Cara Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Lengket

Posted on

Cara Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Lengket – Dalam hal ini sepeda motor memiliki system pengereman, bila system pengereman bermasalah maka hal ini dikarenakan piston rem cakram tidak kembali hal demikian sangat membahayakan bagi pengendara.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai rem cakram yang lengket dikarenakan permasalahan pada rem motor yang sering macet.

Atau pernah kalian pernah kalian mengalami macet rem cakram seret setelah mengganti kampas harusnya lancer setelah ganti kampas malah merepotkan.

Cara Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Lengket

Nah berikut ini bagaimana cara mengatasi rem cakram depan motor lengket, untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak pemaparannya dibawah ini.

Rem cakram depan motor lengket atau macet tidak balik bisa disebabkan banyak sekali factor maka oleh karena itu harus teliti memeriksanya langsung saja.

Periksa Bracket Pala Babi Cakram

Periksa bracket pala babi cakram baik depan atau belakang cakram macet sering disebabkan karena as bracket yang masuk ke / kepala babi (istilah umum) bengkok atau karat jika bengkok maka harus diluruskan.

Caranya pun mudah bagi mereka yang biasa terjun di dunia otomotif tinggal ketok menggunakan palu supaya yang tidak simetris dapat sejajar atau disesuaikan dengan kondisi dudukan bracket pada shock depan.

Tapi as bracket jangan sampai rusak atau lecet, jika lecet maka usahakan di haluskan menggunakan amplas halus supaya saat rem bekerja caliper rem / pala babi dapat bekerja dengan baik.

Karat juga bisa menyebabkan bracket rem tidak berfungsi dengan baik, karat terjadi karena bracket sering terkena air dan airnya pun masuk didalam rumah babi biasanya ini dikarenakan seal penutup sudah rusak dan tidak bisa menghambat air.

Jika karat maka bersihkan dan haluskan dengan amplas kemudian kasih gemuk, jangan terlalu banyak dan apalagi jika gemuk mempunyai kekentalan yang tinggi karena dapat menyebabkan macet pula.

AS Caliper Macet

As caliper macet sering terjadi karena seal caliper sudah keras atau mungkin juga as caliper karat dan banyak kotoran. Jika sealnya bermasalah maka ganti seal as calipernya agar dapat lancar kembali.

Saat pembongkaran seal jika hal ini sedikit sulit membutuhkan teknik dan skill kalian juga bisa menggunakan tenaga angin kompresor untuk mendorong hidrolik / as calipernya, jika menggunakan angin akan mudah dan jika piston caliper sudah muncul tinggal tarik menggunakan tang.

Saat menarik piston caliper usahakan jangan sampai lecet karena itu akan membuat laju piston saat berfungsi menjadi seret.

Bersihkan piston juga jika kotor pada kondisi ini sebenarnya jika terlihat normal maksudnya usia pakai kendaraan masih tidak terlalu lama maka biasanya kita hanya memberishkan as piston caliper tanpa membukanya hanya perlu mendorong sampai as keluar separuh lalu bersihkan dengan sikat kuping besi. Lalu semprot dengan angin kompresor sesudah itu pasang kembali.

Segitiga Bengkok

Segitiga bengkok dapat terlihat dari melihat antara spakbor dan ban tidak simetris, segitiga yang bengkok pun dapat menyebabkan system pengereman berjalan tidak normal bahkan lebih parahnya segitiga yang bengkok akan membuat ban bergesekan dengan as shock atau spakbor.

Jika segitiga yang bengkok maka kalian harus membawanya ke tukang bubut untuk di pres supaya menjadi normal kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Lengket semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂