Cara Menghilangkan Bau Pada Helm

Posted on

Cara Menghilangkan Bau Pada Helm – Dalam hal ini salah satu peraturan wajib yang harus dipatuhi oleh semua pengendara sepeda motor dijalan raya ialah dengan mengenakan helm. Seperti kita ketahui, hal tersebut dikarenakan helm menjadi pelindung kepala ketika terjadi benturan.

Helm merupakan menjadi alat keselamatan yang wajib digunakan pengendara sepeda motor, helm harus selalu nyaman dan bersih.

Sering terkena debu dan basa di musim penghujan, hel bisa saja mengeluarkan bau tak sedap. Hal itu tentu saja mengganggu pemiliknya.

Kenali Penyebab Helm Bau

Bau pada helm disebabkan berbagai hal, penyebab pertama ialah bagian dalam atau spon helm tidak kering secara maksimal setelah basah karena sesuatu, hujan contohnya.

Dengan kondisi seperti itu, maka furing serta spon yang tidak kering tersebut menjadi lembab dan memunculkan bakteri yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

Penyebab kedua ialah dikarenakan keringat dan bau rambut penggunanya. Tidak semua orang aware atau peduli dengan kesehatan kulit kepala dan juga rambut.

Oleh karenanya terkadang ada seseorang yang memiliki rambut bau, dan ketika orang yang bersangkutan mengenakan helm, maka secara otomatis terjadi bau yang akan langsung terperangkap di dalam helm.

Cara Menghilangkan Bau Pada Helm

Nah untuk menghilangkan bau tak sedap, berikut tips yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

Dengan Memberikan Parfum Pada Helm

Cara pertama untuk helm yang baunya masih belum terlalu parah ialah dengan memberikannya cairan pewangi beralkohol rendah. Agar tidak repot, pemilik kendaraan juga bisa menyemprotkan parfum.

Baca Juga :  Ini Cara Yang Benar Mengisi Dan Mengganti Air Radiator Motor

Nakun kadar alkohol yang dipakai tidak boleh terlalu tinggi, karena helm akan bersentuhan dengan rambut. Apabila alkohol belum menguap dan terkena rambut, bisa terjadi reaksi yang bikin rambut rusak.

Cuci Dengan Air Sabun

Apabila bau sudah sangat mengganggu, jangan lupa untuk langsung dicuci dengan air sabun. Tidak lupa sikat lembut helm yang dicuci.

Pakai Kopi

Cara ini bisa digunakan jika kalian belum sempat mencuci helm, namun cara ini hanya bisa menghilangkan bau salama beberapa hari, hal ini dikarenakan bakteri di helmmu belum hilang.

Jangan langsung ditabur pada hlem, gunakan kain kecil untuk membungkus kopi bubuk, lalu tarus semalaman di dalam helm.

Jemur Di Bawah Sinar Matahari

Menjemurnya dibawah sinar matahari ialah salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah bakteri dalam helm berkembang.

Selain menghilangkan bau pada helm menjemurnya dibawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang, hal ini juga akan membuat helm kembali nyaman ketika digunakan.

Membawa Ke Jasa Cuci Helm

Yang terakhir ialah yang paling mudah, bawa saja ke jasa cuci helm, saat ini usaha cuci helm semakin banyak dan mudah ditemui.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Bau Pada Helm semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂