Cara Mengatasi Vixion Brebet

Posted on

Cara Mengatasi Vixion Brebet – Bagi pengguna roda dua (sepeda motor) pastinya sudah tidak asing lagi dengan motor vixion yang satu ini, yang keluaran pabrikan Yamaha ini.

Yamaha vixion merupakan salah satu motor yang mengusung teknologi fuel injection yang tentunya teknologi tersebut yang irit bahan bakar. Dengan mengusung sistem teknologi tersebut maka motor tersebut dapat menjadi solusi untuk saat ini.

Sepeda motor yang mesin F1 atau yang disebut dengan fuel injector memang untuk saat ini sudah dicap mesin yang terbilang irit akan bahan bakar dan memiliki teknologi yang terbilang super canggih hal ini karena mengandalkan sensor-sensor eletronik.

Namun dalam hal ini di kecanggihan dari teknologi tersebut masih terselipkan kendala-kendala dan kelemahan. Lalu seperti apa saja untuk kendala yang sering terjadi pada mesin dengan type Fuel Injector tersebut, Nah untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Nah bagi kalian pecinta sepeda motor, apabila selalu menggunakan motor kesayangan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, pastinya kalian pernah menemukan berbagai masalah pada motor.

Hal tersebut tidak hanya mengganggu kenyamanan dan bahkan bisa jika membuat kalian tidak bisa menggunakan motor tersebut dalam sementara waktu. Jika masalahnya adalah bunyi motor yang mengganggu atau brebet saat digas cari tahu penyebab motor brebet agar bisa segera mengatasinya.

Kerusakan pada motor memang hal biasanya apalagi jika sering kalian gunakan. Akan tetapi ini bukan alasan untuk membiarkan motor brebet terus menerus tanpa mengatasinya. Dengan mengatahui penyebab motor brebet saat digas, kalian bisa menemukan cara memperbaikinya yang sesuai, maka alhasil motor akan kembali seperti sedia kala.

Apa Itu Motor Brebet?

Dalam hal ini motor brebet merupakan salah satu masalah yang tidak bisa kita elakkan. Bagaimanapun juga, kendaraan roda dua ini hampir setiap hari menemani penggunanya beraktivitas. Masalah seperti ini sangat mungkin terjadi jika kalian tidak merawatnya secara intensif.

Komponen terus bergerak dan part bekerja dengan keras selama mesin motor masih hidup, inilah yang menjadi penyebab menurunnya beberapa komponen pada motor.

Lalu apa itu motor brebet? Motor brebet adalah kondisi yang muncul saat motor berjalan dalam keadaan tersendat sendat saat kalian memutar gas lebih dalam.

Dalam keadaan yang lebih parah, mesin motor bahkan mati, alhasil motor akan mogok dan kalian tidak bisa menggunakannya untuk sementara waktu.

Penyebab Motor Brebet Secara Umum

Nah sebagai pengendara, kalian mungkin tertarik mengetahui penyebab motor brebet saat mesin panas atau bahkan saat mesin dalam keadaan dingin. Meskipun ada banyak penyebab motor brebet tapi secara umum ini disebabkan oleh perbandingan komposisi di ruang bakar yang tidak memenuhi standar.

Dengan bahan bakar yang tidak sesuai, pembakaran menjadi kurang sempurna. Agar bisa melakukan perbaikan dengan segera, kalian juga harus tahu penyebab motor brebet lainnya dan bahkan di rpm rendah maupun rpm tinggi.

Dengan Menggunakan Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai

Dalam penggunaan bahan bakar yang tidak tepat bukan perkara ringan. Motor yang menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai akan rentan terhadap berbagai masalah termasuk motor brebet.

Dan bahkan kesalahan satu ini menjadi penyebab umum motor vixion brebet saat digas. Dan banyak pengendara motor yang beranggapan bahwa penggunaan bahan bakar tersebut bisa menghemat uang. Mereka lebih memilih bahan bakar yang tergolong murah.

Dan sayangnya anggapan ini tidak tepat karena justru bisa membuat mereka mengeluarkan uang yang lebih jika sering terjadi masalah pada motor. Yang harus diingat ialah pabrikan setiap sepeda motor sudah menetapkan standar bahan bakar yang disesuaikan dengan rasio kompresi mesin.

Beberapa motor keluaran terbaru bahkan harus menggunakan Pertamax agar kinerjanya lebih optimal dalam hal pembakaran mesin. Jika masih ngeyel dalam penggunaan bahan bakar, maka jangan kaget jika terjadi knocking di mesin yang kemudian mengakibatkan motor brebet.

Bijaklah dalam menggunakan dan merawat kendaraan roda dua milikmu. Akan lebih baik untuk memeriksa buku panduan agar kamu bisa memastikan bahwa bahan bakar yang dipilih memang sesuai untuk kendaraan kalian.

Busi Telah Mengalami Kerusakan

Pernahkah kalian melakukan pengecekan pada bagian busi motor? Busi yang rusak atau Ciri Busi Sekarat menjadi salah satu penyebab mengapa motor brebet saat digas. Busi yang mulai melemah adalah kondisi dimana aliran setrum tidak bisa dikoversi secara sempurna, kemudian menimbulkan lentikan api di ruang bakar motor.

Api yang melemah menjadi pertanda pembakaran yang tidak lagi optimal sehingga menyebabkan motor brebet. Busi yang tidak berada dalam kondisi prima seperti kotor atau terlalu renggang bisa menurunkan optimasi pembakaran di ruang mesin, apalagi jika busi sudah rusak. Agar hal semacam ini tidak terjadi maka pastikan kondisi busi selalu dalam keadaan bagus.

Apabila kamu melihat jelaga hitam, kamu harus mulai membersihkan busi hingga bersih. Setelah itu, barulah busi bisa kamu pasang kembali. Sementara jika ada kerusakan, akan lebih baik untuk segera diganti dengan busi baru. Sebelum dipasang, cek apakah celah busi normal atau terlalu renggang.

Filter Udara Kotor Menjadi Penyebab Motor Brebet

Penyebab motor brebet selanjutnya adalah filter udara yang sudah kotor akibat penggunaan motor yang sudah terlalu lama. Udara yang masuk akan berkurang karena filter tertutupi oleh debu dan kotoran yang menempel.

Selain Cara Membersihkan Filter Udara Motor, penggantian rutin filter juga harus diperhatikan. Sekadar informasi bahwa filter udara pada motor tidak bisa lagi bekerja untuk menyaring udara bersih setelah sekitar dua belas ribu kilometer perjalanan. Jadi, meskipun kamu rajin membersihkannya, ini nampak percuma. Satu-satunya pilihan adalah menggantinya dengan yang baru.

Penggantian filter pada sepeda motor tergantung pada penggunaan motor itu sendiri. Biasanya, motor yang digunakan di area perkotaan akan lebih cepat memerlukan penggantian filter udara.

Tangki Bensin Kemasukan Air

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa motor masih saja brebet padahal kamu rajin mengganti busi dan menggunakan bensin yang sesuai kebutuhan mesin motor. Jika hal ini terjadi, bisa saja air masuk ke tangki bensin.

Air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar dapat menyebabkan pembakaran terganggu. Bagaimana bisa? Air tersebut bisa mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Metode pencucian motor yang tidak tepat dan bensin eceran adalah beberapa penyebab masuknya air ke dalam tangki bensin.

Saat hal ini terjadi, solusi yang tepat adalah dengan Cara Menguras Tangki Bahan Bakar Motor dan kemudian mengganti bahan bakar dengan yang baru. Filter bensin yang terkena air juga harus kamu ganti. Jika ada endapan kotoran dalam tangki, jangan lupa untuk membersihkannya.

Sensor Injeksi Rusak

Menggunakan motor injeksi bukan berarti tidak akan pernah mengalami motor brebet. Nyatanya, dengan Ciri Sensor TPS Rusak kita dapat mengetahui penyebab motor injeksi brebet saat digas.

Kerusakan pada komponen injektor membuat pembakaran terganggu. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi akibat penggunaan bahan bakar yang tidak tepat. Kurangnya perawatan komponen turut berkontribusi dalam kerusakan sensor injeksi. Pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada motor dengan selalu membawanya ke bengkel resmi.

Setelan Klep yang Renggang

Dengan banyaknya penyebab motor brebet di putaran bawah, bukan tidak mungkin jika setelan klep turut menambah daftar penyebab permasalahan motor brebet. Apabila setelan klep terlalu renggang atau rapat, ini bisa berdampak pada gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Untuk mengatasinya, dengan Cara Menyetel Klep Motor Dengan Benar.

Kenapa klep menjadi renggang? Jawabannya tentu karena penggunaan motor. Seiring dengan pemakaian, kerenggangan klep bisa bergeser sehingga menyebabkan perubahan, dimana klep semakin renggang.

Penyebabnya adalah putaran mesin yang terjadi terus menerus. Jika sering melakukan servis, mekanik akan menyetel ulang klep sesuai dengan kerenggangannya. Kesalahan dalam penyetelan klep bisa membuat klep bertabrakan dengan silinder. Salah setel klep akhirnya menambah masalah pada motor dan kamu harus mengganti klep dan silinder yang rusak.

Filter Bensin Kotor Menjadi Penyebab Motor Brebet

Penyebab motor karbu brebet saat digas yang lain ada pada filter bensin. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyaring bahan bakar agar kotoran tidak ikut masuk ke dalam ruang pembakaran.

Tumpukan kotoran di filter bahan bakar membuat suplai bahan bakar tidak lancar. Sehingga, pembakaran tidak terjadi secara sempurna. Itulah kenapa filter kotor menyebabkan brebet saat motor dinyalakan.

Fuel Pump Kotor Menyebabkan Motor Brebet

Kotoran membuat masalah seperti motor brebet bahkan jika menumpuk di bagian fuel pump. Tugas dari komponen motor satu ini adalah memompa bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Akan terjadi tekanan bahan bahan bakar yang terlalu rendah atau tinggi jika fuel pump kotor.

Lagi lagi, ini membuat pembakaran yang tidak sempurna yang kemudian menyebabkan brebet pada motor. Agar tekanan bensin teratur, dengan melakukan Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Agar Aman lakukan secara rutin. Sistem pembakaran yang baik tentu bisa mencegah brebet dan masalah lain yang mungkin muncul.

Penyebab Brebet Saat Gas Mesin Menjadi Mati

Dalam hal ini ada beberapa kendala yang diantaranya yaitu:

  • Dalam hal ini memang semua vixion mengalami suka brebet/seperti kehabisan bensin saat menarik gas dengan RPM tinggi dan saat di gas sedikit saja maka mesin akan mengalami mati sendiri. Dalam hal demikian ini kendala tersebut di sebabkan oleh pengoprasian fuel pump atau bisa di sebut juga dengan pompa bensin yang irit atau kotor pada bagian filternya.
  • Pada sistem fuel pump yang berfungsi untuk mengatur dan memompa bahan bakar bensin ke dalam injectornya. Jadi apabila anda menarik gas dengan Rpm tinggi secara tiba-tiba maka pada fuel pump malah diam tidak mau bekerja untuk mensuplay BBM ke dalam injector.

Cara Mengatasi Vixion Brebet

Ada beberapa hal untuk perlu dilakukan dalam hal ini seperti:

  • Hal pertama yakni menambah setting CO, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Kenalpot Yamaha vixion nembak.
  • Yamaha vixion telah dilengkapi dengan sistem teknologi AIS (Air Injector Sistem) yang bertujuan supaya ramah lingkungan.
  • Pada teknologi AIS ini lah seringkali knalpot vixion nembak.

Untuk mengatasi pada kenalpot vixion nembak yakni tutuplah salah satu dari tiga lubang AIS, maka kendala knalpot nembak akan berkurang. Atau dapat juga untuk mengatasinya dengan beralih ke bahan bakar jenis pertamax. Nah jika vixion anda sudah menggunakan bahan bakar pertamax.

Maka suara nembak pada kenalpot sudah tidak ada lagi. Memang untuk bahan bakar pertamax di rekomendasikan untuk motor dengan sistem teknologi injeksi seperti Yamaha Vixion ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Vixion Brebet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂