Cara Mengatasi Ban Depan Motor Makan Sebelah

Posted on

Ban Motor Habis Sebelah – Ban merupakan salah satu komponen dari sebuah kendaraan yang sangat penting mengingat tanpa ban mustahil sebuah kendaraan bisa berjalan dengan cukup nyaman. Maka oleh sebab itu ban sangatlah penting sekali untuk menyerap getaran dari jalan yang sehingga getaran tidak sampai ke pengemudi.

Ban sendiri ialah pneumatic yang diisi dengan udara yang bertekanan yang digunakan pada kendaraan. Ban juga merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan.

Penyebab Ban Depan Motor Makan Sebelah

Ban dipasangkan pada pelek sebelum dipergunakan pada kendaraan, maka oleh karena itu ban dan pelek saling berhubungan.

Fungsi Ban

Ban sendiri memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Menahan seluruh berat kendaraan.
  • Ban berhubungan dengan permukaan jalan sehingga ban dapat memindahkan gaya gerak, gaya pengereman kendaraan di jalan, dan mengontrol mulai jalan, akselerasi, deselerasi, pengereman dan berbelok.
  • Mengurangi kekuatan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan.
  • Memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Jenis-Jenis Ban

Ban kendaraan bisa digangi menjadi beberapa jenis yakni ban bias, radial dan tubeless “tanpa ban dalam”.

Ban Bias

Untuk jenis ban yang pertama yakni Ban bias, ban style ini terbuat dari lapisan serat yang dibuat bersama dengan arah yang miring. Selain itu, ban style bias ini punyai tapak atau terhitung disebut bersama dengan tread yang punyai daya serap terhadap benturan yang baik agar dapat memberi tambahan kenyamanan terhadap pengemudi saat berkendara. Tetapi kelemahan dari ban bias ini untuk ketahanan terhadap keausan dan guncangan tidak cukup baik dan tidak sebaik ban style radial.

Baca Juga  √ Yuk Simak,,, Penyebab Dan Cara Memperbaiki Ban Motor Goyang

Ban Radial

Yang kedua yakni ban radial, ban style ini terbuat dari lapisan serat dan lapisan serat berikut dibuat menyilang terhadap lingkar ban. Selain itu, terhadap ban style radial ini lapisan seratnya disempurnakan bersama dengan lapisan sabuk bersama dengan arahnya yang searah lingkar ban.

Untuk ban radial yang sabuknya terbuat dari bahan serat baja, ban ini disebut bersama dengan ban radial baja. Untuk kelebihan ban radial baja ini adalah untuk ketahanan terhadap guncangan serta keausan lebih baik dibandingkan bersama dengan style bias. Sedangkan kelemahan ban radial baja ini sendiri adalah untuk tapaknya lebih kaku agar tidak cukup nyaman saat dikendarai terhadap jalan bergelombang atau tidak rata.

Ban Tubeless

Dan yang terakhir yakni ban tubeless, ban style tubeless ini dirancang agar terlalu mungkin ban dapat mencegah hawa segera didalamnya tanpa adanya ban di dalam di dalam ban luarnya. Ban style tubeless ini dibuat bersama dengan lapisan serat dan didalamnya terhitung disempurnakan bersama dengan lapisan di dalam yang berguna berguna untuk mencegah tekanan hawa yang muncul terhadap saat ban tertusuk oleh benda tajam, agar dikala ban tertusuk ban tidak segera kempes. Ban style tubeless ini punyai tingkat keamanan yang memadai baik.

Cara kerja ban tubeless ini dikala tertusuk benda tajam yakni saat ban tertusuk benda tajam, maks tread dan liner dapat mencengkeram bersama dengan kuat terhadap benda tajam yang menusuk ban. Karena tread dan liner mencengkram rapat benda tajam berikut agar tekanan hawa di dalam ban berikut tidak dapat segera keluar. Oleh dikarenakan itu ban style tubeless ini tidak dapat segera kempes dikala tertusuk benda tajam bersama dengan catatan benda tajam berikut tidak dicabut dari ban.

Baca Juga  [Praktis Dan Mudah] Cara Membersihkan Injektor Motor Sendiri

Kelebihan ban style tubeless lainnya adalah proses radiasi panas dapat lebih baik dikarenakan hawa segera terkait bersama dengan rim dikarenakan ban style tubeless tidak memakai ban dalam. Selain itu, bersama dengan tidak memakai ban di dalam maka flap dan side ring terhadap ban dapat jadi lebih ringan.

Kode Untuk Ukuran Ban Dan Roda

Untuk ukuran ban dan roda biasanya ukurannya berdasarkan lebar ban, kekerasan dari ban dan ketebalan ban itu sendiri, dan juga pembawaan lainnya dari ban.

Tabel : Kode untuk ukuran ban dan roda

Membaca Kode Ban

Ban Bias Atau Ban Bersama Ban Dalam : Kodenya 10.0 – R – 20 – 14PR

Keterangan :

  • 0 bermakna lebar ban (inchi)
  • R bermakna konstruksi radial
  • 20 bermakna diameter rim (inchi)
  • 14PR bermakna kapabilitas ban (PR)

Ban tubeless : Kodenya 11 – R – 22.5 – 14PR

Keterangan :

  • 11 bermakna lebar ban (inchi)
  • R bermakna konstruksi radial
  • 5 bermakna diameter Rim (Inchi)
  • 14PR bermakna kapabilitas ban (PR)

Dalam hal ini memang ini kejadian yang sangat jarang dan sangat membingungkan bagi yang awam akan teknik sepeda motor karena pemakaian dirasa sangat standar tetapi ban koq bisa habis sebelah.

Cara berkendara normal, pengereman normal tidak dalam action frestyle tetapi ban motor sudah habis karetnya dan yang bikin jengkel kembangan ban habis sebelah. Jadi karet yang habis itu kembangan yang tengah, sering kita jumpai dan normal-normal saja, itu bisa karena faktor tekanan angin ban terlalu kencang yang mengakibatkan bagian tengah kembangan ban biasanya habis duluan.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Depan Motor Habis Sebelah

Terus bagaimanakah cara kita menganalisa penyebab terjadinya kembangan ban depan sepeda motor habis sebelah padahal kembangan sebelahnya masih bagus. Kita bisa menganalisa dalam kasus ini yakni secara bertahap yaitu:

Cek Kondisi Bearing / Klaher

Hal yang pertama cek kondisi bearing / klaher sepeda motor pada bagian depan apakah mengalami keolengan yang parah atau tidak, jika memang klaher sudah rusak maka kita harus menggantinya.

Baca Juga  √ Honda Spacy Bergetar Saat Idle,,, Inilah Solusinya

Caranya mudah koq tinggal naikan ban depan supaya terangkat dengan memberatkan bagian belakang lalu goyang ban secara horizontal kekanan dan kekiri jika terasa oblak bertanda bearing rusak.

Periksa Disk Cakram Seret Atau Tidak

Yang kedua dengan periksa kelancaran perputaran disk cakram depan apakah seret atau tidak. Cek juga apakah disk tetap berputar standar atau berputar goyang, peyang.

Periksa Sok Depan Apakah Ada Yang Bocor

Yang ketiga dengan periksa apakah ada kebocoran pada shock depan dengan melihat apakah ada cairan yang keluar atau tidak, karena jika ada kebocoran tekanan terhadap ban menjadi tidak stabil atau tidak rata dan ini penyebab yang paling berpotensi mengakibatkan ban habis sebelah. Maka untuk hal ini solusinya jika terjadi kebocoran harus di ganti seal shock depan dan oli sok depan.

Mengganti Oli Shock Depan

Yang keempat jika tidak ada kebocoran coba ganti saja oli shock depan kemungkinan ada perbedaan ukuran oli shock antara oli shock tabung kanan dan oli shock tabung kiri. Perhatikan juga apakah per yang digunakan sama tingginya bisa juga pernya tidak simetris atau berbeda.

Medan Jalan Yang Tidak Rata

Yang kelima paling kecil kemungkinannya ialah medan jalan yang sering di lalui tidak rata, memang kecil kemungkinan yang ini tetapi jika jalan yang dilalui sama setiap hari patut di perhitungkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Ban Depan Motor Makan Sebelah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂