Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik

Posted on

Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik – Sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia juga dunia secara global. Untuk saat ini pabrikan sepeda motor termasuk Yamaha, Honda, dll telah menyediakan berbagai jenis kategori motor untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi dan transportasi manusia.

Sekarang ini sudah banyak sekali pengguna khususnya untuk motor matic. Meski awalnya motor matic ini hanya digunakan oleh perempuan saja karena kemudahan dalam menggunakan motor matic yang hanya tinggal gas saja, namun belakangan tak jarang para pria juga memilih menggunakan motor matic.

Dengan banyaknya pengguna motor matic, maka kali ini kami akan membagikan bagaimana merawat motor dengan memilih oli motor matic yang terbaik agar motor selalu awet.

Karena motor matic mudah di operasikan maka perlu perawatan khusus untuk menjaga motor matic ini tetap awet dan selalu dalam kondisi prima.

Dalam mengganti oli mungkin terdengar mudah, sebab kalian tinggal membawa motor ke servis bengkel resmi dan langsung dikerjakan. Namun biasanya oli yang diberikan ialah yang standar atau umum. Nah ada beberapa oli tingkat lanjut yang mungkin lebih baik digunakan di motormu.

Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik

Nah berikut ini bagaimana cara memilih oli motor matic terbaik diantaranya yaitu:

Mengenali Tingkat Kekentalan Oli (Viskositas)

Tingkat kekentalan oli ditandai dengan kode di kemasan oli. Namanya adalah kode SAE atau Society of Automotive Engineering, semacam SNI untuk standar motor internasional. Contohnya adalah kode SAE 10W-30.

Cara membacanya adalah 10W merupakan tingkat kekentalan saat dingin, sementara 30 adalah kekentalan saat mesin bekerja. Semakin besar angka maka semakin kental, begitupun sebaliknya angka makin kecil oli pun makin encer (cair).

Tingkat kekentalan ini berpengaruh ke mesin langsung. Biasanya ke soal tarikan sampai ke kesempurnaan melumasi mesin demi menahan gesekan. Oli encer membuat tarikan makin kencang tapi mesin berisik, sementara oli kental membuat tarikan lamban tapi mesin terdengar halus.

Volume Kemasan Dan Cc Motor

Ada hubungan khusus antara dua hal ini. Mayoritas oli motor matic hadir dalam dua kemasan, yakni 800 ml dan 1000 ml alias 1 liter. Tujuannya adalah memberikan panduan kepada orang untuk memilih yang sesuai motornya.

Jika kamu mempunyai motor matic di bawah 150 cc, beli oli motor kemasan 800 ml. Sebaliknya, jika menggunakan mesin motor matic di atas 150 cc, beli yang kemasan 1 liter.

Ketahui Usia Motor Matic

Layaknya teknologi, oli motor juga selalu berkembang seiring waktu berjalan. Berbagai macam kandungan disematkan di dalamnya, begitupun dengan teknologi modern. Inilah alasanmu harus mengetahui usia motor dan memerhatikan kemasan olu motor matic.

Sebab, oli-oli motor matic terbaru tentu tidak cocok digunakan di motor matic yang lawas, misalnya di atas 5 tahun.

Oli Sintetis Dan Mineral

Terdapat dua jenis bahan utama pembuatan oli motor matic, yakni bahan mineral dan sintetis (full synthetic). Masing-masing bahan dasar ini memiliki keunggulan sendiri. Contohnya jenis mineral yang dapat melumasi dengan baik dan agak encer.

Sebaliknya, Sintetik atau sintetis cenderung lebih kental tetapi lebih awet dan stabil dalam kondisi atau suhu panas. Makanya jenis oli motor matic sintetis banyak digunakan motor matic terbaru seperti Yamaha NMax, Honda PCX, dan Yamaha XMax.

Perbedaan Oli Motor Matic Dan Oli Motor Manual

Meski sama-sama oli, kedua jenis oli untuk dua macam motor ini jelas berbeda. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yakni melumasi mesin demi menjaga, mengurangi gesekan, dan memaksimalkan performa atau tarikan.

Oli motor matic tidak bisa dipakai di motor manual, begitu juga sebaliknya oli motor manual tidak bisa digunakan di motor matic.

Pada motor manual, fungsi lain oli adalah untuk memperlancar perpindahan gigi mesin. Sementara pada motor matic berfungsi untuk melubrikasi mesin supaya lancar dan mengeluarkan tenaga dengan baik.

Soal umur, rata-rata umur oli sebelum diganti adalah 2000 km. Namun, ada juga yang di atas itu sebelum ganti oli motor.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂