Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang

Posted on

Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang – Rem cakram ialah salah satu jenis rem yang ada pada sepeda motor diantara jenis rem lainnya seperti rem tromol. Rem cakram ialah salah satu teknologi yang lebih baru dibandingkan dengan rem tromol yang sudah digunakan lebih dahulu.

Perbedaan rem cakram dan rem tromol terletak pada mekanisme kerja serta komponen yang membentuknya. Jika rem cakram memiliki mekanisme kerja dimana proses pengereman atau penghentian dan pengurangan putaran roda melalui mekanisme penjepitan piringan cakran yang terdapat di roda.

Dan sedangkan rem tromol bekerja dengan mekanisme gesekan kampas rem dengan drum atau disebut sebagai tromol yang berputar bersama dengan roda. Rem dalam sepeda motor merupakan komponen penting yang sangat berkaitan dengan keamanan berkendara.

Diantara dua pilihan rem yang digunakan pada sebagian besar jenis sepeda motor di seluruh dunia tersebut, rem cakram lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan rem tromol sehingga saat ini lebih banyak varian sepeda motor baru yang menerapkan rem cakram sebagao pilihan sistem pengeremannya.

Kelebihan Dari Rem Cakram

Kelebihan dari rem cakram dibandingkan dengan rem tromol diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Pengereman Yang Cepat Dan Efisien
    Mekanisme kerja yang menggunakan prinsip penjepitan cakram ternyata memiliki kondisi pengereman yang lebih baik dan efisien serta cepat dibandingkan dengan rem tromol.
  • Lebih Responsif Dan Konsisten
    Rem cakram juga lebih responsive ketika digunakan serta memiliki konsistensi yang baik selain cepat dan efisien.
  • Lebih Kuat
    Kekuatan mencekram lebih kuat sehingga efektifitas pengereman akan lebih baik.

Karena kelebihannya tersebut saat ini rem cakram bukan hanya diterapkan sebagai rem depan namun juga dipasang pada rem belakang sepeda motor.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan yang dijelaskan diatas, tetap saja ada kelemahan yang dimiliki oleh rem cakram belakang pada sepeda motor seperti harganya yang lebih mahal, sparepart yang lebih kompleks serta proses perawatan yang lebih detail harus dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah pada rem cakram tersebut.

Penyebab Rem Cakram Belakang Blong

Salah satu masalah yang biasanya muncul ialah kondisi rem cakram belakang yang blong akibat dari beberapa penyebab dibawah ini:

Adanya Udara Pada Rem Cakram

Udara yang terjabak pada komponen pengereman merupakan salah satu penyebab dari ngempos atau blong yang sebuah rem sehingga sering kali disebut sebagai rem yang masuk angin.

Proses Perawatan Yang Diabaikan

Penyebab utama terjadinya masalah pada rem cakram ialah karena kondisi perawatan rem yang merupakan bagian dari cara merawat motor matic maupun manual sering kali diabaikan oleh para pemilik kendaraan.

Kampas Rem Yang Sudah Aus

Mengetahui atau mengenali ciri ciri kampas rem belakang mulai aus harus dilakukan oleh pemilik kendaraan karena kampas yang aus merupakan salah satu penyebab rem cakram belakang blong. Kampas rem merupakan salah satu sparepart sepeda motor yang sering rusak sehingga perlu untuk diganti secara berkala.

Slang Rem Cakram Yang Bocor

Sistem pengeriman pada rem cakram menggunakan prinsip tekanan oli hidrolik yang berfungsi mengalirkan minyak rem ke dalam kaliper yang akan membuat piston kaliper menghasilkan tekanan.

Adanya kebocoran akibat gesekan pada slang rem dapat menyebabkan fungsi pengereman terganggu dan bisa jadi mengalami blong.

Setelah mengetahui penyebab utama kondisi rem cakram yang ngempos tersebut. Jika yang menjadi penyebab blongnya rem merupakan bocornya slang dan kampas yang aus maka cara memperbaikinya yakni dengan mengganti komponen tersebut dengan sparepart yang baru.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang Blong

Namun jika penyebab blongnya rem cakram belakang tersebut akibat dari adanya udara yang terjebak maka lakukan beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam cara memperbaiki rem cakram belakang blong berikut:

  • Persiapkan minyak rem dan beberapa alat yang dibutuhkan seperti kunci, tang penjepit dan alat lainnya.
  • Jika terlalu menganggu roda belakang dapat dilepas terlebih dahulu.
  • Tes angin caliper dengan cara mengendurkan baut pembuangan dan kemudian tekan tuas rem sampai oli keluar dan tutup kembali.
  • Buka penutup penampung minyak rem pada bagian atas dan bawah untuk mengembalikan fungsi rem.
  • Jangan sampai mencecerkan minyak rem pada tangan dan body motor.
  • Lakukan penyetingan ulang rem dan perhatikan gelembung udara pada master rem. Jika masih terdapat gelembung udara, lepas bagian atas master dan keluarkan udara tersebut.
  • Kembalikan semua komponen dan baut ke keadaan semula.

Jika langkah yang disebutkan diatas tersebut tidak membuahkan hasil maka ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara memperbaiki rem cakram belakang blong. Berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi rem sepeda motor yang blong diantaranya yaitu:

  • Persiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan termasuk minyak rem.
  • Kendorkan baut pada slang rem yang terdapat di dalam komponen mater rem.
  • Perhatikan ketika melakukan pengendoran baut tersebut, hindari utnuk tidak menekan rem dan biarkan jika ada minyak rem yang keluar atau merembes pada bagian sekeliling nepel. Jika hal tersebut terjadi maka disebut sebagai indikasi bahwa ruang master dipenuhi oleh minyak rem.
  • Merapatkan kembali baut yang dikendori tadi dengan memperhatikan caranya bahwa posisi dari reservoir harus terbuka.
  • Pancing pedal rem untuk berfungsi dengan cara memompa pedal rem tersebut secara berulang ulang.
  • Lakukan penekanan pada pedal rem atau tarikan yang kuat dan kendorkan secara singkat nepel slang rem yang terdapat pada kaliper untuk memastikan angin yang terjebak pada jalur minyak rem sudah berhasil dikeluarkan semuanya.
  • Jika cara tersebut berhasil maka dapat ditunjukan melalui munculnya cipratan cipratan minyak rem.
  • Setelah selesai, kembalikan semua komponen kesemula lalu lakukan test drive untuk mengetahui apakah rem cakarm tersebut sudah berfungsi secara normal. Jika masih belum berfungsi secara normal maka ulang langkah pertama kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂