Cara Mengganti Komstir Motor

Posted on

Cara Mengganti Komstir – Nah bagi kalian yang memiliki kendaraan bermotor memang harus melakukan servis rutin. Dan apalagi jika kendaraan yang kita punya menjadi alat transportasi sehari-hari, entah digunakan untuk bekerja, sekolah atau traveling.

Jika kita melakukan servis rutin maka kita akan lebih tenang, nyaman dan pastinya aman untuk dikendarai setiap harinya.

Meskipun kita servis rutin, motor yang kita punya tentau mempunyai komponen-komponen yang saling bergesekan sehingga memungkinkan kedua komponen tersebut mengalami keausan jika telah kita gunakan cukup lama.

Misalnya bagian bearing pada stang juga salah satu komponen yang saling bergesekan dan mengalami keausan. Jika komponen ini rusak atau aus maka motor akan terasa tidak nyaman.

Fungsi Komstir

Komstir pada motor ternyata punya fungsi yang penting. Pada dasarnya komstir pada as atau batang stir motor punya prinsip yang sama dengan klaher atau bearing pada roda.

Fungsi komstir itu untuk memperingan dan menstabilkan gerak setang setir pada motor. Kalau di roda biasanya ada bearing atau klaher, nah prinsip kerja sama dengan komstir pada batang stir.

Kalau pada roda, bearing atau klaher memperlancar putaran ban. Sedangkan bearing pada komstir melancarkan gerak setang stir. Di dalam komstir terdapat race ball (biasa disebut juga pelor atau gotri) atau ada juga yang berbentuk bearing.

Agar geraknya ringan dan enggak seret, biasanya race ball atau pelor itu diberi grease. Nah pelor atau race ball itu yang kemudian bergerak mengikuti rumah komstir.

Efeknya gerak setang stir pada motor jadi lancar dan enggak seret. Pada setang stir motor, komstir terdapat dua bagian. Ada komstir bagian atas dengan bagian bawah, masing-masing bagian itu terdapat race ball atau pelor lengkap dengan rumah komstir.

Pada komstir bagian atas itu bisa disetel longgar atau kaku untuk mengatur enteng beratnya gerakan setang stir.

Cara Mengganti Komstir

Mengganti komstir atau bearing, jika kalian ingin mengganti komponen ini sendiri maka untuk langkah-langkah simak pemaparan selengkapnya dibawah ini:

Alat dan bahan :

  • Race ball kit
  • Obeng plus, kunci ring 14,balok kayu sebagai pengganjal motor.
  • Obeng min yang bisa dipukul
  • Kunci ring untuk melepas roda dan kaliper rem.

Langkah-Langkah :

Adapun langkah-langkah diantaranya yaitu:

Posisikan motor pada standar tengah dan ganjal pada bagian bawah mesion menggunakan balok kayu sehingga roda depannya mengambang. Buka semua body yang menutupi komstir dengan menggunakan obeng plus, setelah itu lepas roda depan dan kalipernya.

Kemudian buka baut 14 dibawah setang untuk melepas setang, setelah dilepas maka akan terlihat seperti ini:

Setelah itu buka pengunci atas menggunakan obeng min dan di pukul ke arah mengendorkan yakni ke kiri, setelah semua terlepas maka tarik sok depan ke bawah kemudian akan terlihat seperti ini:

Setelah semua terlepas maka langkah selanjutnya yakni mengambil bekas bearing lama dari rangka dengan cara mencongkel dengan obeng min dan dipukul dengan seimbang dan hati-hati dari poros kemudinya.

Setelah semua terlepas, ganti menggunakan bantalan yang baru.

Dan diberi pelumas agar bearing tidak cepat aus dan bekerja dengan baik, secukupnya dengan obeng lalu dipukul ke kanan.

Setelah semua bearing tersusun rapi di dudukannya maka pasang poros kemudi ke rangka motor dengan hati-hati dan susun ring dan mur penyetel pada bagian atas kemudian stel kemudian kencangkan mur pengunci.

Dan terakhir pasang roda, kaliper, setang dan kencangkan semua mur dan bautnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengganti Komstir semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂