12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

Posted on

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor – Dalam hal ini wajar bila kalian hampir tidak akan menjumpai masalah apa pun pada motor yang tergolong baru saja dibeli. Namun setelah digunakan selama beberapa waktu, kualitas motor biasanya akan menurun.

Sejumlah masalah terjadi pada motor, mulai dari perubahan pada performa mesin sampai perubahan pada bodi motor. Salah satu yang rentan terjadi ialah berkaratnya besi motor terutama knalpot.

Adanya karat pada bodi kendaraan tentu sangat mengganggu penampilan. Motor terlihat seperti kurang kinclong dan tidak terawat. Selain itu, karat juga lama-kelamaan dapat merusak besi motor.

12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

Karena itu sangat penting untuk mencari cara supaya karat pada motor dapat diatasi, bahkan dicegah adapun seperti baut/mur yang sudah karat bisa juga kalian coba dengan Cara Membuka Baut/Mur Yang Macet/Keras Karena Karat. Pasalnya karat ini tidak mempan jika hanya dibersihkan dengan air.

Nah apa tindakan yang kira-kira bisa kalian lakukan untuk itu ?? Semoga ulasan mengenai cara menghilangkan karat pada besi motor,, berikut ini dapat membantu kalian tanpa harus ke bengkel,, yuk simak selengkapnya dibawah:

Dengan Menggunakan Oli Bekas

Jika oli motor baru diganti yang lama jangan langsung dibuang. Oli bekas ternyata masih berguna, lo! Kalian dapat memakainya untuk menghilangkan karat yang terdapat pada besi motor.

Caranya ialah dengan mengoleskan oli tersebut secara merata pada besi motor yang memiliki karat. Biasanya masalah ini terjadi pada bagian knalpot seperti pipa dan leher knalpot. Setelah knalpot diolesi oli, sebaiknya nyalakan mesin motor dan biarkan panas selama beberapa menit.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Karena suhu yang panas, oli akan langsung bereaksi dan melunturkan karat pada knalpot. Ternyata bukan hanya bagian luar knalpot saja yang bisa dibersihkan dengan oli bekas. Kalian juga dapat memasukkan oli bekas secukupnya ke dalam lubang knalpot. Tidak perlu khawatir jika asap akan keluar dari lubang knalpot karena suhu panas.

Dengan Menggunakan Stempet Atau Gemuk

Dan salah satu cara menghilangkan karat pada besi motor ialah dengan menggunakan stempet atau gemuk. Stempet ialah cairan yang sangat kental seperti gel dan bersifat licin. Dan bagi yang senang mengutak-atik kendaraan, stempet tidak asing lagi karena sering digunakan untuk melumasi suku cadang motor.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Stempet yang juga bersifat lengket membuatnya lebih lama menempel pada bagian yang dilumasi dibandingkan oli. Biasanya stempet digunakan untuk mencegah karat pada bagian rangka motor yang tidak sempat dicat ulang.

Stempet bisa juga diaplikasikan pada rangka motor yang catnya sudah rusak karena gesekan dengan bodi atau jok. Namun perlu diketahui bahwa stempet sangat mudah menangkap kotoran karena sifatnya yang lengket. Jadi kalian sebaiknya tidak menggunakan stempet pada rantai motor karena dapat memperpendek usia rantai.

Dengan Menggunakan Pertamax Plus

Yang berikutnya kalian juga dapat menggunakan Pertamax Plus untuk membersihkan karat pada besi motor. Caranya campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan skala 1:2. Setelah itu oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat gigi. Karat pun dijamin akan langsung bersih.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Dengan Menggunakan Pembersih Keramik

Ingin opsi lainnya ?? kalian dapat menggunakan pembersih keramik merek apa pun untuk mengghilangkan karat pada motor. Caranya ialah dengan mengoleskan pembersih keramik tersebut pada bagian motor yang sudah berkarat terutama knalpot.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Lalu diamkan sejenak, setelah itu gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian yang berkarat hingga hilang. Akan tetapi kalian perlu tahu kalau pembersih keramik juga dapat berakibat buruk terhadap blok mesin motor. Karena itu sebaiknya hindari menggunakan cairan ini pada bagian tersebut.

Dengan Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi, tetapi juga knalpot motor yang dilapisi krom. Pasta gigi disebut dapat membersihkan karat yang menempel pada bagian motor.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Caranya sangat mudah yakni dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian yang ingin dibersihkan. Tunggu selama beberapa saat lalu gosok dengan kain lap. Lakukan cara ini beberapa kali hingga hasilnya terlihat.

Bersihkan dengan hati-hati. Ternyata ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan bagian motor dari karat. Namun jangan lupa untuk tetap berhati-hati menggunakan material apa pun karena ada risiko yang membuat motor justru menjadi semakin rusak.

Cara menggosok karat pun harus dengan ringan dan halus supaya tidak menggersu permukaan motor dan menjadikannya kurang enak dipandang. Apabila kalian telah menyelesaikan proses menghilangkan karat pada besi motor dengan bahan-bahan ini.

Sebaiknya bersihkan kembali motor dengan air. Hal ini dilakukan guna menghindari risiko kontaminasi material yang mungkin dapat merusak komponen motor secara permanen.

Gunakan Cuka Untuk Membersihkan Karat pada Besi Motor

Selain pasta gigi, bahan rumahan lainnya yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan karat pada besi motor adalah cuka. Kamu bisa menggunakan jenis cuka yang tersedia di rumah, baik cuka putih maupun cuka apel. Kandungan asam yang cukup tinggi pada cuka ternyata ampuh untuk menghilangkan karat besi khususnya pada bagian-bagian kecil seperti baut dan sejenisnya.

Cara menghilangkan karat pada besi motor menggunakan cuka ini cukup mudah. Kamu cukup merendam bagian-bagian kecil pada motor yang berkarat seperti baut selama semalaman agar karat hilang sempurna. Setelah itu, gosok menggunakan sikat untuk menghilangkan sisa-sisa karat yang masih menempel. Selain digunakan untuk menghilangkan karat pada motor, cuka juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karat pada besi tas agar terlihat baru kembali.

Menggunakan Bubuk Deterjen

Bubuk deterjen selain dapat untuk menghilangkan noda pada pakaian, juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada besi motor. Cara ini pun tidak ada salahnya untuk dicoba mengingat bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu pun cara mengaplikasikannya tidaklah sulit.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan area besi berkarat tersebut. Gunanya untuk mengetahui bagian mana saja yang benar-benar harus dibersihkan secara ekstra. Lalu setelah bersih, maka oleskan detergen yang sudah dicampur dengan sedikit air. Selanjutnya adalah gosok-gosok area tersebut hingga bisa perlahan menghilang. Tipsnya adalah untuk mencoba cara ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Air Cola Ampuh untuk Membersihkan Karat pada Besi

Air cola ternyata tidak hanya enak untuk diminum saja, akan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karat pada besi motor. Cairan bersoda ini sangat ampuh untuk mengangkat karat pada permukaan besi. Harganya yang murah dan mudah didapatkan di mana saja membuat bahan ini menjadi salah satu bahan paling favorit untuk membersihkan karat besi.

Cara menghilangkan karat pada besi motor menggunakan cola tidaklah sulit. Kamu cukup membasahi bagian yang berkarat menggunakan air cola kemudian diamkan sebentar sebelum menggosoknya. Jika bagian yang berkarat dapat dicopot seperti baut, kamu juga bisa merendamnya beberapa saat agar hasilnya lebih maksimal.

Setelah karat hilang, jangan lupa bersihkan bagian tersebut menggunakan air dan lap kering  agar karat tidak timbul kembali. Selain untuk motor, air cola juga kerap digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada pagar besi karena murah dan mudah ditemukan. Air cola juga cukup efektif untuk mengatasi korosi pada besi.

Pakai Baking Soda untuk Membersihkan Karat pada Besi Motor

Sama seperti air soda, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Cara membersihkan karat besi menggunakan baking soda ini juga tidak kalah mudah dengan menggunakan air cola. Selain digunakan untuk menghilangkan karat pada bodi motor, baking soda juga biasa digunakan untuk membersihkan karat pada knalpot.

Cara menghilangkan karat pada besi motor menggunakan baking soda cukup simple. Agar hasil lebih maksimal, campurkan baking soda dengan air perasan jeruk nipis. Selanjutnya oleskan campuran tersebut ke permukaan besi yang berkarat dan diamkan beberapa saat sebelum menggosok agar bersih. Cara ini hampir mirip dengan cara menghilangkan karat pada besi menggunakan pasta gigi namun hasilnya bisa lebih maksimal jika dicampur dengan air jeruk nipis. Selain ampuh membersihkan karat, baking soda juga bisa mencegah korosi pada besi.

Menghilangkan Karat pada Besi Motor dengan Mudah Menggunakan Rust Remover

Rust remover merupakan produk pembersih yang biasanya digunakan untuk membersihkan kerak air dan karat besi. Produk ini cukup efektif untuk membersihkan permukaan berbagai jenis bahan seperti metal, besi hingga stainless steel. Bahan ini cukup ampuh sebagai cara menghilangkan karat pada besi motor bahkan yang membandel sekalipun.

Untuk mengaplikasikan rust remover caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut pada permukaan besi yang berkarat. Selanjutnya diamkan selama satu menit kemudian gosok menggunakan lap halus. Jangan lupa keringkan menggunakan lap microfiber agar benar-benar kering dan tidak menyebabkan timbulnya karat kembali.

Selain bisa digunakan pada permukaan besi yang berkarat, rust remover juga bisa dimanfaatkan untuk cara menghilangkan karat pada besi chrome. Perlu kamu ketahui cairan rust remover ini cukup berbahaya sehingga pastikan jauh dari jangkauan anak-anak saat digunakan. Agar lebih aman, gunakan sarung tangan sangat mengaplikasikan rust remover pada permukaan besi yang berkarat.

Bubuk Asam Sitrat Bisa Digunakan untuk Membersihkan Karat

Bahan dapur lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada besi motor adalah asam sitrat. Bahan ini memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga mampu membersihkan karat pada besi dengan lebih mudah. Jadi tidak heran jika asam sitrat banyak dipilih sebagai cara menghilangkan karat pada besi motor.

Untuk membersihkan karat, cukup campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat secukupnya. Selanjutnya rendam bagian besi motor yang berkarat menggunakan cairan tersebut dan diamkan beberapa saat sampai karat menghilang. Jika tidak bisa direndam, kamu juga bisa menyemprotkan campuran asam sitrat tersebut kemudian gosok menggunakan lap atau sikat yang halus untuk menghilangkan karat pada besi motor. Asam sitrat ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karat pada besi motor secara alami tanpa perlu menggunakan bahan berbahaya.

Hilangkan Karat pada Besi Motor dengan Amplas

Amplas biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan benda yang kasar agar lebih halus seperti kayu atau besi. Selain itu, amplas ternyata juga dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada permukaan besi motor, termasuk bagian velg. Cara ini cukup banyak digunakan karena praktis tanpa menggunakan bahan tambahan apapun.

Cara menghilangkan karat menggunakan amplas juga sangat mudah. Pertama pastikan permukaan yang akan diamplas bersih dari kotoran dan debu. Selanjutnya gosokkan amplas pada permukaan besi motor yang berkarat. Gosok secara perlahan agar tidak merusak permukaan bodi motor. Perlu kamu tahu, amplas ini bisa mengikis permukaan besi sehingga tidak boleh digunakan untuk menghilangkan karat pada rangka motor terlalu sering karena bisa berpengaruh terhadap kekuatan rangka kendaraan.

Untuk jenis karat yang sudah cukup tebal dan membandel, kamu bisa menggunakan amplas yang memiliki permukaan sedikit kasar. Akan tetapi jika karat yang muncul pada besi motor hanya sedikit, ada baiknya gunakan amplas dengan permukaan yang lebih halus sebagai cara menghilangkan karat pada motor ini.

Karat merupakan salah satu masalah yang kerap pada permukaan benda berbahan dasar besi. Tidak hanya pada motor, karat juga bisa muncul pada permukaan pagar, sepeda hingga mobil. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi keberadaan karat ini tidak boleh disepelekan. Jika dibiarkan tanpa ada usaha mengatasinya baik menggunakan cairan pembersih atau menggunakan cara alami untuk menghilangkan seperti garam, karat bisa semakin parah dan menyebabkan korosi.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan karat pada besi motor yang bisa digunakan baik secara alami maupun menggunakan cairan khusus. Akan tetapi akan lebih aman jika menggunakan bahan alami. Selain karena lebih mudah ditemukan, bahan-bahan alami juga mudah ditemukan dan tidak menimbulkan efek pada bodi motor.

Selain di permukaan body motor, karat juga bisa muncul di dalam mesin motor. Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi mesin yang kotor dan jarang dilakukan service. Jika dibiarkan karat pada mesin motor bisa mengganggu performa kendaraan.

Cara menghilangkan karat sebenarnya sangat beragam tergantung dari penyebab dan dimana karat itu muncul. Oleh sebab itulah, kamu harus menggunakan bahan pembersih karat yang memang sesuai dengan kegunaannya agar tidak merusak permukaan benda tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂