7 Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless

Cara Menghidupkan Motor PCX – Hal ini tentunya memiliki Honda PCX ialah kebanggaan tersendiri. Karena desian bongsor, teknologi canggih dan harga yang tidak bisa dikatakan murah jadi alasannya.

Untuk soal kecanggihan fitur, Honda PCX 150 bisa dikatakan sebagai motor matik 150 cc yang istimewa. Berbagai teknologi modern disematkan oleh pabrikan berlambang sayap. Mulai dari sistem pencahayaan full LED, panel instrument digital, idling stop system “ISS”, power charger, sampai smartkey atau keyless.

Fitur yang terakhir disebut ialah pengganti kunci konvensional, kalau di sistem konvensional pakai anak kunci. Kini digantikan remote dan kenop pintar. Guna keyless selain memudahkan dalam mengaktifkan mesin motor juga dapat mencegah maling.

Meski banyak sekali manfaatnya hanya saja banyak orang yang belum terlalu pahan mengenai fitur keyless. Bagaimana cara menghidupkan motor PCX pakai keyless? Lalu apakah mesin motor tetap bisa diaktifkan, kalau tiba-tiba remote smartkey hilang?

Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kami akan menjelaskan secara rinci lewat ulasan dibawah ini.

Cara Menghidupkan Motor PCX Ketika Remote Keyless Hilang

Dalam hal ini pertama-tama kami akan membahasa cara menghidupkan motor PCX dalam situasi darurat. Dengan kata lain remote keyless untuk mengaktifkan mesin tiba-tiba hilang, lantas apa yang perlu dilakukan?

Kalau persoalannya seperti ini kalian tidak perlu panik. Ada beberapa langkah yang dapat dicoba. Hanya saja sebelum membeberkan lebih jauh ada baiknya kalian tahu dulu komponen yang ada di sistem keyless Honda PCX 150.

Baca Juga :  Cara Merawat Remote Keyless Motor

Saat beli motor kalian bakal mendapatkan remote, emergency key dan ID Tag. Dan biasanya oleh dealer ketiganya dikaitkan jadi satu. Penting untuk dingat ialah nomor ID tag. Kalau sulit mengingat bisa catat nomornya di smartphone kalian, agar dapat diakses dengan mudah ketika dibutuhkan.

Lalu emergency key juga jangan lupa untuk selalu dibawa ketika bepergian. Pasalnya komponen ini punya fungsinya sangat vital, terlebih saat remote keyless hilang. Setelah kalian paham semua komponennya, nah berikut ini ialah 7 cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless.

Membuka Jok Motor Dengan Emergency Key

Untuk cara menghidupkan motor PCX dalam kondisi darurat, kalian dapat pakai emergency key. Memang tidak langsung bisa mengaktifkan mesin, komponen ini berfungsi untuk membuka jok secara manual.

Mulailah dengan membuka kotak di samping kenop pintar PCX, lalu cocokkan lubang di emergency key dengan titik di kotak tersebut. Lalu putar ke bawah, jika dilakukan secara benar maka jok otomatis terbuka.

Kalau kalian bingung, membuka jok PCX pakai emergency key tidaklah beda dengan membuka pengaman bermagnet di motor Honda yang masih menggunakan kunci konvensional “shuttered key”.

Mencolok EM Connector Warna Biru

Jika jok sudah terbuka cara menghidupkan motor PCX selanjutnya ialah ambil EM Connector di bagasi, letaknya ada di tool kit, ciri kabel ini berwarna biru.

Setelah ketemu, kalian perlu cari socket pasangannya di dekat aki, warna socket tersebut juga biru, sehingga mudah dikenali, kemudian colok EM Connector ke socket tersebut.

Dengan Masukkan Nomor ID Tag

Apabila hal tersebut dilakukan maka kenop pintar Honda PCX 150 bakal menyala, inilah tanda bahwa siap untuk dimasukkan kode nomor sesuai ID Tag.

Baca Juga :  Faktor Tarikan Motor Berat

Dan biasanya ID Tag memiliki sembilan kombinasi angka, bila angka pertama nol, berarti tidak perlu ditekan, tunggu saja sampai lampu kenop pintar berkedip.

Lalu lanjutkan ke angka selanjutnya kalau ditemui nomor tujuh berarti kalian perlu tekan tujuh kali. Tunggu lagi sampai berkedip dan masukkan lagi nomor selanjutnya. Lakukan hal demikian sampai semuanya angka ID Tag terinput.

Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka lampu akan berkedip beberapa kali dan diam stabil.

Dengan Mencabut EM Connector

Hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya cabut EM Connector warna biru dari socket. Lalu simpan lagi di tool kit untuk mencegah komponen itu hilang.

Tutup jik Honda PCX 150 namun kalian tidak bisa turunkan begitu saja. Perlu pakai emergency key dengan menempelkan di kotak samping kenop pintar, caranya kebalikan dengan membuka jok.

Lalu tutup kotak tersebut pakai kovernya, intinya kembalikan semua komponen ke kondisi semula.

Dengan Mengaktifkan Mesin Motor Seperti Biasa

Jika sudah rapih cara mengaktifkan motor PCX tinggal dilakukan seperti biasa. Putar kenop pintar ke posisi ON, kemudian tekan tombol starter, maka mesin otomatis aktif.

Kalian tidak perlu takut, kalau mesin mati ditengah jalan, lantaran untuk mengaktifkannya cukup lakukan cara biasa, tidak perlu repot-repot melakukan lagi langkah darurat seperti yang sudah dijabarkan diatas.

Membawa Ke Bengkel Untuk Membeli Remote Baru

Yang selanjutnya kalian segera bawa motor tersebut ke bengkel resmi Honda supaya bisa dibuatkan remote duplikat. Kalau bengkel resmi member pelayanan yang lama. Dapat pula di coba bengkel-bengkel aftermarket.

Dan untuk harga remote itu sendiri kira-kira Rp 1 juta, kemudian untuk melakukan pairing atau memasukkan ID Tag ke remote, biayanya Rp 100 ribu. Kalau ID Tag juga hilang maka perlu dilakukan reset smart control unit “SCU” yang biasanya mencapai Rp 1,1 juta.

Baca Juga :  Inilah Cara Mudah Mengatasi Sekring Vixion

Pulang Ke Rumah Bila Masih Punya Remote Cadangan

Terakhir yang perlu kalian ketahui, Honda sebenarnya member PCX 150 dua remote. Satu adalah remote untuk dipakai sehari-hari. Remote satu lagi bertugas sebagai cadangan.

Jika remote pertama hilang maka kalian bisa pulang ke rumah untuk mengambil remote cadangan. Hanya saja, hal tersebut kadang tidak mungkin dilakukan. Dan apalagi jarak motor dengan rumah terlampau jauh, misal saat kalian melakukan touring.

Nah catatan lebih baik mencegah remote hilang, caranya dengan selalu menempatkannya di lokasi yang sama. Lalu kalian bisa pula berikan gantungan dengan ukuran besar, agar mudah dikenali dan tidak gampang terselip.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

7 Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote Keyless | Marianto | 4.5
/* */