Cara Mengganti Aki Vario 125 Dengan Benar

Posted on

Cara Mengganti Aki Vario 125 – Dalam hal ini cara mengganti aki vario 125 memerlukan teknik tersendiri, dan selain karena letak aki vario 125 yang berbeda dengan motor kebanyakan juga memerlukan pengetahuan yang benar saat membuka aki agar tidak terjadi korsleting arus listrik dan tidak merusak body motor.

Nah dalam ulasan kali ini kami akan membagikan kepada kalian tempat aki motor matic Honda ini disertai dengan panduan cara mengganti aki vario 125 dengan benar, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Nah sebelum kalian memulai mengganti aki vario 125, kalian harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan diantaranya yaitu:

  • Obeng Plus
  • Obeng Minus
  • Kunci Y atau Kunci T ukuran 10 mm
  • Kain Lap

Cara Mengganti Aki Vario 125

Adapun cara mengganti aki vario 125 diantaranya yaitu:

Lepas Dua Baut Cover

Untuk letak aki vario 125 berbeda dengan motor matic lainnya yang umumnya berada dibawah jok atau floorboard motor. Insinyur Honda memberikan tempat aki vario 125 berada di bagian motor ini, tepatnya berada di belakang tameng depan.

Untuk membuka aki motor vario 125 ini, maka kalian harus membuka terlebih dahulu dua baut pengunci tameng yang letaknya berada dibawah stang motor. Perhatikan tanda bulatan merah pada gambar dibawah ini:

Congkel Cover Depat Motor

Jika baut telah dibuka, maka langkah selanjutnya ialah dengan membuka tameng depan motor dengan cara mengcongkelnya dengan menggunakan obeng minus yang telah dilapisi kain agar tidak merusak body motor kalian.

Dan sebagai informasi saat membuka bagian ini akan terdengar suara kasar, hal tersebut berasal dari suara gesekan bagian pengunci tameng dan merupakan hal yang normal.

Dan setelah kait pengunci body motor dengan cover motor terlepas, langkah selanjutnya ialah mendorong cover ke atas, ke arah stang motor untuk melepaskan kaitan dengan body motor.

Buka Aki Vario 125

Selesai membuka bagian tameng, selanjutnya ialah membuka aki vario 125 dengan cara melepaskan baut pengunci menggunakan kunci T atau kunci Y ukuran 10 mm, lepaskan baut pada bagian atas dan bawah pengikat aki.

Lepas Kabel Aki

Setelah membuka pengunci aki, maka langkah selanjutnya ialah melepas koneksi kabel aki motor kalian dengan menggunakan obeng plus. Mulailah membuka sambungan kabel Negatif (-) terlebih dahulu baru kemudian membuka sambungan kabel positif (+) untuk menghindari korsleting. Jika kedua sambungan kabel telah terlepas maka kalian bisa mengangkat aki motor varia kalian.

Ganti Aki Vario 125

Letakkan aki vario 125 yang baru pada posisinya, pastikan posisi aki sesuai dengan sambungan kabel positif (+), perlu diperhatikan pada saat pemasangan aki baru, maka sambungkan kabel positif (+) terlebih dahulu baru kemudian menyambungkan kabel negatif (-) dengan alasan untuk menghindari korsleting arus listrik.

Pastikan kalian mengencangkan baut kabel sambungan aki karena jika kendor dapat menyebabkan gangguan arus listrik pada kendaraan kalian.

Kemudian pasang kembali baut besi pengunci aki dengan menggunakan kunci Y atau T ukuran 10 mm pastikan kalian mengencangkannya agar aki tidak bergerak-gerak saat berkendara.

Pasang Kembali Cover Depan

Nah langkah selanjutnya ialah memasang kembali tameng motor ini, pastikan kalian memasukan slot pengunci tameng pada bagian atas terlebih dahulu baru kemudian bagian bawah dan tekan tameng hingga terdengar bunyi klik sebagai tanda telah masuk pada slot pengunci body. Jika sudah maka pasang kembali baut tameng pada bagian bawah stang kemudi motor.

Tes Kelistrikan

Jika sudah  maka nyalakan motor untuk memeriksa kelistrikan motor kalian secara menyeluruh dengan menggunakan starter elektrik dan kemudian memeriksa pencahayaan motor kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengganti Aki Vario 125 semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂