Cara Memperbaiki Busi Motor

Posted on

Cara Memperbaiki Busi Motor – Nah dalam hal ini baik pada kendaraan sepeda motor maupun kendaraan roda empat (mobil) zaman sekarang memang masih sangat tergantung pada busi.

Yang mana jika busi tersebut rusak atau mati, maka kendaraan tersebut juga tidak dapat menyala dengan baik, jikapun menyala tentunya kita haru susah payah untuk menghidupkannya.

Terlebih lagi kendaraan tersebut biasanya memiliki lebih dari 1 busi. Namun lain halnya dengan motor yang pada umumnya hanya menggunakan 1 busi saja. Busi memang salah satu element penting dalam sebuah motor.

Dimana motor akan menyala jika busi motor dapat bekerja dengan baik karena nantinya akan menimbulkan percikan api sehingga motor dapat menyala ketika di starter.

Cara memperbaiki busi motor ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan. Namun terlebih dahulu persiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membongkar busi tersebut seperti obeng, kunci busi, amplas dan lain-lain.

Nah bagi kalian yang mengalami masalah pada kendaraan yang disebabkan oleh busi yang mati, kalian dapat memperbaiki busi tersebut apakah masih layak pakai jika tidak layak pakai kalian dapat langsung menggantinya dengan busi yang baru.

Disini kami akan memberikan sebuah informasi beberapa langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki busi motor yang rusak atau mati. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai bagaimana cara memperbaiki busi motor yang paling ampuh dan cepat yang telah disiapkan berikut ini.

Cara Memperbaiki Busi Motor

Adapun cara memperbaiki busi motor diantaranya yaitu:

Baca Juga :  √ Busi Motor ?? Inilah Cara Mengetahui Masih Baik Atau Tidak,, Yuk Simak

Dengan Melakukan Pembersihan Busi

Cara memperbaiki busi motor yang pertama ialah dengan cara membersihkan busi motor tersebut. Dan biasanya motor akan sulit dinyalakan jika busi motor kotor atau banyak debut yang menempel dibagian elektroda busi tersebut.

Nah untuk memperbaikinya kalian dapat menggunakan kain atau amplas halus untuk membersihkan bagian elektroda dan kemudian dilap dengan kain yang bersih.

Jika sudah bersih kalian dapat pasang kembali busi tersebut dan coba nyalakan motor. Dari beberapa kasus yang terjadi, biasanya cara ini cukup ampuh untuk membuat busi motor dapat bekerja dengan cukup baik kembali.

Dengan Memecahkan Keramik Pemantik Busi

Cara memperbaiki busi motor yang kedua ialah dengan cara memecahkan keramik pemantik busi tersebut. Cara ini dapat kalian lakukan jika cara pertama telah gagal, pertama buka kabel busi dan lepas busi motor tersebut.

Kemudian pecahkan keramik yang ada pada bagian pemantik dengan menggunakan obeng atau tang dengan cara dipukul. Setelah itu pastikan keramik tersebut pecah dan bersihkan agar tidak ada sisa keramik yang menempel pada busi.

Karena jika ada yang masuk ke bagian dalam ruang bakar tentunya akan mengakibatkan busi motor retak dan akhirnya rusak. Apabila sudah selesai, kalian coba pasangkan kembali busi tersebut ke tempatnya dan coba nyalakan motor kalian, biasanya motor akan kembali menyala dengan sempurna.

Dengan Membakar Bagian Elektroda

Cara yang ketiga ini juga dapat kalian lakukan yakni dengan membakar bagian elektroda pada busi. Kalian dapat rapatkan bagian elektroda kemudian lakukan pembakaran dengan menggunakan kompor gas atau las.

Cara ini dapat membuat busi bekerja kembali karena komponen yang mungkin terkena oli atau debu akan kering.

Baca Juga :  Aki Kering Motor Anda Soak!! Inilah Cara Memperbaikinya

Dengan Cara Darurat Jika Mogok

Dan cara memperbaiki busi motor yang terakhir ialah dengan cara merenggangkan cop busi dan mencoba nyalakan kembali motor kalian jika mogok dijalan.

Perenggangan cop busi ini bertujuan agar apa busi bisa melompat ke cop busi dan setelah berhasil menyala kalian dapat memasangkan cop busi dengan kencang dan benar.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan jika motor kalian mengalami masalah pada bagian busi. Cara yang kami sampaikan juga cukup mudah da simpel, jadi bagi kalian yang mengalami masalah motor tidak menyala, kalian dapat terlebih dahulu mengecek bagian busi motor.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Busi Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂