Cara Memperbaiki Klakson Motor

Posted on

Cara Memperbaiki Klakson Motor – Dalam hal ini banyak yang beranggapan bahwa klakson motor ialah bagian yang tidak terlalu penting dalam sebuah motor, namun hal ini bisa dikatakan cukup salah kaprah karena klakson sendiri memang sangat penting.

Dimana bisa menjadi tanda ketika kita akan menyalip dibarengi dengan lampu sein, kemudian jika ada orang hendak menyeberang jalan namun tidak melihat kanan kiri, kita dapat membunyikan klakson tersebut.

Kasus kecelakaan berkendara dijalanan banyak sekali diakibatkan oleh klakson yang mati. Maka kita harus teliti dalam merawat kendaraan yang kita miliki, baik itu motor ataupun mobil khususnya pada bagian klakson ini.

Berbicara mengenai klakson motor, disini kami akan membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki klakson motor rusak. Selain itu kami juga akan memberikan informasi mengenai penyebab mengapa klakson motor mati.

Penyebab Klakson Motor Mati Atau Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab mengapa klakson motor mati atau tidak berfungsi sama sekali dan penyebab tersebut antara lain ialah karena rusaknya metal kontraktor yang mana memiliki fungsi penting pada klakson motor.

Kemudian batu pengatur pada klakson yang sudah kendor, saklar yang berkarat juga menjadi salah satu penyebab mengapa klakson motor rusak atau mati dan yang terakhir ialah putusnya kawat lilitan pada klakson. Penyebab tersebut harus kita baca terlebih dahulu ketika motor mengalami masalah pada klakson.

Apabila penyebab tersebut sudah kita perbaiki namun masih tidak nyala, kita harus cepat mengganti klakson tersebut dengan membelinya dibengkel terdekat. Untuk harga klakson motor juga bervariasi, mulai dari harga yang murah dan mahal, sesuaikan dengan budget kalian.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,,, 5 Motor Untuk Wanita Pemula Terbaik Paling Disukai

Cara Memperbaiki Klakson Motor Rusak

Nah baiklah dari pada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai bagaimana cara memperbaiki klakson motor rusak  yang dapat kalian simak dibawah ini:

Dengan Mengecek Aki Motor

Cara pertama memperbaiki klakson motor rusak paling ampuh yang pertama ialah dengan cara mengecek kondisi aki motor kalian. Kalian harus paham betul beberapa tanda ketika aki motor sudah minta ganti atau hanya perlu diisi strumnya.

Kasus klakson tidak berbunyi biasanya penyebab utamanya ialah aki, maka terlebih dahulu cek aki motor apakah masih berfungsi atau tidak.

Membersihkan Saklar Klakson

Seperti sudah kami sampaikan di paragraf pembuka bahwa saklar klakson yang sudah berkarat dan banyak kotoran biasanya akan menyebabkan suara klakson menjadi kecil dan otomatis kalian harus segera mengeceknya dan kemudian membersihkannya.

Disini kalian dapat menggunakan cairan pembersih karat yang biasa digunakan sebagai pembersih karat pada rantai motor agar karat yang menempel menjadi hilang dan bersih.

Kencangkan Baut Pengatur Klakson

Cara memperbaiki klakson motor yang ketiga ialah dengan mengencangkan baut pengatur klakson yang sudah kendor agar klakson dapat berfungsi dengan baik.

Kasus yang satu ini juga sering terjadi pada bagian klakson, maka dari itu kalian harus rutin untuk melakukan perawatan motor milik kalian.

Periksa Kabel Klakson

Cara memperbaiki klakson motor yang keempat ialah dengan mengecek kabel klakson motor. Kabel klakson biasanya terdapat 2 kabel yakni kabel masa dan kabel listrik.

Penyebab klakson tidak bunyi biasanya ada salah satu kabel yang terputus, jika ada maka kalian harus segera menyabungnya agar klakson dapat berfungsi kembali.

Cek Baut Platina

Dan untuk cara terakhir ialah dengan mengecek baut platina pada motor. Baut ini terletak di belakang klakson. Jika baut platina sudah tidak sesuai dengan posisinya.

Baca Juga :  Cara Pengisian Aki

Maka dapat menyebabkan klakson tidak berfungsi dan disini kalian harus membongkarnya kemudian memperbaiki posisi baut platina tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Klakson Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂