Cara Menetralkan Motor Kopling

Posted on

Cara Menetralkan Motor Kopling – Nah dari sekian banyak pengendara yang sekarang sudah tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling pasti pernah merasa kesulitan membawa motor kopling ketimbang yang non kopling.

Yang biasanya tinggak injak pedal transmisi buat oper gigi, kalau cara mengendarai motor kopling itu harus menggunakan pedal kopling di tangan di bagian kiri agar bisa oper gigi.

Buat kalian yang baru belajar pake motor kaya gini gak usah parno dulu takut jumping atau susah belajarnya, gampang-gampang saja sebagai bantuan kami akan memberikan tips sebelum praktek yah,, tidak akan kami jelaskan secara berlebihan, nanti malah dapat membuat kalian menjadi bingung malahan. Nah yuk simak dan pahami dulu beberapa poin berikut dibawah ini.

Pengertian Kopling

Kopling merupakan sistem pemindahan tenaga dari mesin ke roda sepeda motor. Kopling diperlukan untuk meneruskan perputaran proses engkol ke transmisi dan melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi ketika memindahkan gigi.

Jenis Jenis Kopling Pada Sepeda Motor

Apa saja sih jenis-jenis kopling di sepeda motor? Secara umum kopling yang digunakan pada sepeda motor ada tiga, yaitu kopling manual, kopling sentrifugal dan kopling ganda.

Sistem Kopling Manual

Sistem Kopling manual adalah mekanisme pemutusan pada tenaga mesin dengan menggunakan beberapa plat kopling yang dioperasikan secara manual melalui sebuah tuas/handle. Biasanya tuas kopling ini terletak di handle stang sebelah kiri.

Baca Juga :  Cara Merawat Kopling Motor

Cara kerja kopling manual ini dengan memanfaatkan gesekan antara dua plat kopling. Pada saat kedua plat kopling tersebut terhubung maka putaran mesin bisa dilanjutkan ke transmisi. Namun saat tuas kopling ditarik, maka kedua plat ini akan renggang atau tidak saling berhubungan dan otomatis putaran mesin akan terputus.

Kopling manual ini banyak digunakan di motor sport kerena sistem kopling manual menghasilkan kerugian tenaga mesin yang sangat sedikit sehingga tenaga dan kecepatan motor menjadi besar.

Sistem Kopling Sentrifugal

Kopling ini biasanya disebut juga dengan kopling otomatis. Kopling sentrifugal tidak menggunakan gesekan antara dua plat kopling, namun menggunakan gesekan antara kampas kopling dan rumah kopling. Kampas kopling dapat menempel juga merenggang dengan rumah kopling secara otomatis sesuai dengan RPM mesin.

Saat RPM mesin naik (digas) kopling akan terhubung dan motor dapat berjalan. Sistem ini diterapkan pada motor matic, lokasinya ada didekat axle roda belakang setelah unit CVT. Kopling ini akan memutuskan dan menyambungkan tenaga dari driven pully CVT ke as roda.

Sistem Kopling Ganda

Kopling ganda artinya sistem ini memiliki dua unit kopling (double clutch) sekaligus. Sebuah kopling sentrifugal akan diletakkan setelah poros engkol sebagai kopling primer, dan satu unit kopling manual akan diletakkan didepan transmisi sebagai kopling sekunder.

Masing-masing unit memiliki fungsi masing-masing, kopling prime akan bertugas memutuskan tenaga mesin saat RPM rendah dan menyambungkan tenaga mesin ketika saat RPM naik secara otomatis. Sementara kopling sekunder berfungsi untuk memutuskan tenaga ketika terjadi perpindahan gigi.

Tipe kopling ini banyak digunakan pada motor bebek dengan transmisi manual namun tidak memiliki tuas kopling. Secara penggunaan jenis kopling ini lebih mudah karena tidak perlu tarik ulur tuas kopling. Kamu hanya perlu menghidupkan mesin kemudian masukkan gigi lalu tari gas yang kencang.

Baca Juga :  Stang Seher Rx King

Jenis Pedal (Perseneling Gigi)

Nah sebelum mencoba mengendari motor kopling, lebiha baik kita pelajari terlebih dahulu jenis penggunaan pedal gigi kiri, cara mengopernya seperti apa. Ada yang sistem rotary jadi N-1-2-3-4-5 dan ada juga yang 1-N-2-3-4-5.

Dan untuk yang tipe rotary N-1-2-3-4-5 mudah saja cukup injak tuas kopling ke depan untuk naik gigi dan injak ke belakang untuk turun gigi seperti old Jupiter MX.

Untuk tipe 1-N-2-3-4-5 misal pada tuas gigi new vixion untuk naik gigi ke-1 dengan cara injak tuas ke depan, dari gigi ke-1 ingin ke gigi ke-2 sampai gigi ke-5 cukup injak tuas gigi ke belakang.

Cara Menetralkan Motor Kopling

Jika sudah siap, pastikan posisi gigi transmisi dalam keadaan netral. Gunanya mencegah motor lompat saat distarter, jadi pastikan sudah netral terlebih dahulu. Cara mencari posisi gigi netral cukup mudah, posisinya ada tengah-tengah gigi satu dan dua. Pola sederhananya 1-N-2-3-4-5.

Jadi untuk mendapatkan netral kalian perlu tekan tuas kopling dan injak pedal transmisi depan sampai tidak bisa berganti gigi. Kemudian cungkil pedal transmisi ke atas atau injak pedal belakang sambil tetap menekan tuas kopling. Dan jangan terlalu kuat karena nantinya bisa masuk ke gigi dua.

Dan untuk mempermudah kalian dapat sedikit mendorong motor ke depan, dijamin posisi transmisi netral bakal didapat. Ciri-ciri transmisi sudah netral, indikator huruf N di panel isntrumen menyala.

Sebagai tambahan informasi beberapa motor terbaru bahkan tidak bisa distarter saat giginya tidak netral atau sedang masuk. Tujuannya tidak lain mencegah motor lompat, demi keselamatan pengendara.

Sebagai contoh; Jika motor kalian pakai underbound 1-N-2-3-4-5-6 misal pada R15, berarti gigi 1 di tekan kedepan, congkel kebelakang klik sedikit (setengah) untuk masuk gigi Netral, congkel ke belakang dari gigi 1 untuk masuk gigi 2, congkel kebelakang lagi gigi 3, congkel kebelakang lagi gigi 4 dan seterusnya sampai gigi 6.

Baca Juga :  Tips Membersihkan Piston Kaliper Rem Yamaha Nmax

Cara Mengendarai Motor Kopling

Kalau sudah tahu jenis tuas gigi pada motor kopling dan cara penggunaannya, nah mari kita lanjut ke cara menjadi joki motor kopling.

  • Pastikan indikator gigi pada dashboard dalam keadaan Netral, dan biasanya ada lampu dengan huruf “N”. Kalau starter dalam keadaan masuk gigi nanti bisa loncat (beberapa motor bisa tidak menyala).
  • Tekan/Tahan tuas kopling sebelah kiri.
  • Injak pedal gigi untuk mengoper gigi ke posisi gigi 1.
  • Lepaskan tuas kopling sebelah kiri secara perlahan, barengi dengan memutar handle gas untuk menjalankan motor.
  • Jika ingin mengoper ke gigi selanjutnya atau turun gigi. Caranya sama saja dengan menekan/menahan terlebih dahulu tuas kopling baru menginjak atau mencongkel (sesuai jenis pedal gigi).
  • Jangan lupa jika ingin berhenti, kalian harus menahan tuas kopling agar mesin motor tidak mati.

Nah mudah bukan yang penting banyak praktek saja biar terbiasa. Dan jangan takut untuk mencoba yang penting saat belajar tidak memutar handle gas terlalu banyak.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menetralkan Motor Kopling semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂