Modifikasi Motor Injeksi

Posted on

Modifikasi Motor Injeksi – Sekarang ini semua industry motor saat ini sudah mengeluarkan sepeda motor dengan berteknologi injeksi atau yang biasa dikenal dengan EFI ( Electronic Fuel Injection ).

Bagi yang hobinya otak-atik sepede motor, motor dengan sistem injeksi juga tak luput untuk di rubah atau modif. Demi hasil modifikasi yang bagus beberapa modifikator pun sering merelakan pada bagian-bagian motornya untuk diamputasi.

Namun pada motor yang bersistem injeksi tentunya hal ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Karena motor injeksi terdapat banyak sekali sensor serta perangkat elektronik yang sangat sensitive.

Modifikasi Motor Injeksi

Untuk memodifikasi motor injeksi hendaknya perlu untuk memperhatikan part-part yang dapat diambil dan mana yang tidak boleh yang diotak-atik.

Karena jika salah maka ujung-ujungnya mesin gak akan mau hidup. Nah berikut ini beberapa bagian-bagian atau komponen yang tidak boleh diotak-atik saat ingin melakukan modifikasi pada motor injeksinya.

Part Kunci Kontak

Meski komponen ini terlihat sepele tapi sebaiknya jangan diganti dengan kepunyaan motor lain apalagi yang after market. Sebaiknya kunci kontak asli tetap dipertahankan, pernah ada kasus ada yang mau modif Suzuki Inazuma dan mengganti kunci kontak alhasil justru motor malah tidak mau hidup.

Kunci Kontak
Beberapa modifikator pun sering mengganti sok depan dengan ukuran yang lebih besar sehingga segitiga atas bawah serta kunci kotak harus diganti. Sebaiknya dalam hal yang demikian tidak perlu dilakukan.

Part Pompa Bensin

Pompa Bensin

Beberapa modifaktor juga sering memodifikasi motor injeksinya dengan mengganti tangki bensin, bila hal tersebut dilakukan maka sebaiknya pompa bensin asli tetap untuk dipertahankan dengan posisi dan kemiringan yang sama. Apabila posisinya berubah maka berdampak pada performa mesin yang kurang maksimal.

Baca Juga :  Kumpulan Ide Modifikasi Motor Yamaha RX King Terbaru

Part Bank Angle Sensor

Bank Angle Sensor
Saat seseorang terjatuh dengan menggunakan motor injeksi maka mesin akan secara otomatis mati pada sudut tertentu. Hal ini dikarenakan adanya bank angle sensor. Jika tunggangan di modif total biasanya posisi piranti ini juga akan ikut berubah. Nah jika kemiringan berubah maka dampaknya mesin tidak akan mau hidup. Untuk itu jika mau dipindah usahakan posisinya tetap sama seperti semula.

Part ECU

ECU
ECU ialah bagian terpeting dalam sebuah motor injeksi karena perangkat ini merupakan otaknya motor injeksi. Sebaiknya piranti ini jangan sembarangan diotak-atik. Apabila terpaksa dipidah maka simpanlah dibagian yang tertutup yang terhindar dari percikan air.

Part Kabel Bodi

Kabel Bodi

Bila anda beringinan atau mau memodifikasi motor injeksi dengan proses custom rangka yang harus menggunakan pengelasan maka sebaiknya piranti ini dilepas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kabel bodi meleleh ataupun terbakar. Selain itu juga untuk menghindari hubungan arus pendek saat melakukan proses pengelasan.

Demikianlah pembahasan mengenai Modifikasi Motor Injeksi semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂