahlah menu avoid toll roads, avoid ferries dan avoid freeways menjadi “enable” (berwarna hijau). Karena saat ini kebijakan ganjil genap juga telah berlaku di jalan tol.
  • Setelah itu klik menu “License plate”. Dari menu ini kalian harus memasukan dua digit belakang nomor plat kendaraan kalian.
  • Aplikasi Waze Anda akan secara otomatis menyesuaikan rute perjalanan kalian untuk menghindari jalur ganjil genap.
  • Kini kalian bisa menikmati rute perjalanan menuju tujuan kalian dengan rute yang disediakan oleh aplikasi.
Baca Juga :  √ 6 Cara Membuat Karbu Vakum Lebih Responsif,,, Yuk Simak

Nah beberapa informasi diatas diharapkan dapat membantu kalian dalam berkendara pada jalur ganjil genap. Yang terpenting ialah kita harus selalu menaati peraturan lalu lintas yang sudah diterapkan oleh pemerintah dan selalu menjaga kecepatan berkendara agar tidak menyebabkan kecelakaan yang tentunya tidak kita harapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghindari Jalur Ganjil Genap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂