√ Yuk Simak,, Cara Memperbaiki Sensor Speedometer Digital Pada Motor

Posted on

Cara Memperbaiki Sensor Speedometer Digital Pada Motor – Nah tidak ada motor yang tidak dilengkapi dengan sebuah komponen yang bernama speedometer motor. Mau motor itu berjenis matic atau pun manual, pasti memiliki speedometer di body motor tersebut.

Komponen ini merupakan alat ukur kecepatan yang wajib ada pada setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Namun bagaimana jika speedometer tidak berfungsi alias rusak ?? tentunya kalian harus paham cara servis speedometer motor, jika kalian kebetulan sedang mengalami kejadian ini, maka kalian bisa membaca tips cara memperbaiki speedometer digital pada ulasan kali ini.

Yuk Simak,, Cara Memperbaiki Sensor Speedometer Digital Pada Motor

Nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara memperbaiki speedometer digital yang rusak. Dan perlu diketahui speedometer terbagi menjadi dua yakni speedometer analog dan speedometer digital.

Cara Memperbaiki Speedometer

Berikut kali ini kami akan membahas mengenai cara memperbaiki speedometer yang tidak normal, nah buat nanggulangi masalah ini ada cara yang mudahnya yakni dengan membersihkan gear depan dan alat sensor kecepatan dengan cairan pembersih.

Langkah pertama kalian bisa membuka terlebih dahulu sensor meter yang ada di gear depan dekat tuas pemindah gigi. Lalu setelah itu kalian sudah bisa mulai membersihkan dengan cairan pembersih “bisa engine conditioner, cairan wd, pembersih karat, pembersih carburetor”, tinggal semprotkan saja pada bagian dalam ban di sensor speedometernya.

Nah setelah kalian lakukan penyemprotan sensor menggunakan cairan pembersih tadi kalian bisa lihat kotoran yang menumpuk telah bersih, terakhir pasang kembali sensor tadi dan jalankan motor kalian untuk mengetes apakah speedometer dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,, Penyebab Rem Cakram Motor Blong ?? Inilah Cara Mengatasinya

Dan bukan hanya itu saja kerusakan speedometer digital juga bisa terjadi pada bagian-bagian speedometer sebagai berikut:

  • Gear speedometer sudah aus, salah satu penyebab speedometer mati ialah gear speedometer pada as roda yang sudah mengalami keausan. Cara mengatasinya ialah dengan mengganti gear speedometer dengan yang baru. Dan selain itu penyebab yang lain ialah speedo kotor atau terkena debu jadi putaran tidak berfungsi maksimal.
  • Landasan velg rusak, cara memperbaiki speedometer digital motor selanjutnya apabila penyebabnya ialah landasan pada velg rusak atau macet, sehingga membuat putaran gear speedometer terhambat atau macet, solusinya ialah dengan mengganti velg depan dengan yang baru.
  • Kabel speedometer putus, selanjutnya ialah kabel speedometer putus, bukanlah kabel speedometer jika kabel putus saat ditarik berarti itu sumber masalahnya kenapa speedometer mati. Solusinya ialah cobalah terlebih dahulu menyambung kabel speedometer tersebut dengan menggunakan alat perekat.

Kemudian tes kembali apakah speedometer sudah berfungsi atau tidak. Jika belum berfungsi itu artinya kalian harus menggantinya dengan kabel yang baru.

  • Sekring speedometer bermasalah, jika masalah ini terjadi, maka cobalah mengecek bagian tersimple atau sederhana dari komponen speedometer kalian, misalnya dengan melakukan pemeriksaan main fuse. Hal ini dilakukan jika motor kalian sudah menggunakan speedometer berjenis digital.

Cara yang dapat kalian lakukan ialah periksalah sekring dengan membuka cover samping pada area bateray motor, perhatikanlah sekring tersebut dan lihat semua sambungan kawatnya apa ada yang terputus kalian dapat menyambungkannya kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Cara Memperbaiki Sensor Speedometer Digital Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂