Cara Mengatasi Motor Beat Gredek

Posted on

Cara Mengatasi Motor Beat Gredek – Dalam hal ini sepeda motor ini boleh dibilang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang penting banget sehingga kalau pun gak bisa membeli motor baru, orang akan membeli sepeda motor bekas.

Dalam beaktivitas sehari-hari, manusia tidak bisa jauh-jauh dari sepeda motor. Hal ini menandakan betapa vitalnya peran sepeda motor bagi manusia dewasa ini, karena punya pengaruh penting juga terhadap perekonomian dan pekerjaan.

Fungsi Sepeda Motor

Fungsi utama dari sepeda motor itu sendiri merupakan sebagai alat transportasi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Sebab setiap orang memiliki kebutuhan dan kepentingan tersendiri dari motor tersebut. Hadirnya sepeda motor tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Adapun beberapa kelebihan dari sepeda motor yak sebagai berikut:

  • Dapat dengan mudah dipelajari dan digunakan oleh siapa saja
  • Dibandingkan mobil atau kendaraan roda empat lainnya, sepeda motor dapat sampai tujuan dengan cepat
  • Harga yang ditawarkan relatif lebih murah
  • Dapat memuat barang
  • Dapat dengan mudah menerobos kemacetan
  • Lebih terlihat sporty
  • Lebih hemat biaya dan juga bahan bakar yang digunakan
  • Tidak perlu tol dan dapat dengan mudah melewati berbagai medan jalan
  • Lebih mudah diparkirkan dibandingkan kendaraan bermotor yang lainnya
  • Biaya perawatan yang lebih terjangkau dan dapat dengan mudah dilakukan modifikasi

Manfaat Sepeda Motor

Adapun manfaat sepeda motor bagi manusia diantaranya yaitu:

Baca Juga :  Penyebab Kompresi Motor Vixion Hilang

Sebagai Alat Trasportasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa fungsi utama dari sepeda motor adalah sebagai alat transportasi. Untuk pelajar, saat ini kendaraan sepeda motor cukup penting walaupun masih dapat menggunakan kendaraan umum. Namun dengan sepeda motor maka akan lebih cepat sampai.

Selain ke sekolah, bermanfaat pula untuk pekerja menuju tempat kerjanya. Selain itu, dengan sepeda motor ini dapat mengantarkan ke berbagai tempat yang diinginkan dan dibutuhkan.

Alat Mencari Nafkah

Manfaat sepeda motor selanjutnya adalah sebagai alat untuk mencari nafkah. Seperti bagi tukang ojek, driver ojek online, tukang dagang keliling yang harus menggunakan motor dan lain sebagainnya.

Membuka Lapangan Pekerjaan dan Usaha Baru

Maksudnya ialah membuka kesempatan untuk dapat bekerja di pabrik motor. Selain itu juga usaha baru bagi orang lain seperti membuka bengkel motor, jual bahan bakar, onderdil, ganti ban, oli dan masih banyak lainnya

Mempercepat distribusi barang

Dengan sepeda motor, maka barang-barang akan cepat terdistribusi seperti paket belanjaan, dokumen, sayur mayur dan lain masih banyak lainnya.

Alat Olahraga

Menggunakan sepeda motor untuk olahraga juga mengasyikan. Salah satunya adalah motor trail yang digemari oleh banyak orang terutama kaum muda.

Berpeluang Menjadi Atlit Profesional dan Kaya Raya

Sepeda motor juga dapat menjadi peluang kesuksesan Anda. Salah satu contoh adalah Valentino Rossi yang kemahirannya sudah tidak dipertanyakan lagi. Maka dari itu, tidak heran jika banyak hobi memodifikasi atau mengikuti berbagai lomba balap motor.

Para produsen motor juga terus berinovasi dengan menyajikan fitur-fitur canggih dan dengan body yang dibuat berdasarkan keinginan pasar. Dengan begitu kalian dapat memilih sesuai keinginan dan ketersediaan budget.

Baca Juga :  Motor Matic Gredek

Dan salah satunya motor matic, motor matic sendiri merupakan jenis motor yang paling banyak digunakan saat ini. Dan bahkan untuk mengantisipasi kelangkaan BBM dan isu pemanasan global, dunia otomotif mulai mengembangkan sepeda motor yang tidak digerakan oleh bahan bakar melainkan menggunakan akumulator dan dinamo.

Motor matic semakin digemarin karena penggunaan yang lebih mudah dan juga lebih praktis dibanding motor manual. Namun di balik keunggulan tersebut, ada salah satu masalah klasik motor matic yang kerap muncul jika pengguna jarang merawat motornya yakni gredek.

Penyebab Motor Beat Gredek

Masalah ini bisa muncul pada saat akselerasi awal atau ketika pengendara membuka gas secara kuat. Pada bagian CVT akan muncul suara gredek dan akselerasi jadi tidak responsif.

Penyebab utama dari gredek ini paling sering terjadi karena sudah menempel cukup banyak kotoran pada bagian CVT tersebut.

Beberapa mekanik berpendapat kalau masalah motor matik gredek ini muncul dari rumah kampas ganda yang sudah penuh dengan kotoran.

Cara Mengatasi Motor Beat Gredek

Untuk hal ini tidak perlu khawatir akan ‘penyakit’ gredek ini. Pemilik kendaraan cukup mengganti dua part di bagian CVT agar motor bisa lebih responsif dan masalah gredek ini dapat teratasi.

“Melakukan modifikasi atau mengganti bagian kampas ganda dan rumah atau mangkuk yang digunakan sebagai tempat kampas ganda,”.

Dengan mengganti kedua part pada CVT ini, akan membuat performa motor lebih responsif pada akselerasi awal dan semakin nyaman untuk dikendarai.

Selain itu, disarankan juga untuk sedikit melakukan modifikasi kepada kampas ganda yang akan dipasangkan ke bagian CVT-nya.

“Untuk rumah atau mangkuk kampas gandanya dapat dilubangi, hal itu bertujuan agar kotoran yang berasal dari kampas ganda ini ikut terbuang ketika rumah atau mengkuknya berputar,”.

Baca Juga :  Langkah Tepat – Buat Laporan Kehilangan Motor

Dengan melakukan modifikasi atau melubangi bagian rumah atau mangkuk kampas ganda, timbulnya gredek pada kendaraan tidak akan cepat terulang karena sebagian besar debu atau kotoran ikut terbuang ketika motor digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Motor Beat Gredek semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂