Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi

Posted on

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi – Dalam hal ini ada yang pernah mengalami kehabisan bensin padahal indikator menunjukan bahwa bensin masih tersisa? Kami yakin banyak orang yang pernah mengalaminya. Lantas bagaimana cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi yang error maupun rusak?

Supaya dapat mempebaiki indikator bensin motor injeksi, kalian wajib terlebih dahulu mengetahui apa penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang menjadikan indikator bensin mengalami kerusakan ataupun error sehingga tidak bisa menunjukkan sisa bensin sebagaimmana mestinya.

Untuk mengetahui sisa bensin ialah suatu hal yang sangat penting, dan apabila bensin tiba-tiba habis maka motor agak terasa mogok. Apabila mogok didekat pom bensin tentu tidak jadi masalah, karena bisa langsung mengisi bensin ketika habis.

Yang jadi masalah ialah ketika kehabisan bensin ditempat yang jauh dari pengisian bahan bakar, maka alhasil mau tidak mau harus mendorong motor sampai menjumpai pom bensin. Agar tidak kehabisan bensin ditengah jalan, kalian wajib memperbaiki indikator bensin saat terjadi kerusakan.

Makanya caranya terbilang cukup mudah, namun sebelum itu silahkan simak terlebih dahulu apa penyebab indikator bensin menjadi rusak.

Penyebab Indikator Bensin Rusak

Ada beberapa penyebab indikator bensin motor injeksi rusak, penyebabnya tidak berbeda jauh dengan motor karburator, dimana penyebabnya ialah sebagai berikut:

  • Kondisi aki sudah tidak bagus lagi.
  • Masalah pada jalur kabel indikator bensin.
  • Pelampung bensin bermasalah.
  • Odometer mengalami kerusakan.

Di atas ialah beberapa penyebab utama indikator bensin motor injeksi rusak sehingga tidak bisa menampilkan sisa bensin secara real-time.

Baca Juga :  โˆš Ternyata Ini ?? Penyebab Knalpot Motor Bau Sangit Serta Solusinya

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi

Setelah mengetahui semua penyebabnya, sekarang kita tinggal mencoba cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi. Kalian bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

Tidak semua orang berani membongkar motor sendiri, jika kalian salah satunya maka lebih memperbaiki indikator bensin di bengkel terdekat agar bisa diperbaiki oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Maka tidak ada salahnya mencoba memperbaiki sendiri, dari pada membuang uang untuk biaya perbaikan lebih baik uang disimpan untuk kebutuhan lainnya. Nah untuk mengetahui cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi silah simak caranya dibawah ini:

Dengan Memeriksa Jalur Kabel

Indikator bensin hanya bisa bekerja sempurna apabila kabel yang terhubung ke pelampung bensin dalam kondisi normal. Jika kabel terbakar maupun rusak, maka indikator bensin tidak akan bisa menampilkan sisa bensin secara akurat.

Nah kami sarankan untuk memeriksa kondisi kabel, apakah masih bagus atau tidak. Pada motor injeksi Honda biasanya kabel pelampung bensin berwarna Merah (+) dan Hitam (-).

Warna kabel akan berubah pada bagian soket kabel body pelampung bensin menjadi warna Kuning/Putih (+) dan Hijau/Hitam (-) sampai indikator bensin.

Kalian bisa mencari kabel indikator bensin secara mudah, karena kabel akan langsung terhubung dari indikator bensin ke palampung bensin sehingga tidak bercabang ke mana-mana.

Pastikan kabel yang terhubung dari indikator bensin dan pelampung masih bagus. Jika ada terbakar atau rusak, maka lebih baik mengganti kabel tersebut. Setelah itu tinggal mengecek apakah indikator bensin kembali normal atau tidak.

Dengan Mengganti Aki

Idealnya aki motor injeksi memiliki tegangan 12.50 volt, jika tegangan dibawah 10 volt maka akan mempengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor termasuk indikator bensin yang berada di Speedometer.

Baca Juga :  Tips Ampuh Membuat Motor Matik Agar Lebih Irit Bahan Bakar

Teganganย  aki dibawah 10 volt menandakan bahwa aki sudah rusak atau soak. Untik mengatasinya lebih baik membeli aki baru agar kinerja aki kembali optimal dan mampu menyalurkan arus secara sempurna ke semua sistem kelistrikan sepeda motor.

Dengan Memeriksa Pelampung Bensin

Untuk cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi berikutnya ialah dengan memeriksa kondisi pelampung bensin, apakah kondisinya normal atau tidak. Cara memeriksa kondisi pelampung bisa dengan cara melepas soket kabel body yang terhubung ke pelampung, kemudian coba hubungkan soket tersebut menggunakan kabel atau tang sirklip.

Apabila ternyata indikator bensin berubah menjadi full, maka bisa dipastikan pelampung bensin mengalami kerusakan, namun jika indikator bensin tidak bergerak sampai penuh maka besar kemungkinan terjadi kerusakan pada indikator bensin.

Dan cara kerja pelampung bensin ialah dengan mengirimkan sinyal ke indikator bensin melalui kabel yang terhubung ke kedua komponen tersebut. Pada tangki bensin juga terdapat sensor, silahkan kalian lihat kondisi sensor tersebut, apakah berkarat atau tidak. Jika karatnya tidak mau hilang meski sudah dibersihkan, maka lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Dengan Mengganti Speedometer

Rata-rata motor injeksi memiliki indikator bensin yang berada dibagian speedometer. Tidak jarang speedometer mengalami kerusakan, sehingga indikator bensin ikut rusak.

Sebelum speedometer diperbaiki, maka indikator bensin tetap tidak akan berfungsi secara normal. Jadi untuk mengatasinya mau tidak mau harus mengganti speedometer yang rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚