Cara Membuka Baut Yang Patah

Posted on

Cara Membuka Baut Yang Patah – Nah bagi penggiat otomotif yang suka mengotak atik kendaraannya sendiri di rumah tentu pernah mengalami baut pengikat yang patah.

Saat dilakukan pembongkaran maupun pemasangan sehingga proses bongkar pasang komponen pun menjadi terganggu.

Dan yang paling menyedihkan lagi ialah jika ternyata baut tersebut patah di bagian kepala baut ketika hendak dibuka.

Dan sisa patahan tadi masih menancap didalam lubang baut sehingga untuk membukanya kembali kita menjadi kebingungan.

Penyebab Baut Bisa Patah

Banyak sekali penyebab kenapa baut bisa patah saat dilakukan pembongkaran, namun kebanyakan yang menjadi penyebabnya ialah baut yang hendak dibongkar tadi telah berkarat.

Dan dibarengi dengan cara membongkar yang tidak benar, dipaksa sehingga terjadilah kasus baut patah didalam blok mesin yang bisa bikin pusing tujuh keliling ini.

Sebelum hal ini terjadi kepada kalian, sebaiknya sebelum melakukan pembongkaran pada baut yang sudah tua atau jarang dibongkar, pastikan kalian menyemprotkan cairan penetran terlebih dahulu.

Kemudian memukul kepala baut agar cairan penetran tadi meresap dan meluruhkan karat yang ada sehingga terhindar dari baut patah.

Lantas Bagaimana Cara Membuka Baut Yang Patah Didalam Blok Mesin?

Jika sudah terlanjur baut yang kalian buka paksa tersebut kondisinya patah didalam maka ada dua pilihan yang bisa kalian lakukan guna melepas sisa patahan baut yang tertinggal didalam lubang baut.

Melepas Baut Yang Patah Dengan Las

Yang pertama ialah dengan menggunakan jasa tukang las, jika kalian bisa sendiri tentu jauh lebih baik. Sekilas langkah melepas baut yang patah dengan alat las ini ialah sebagai berikut.

Baca Juga :  Fuel Pump Motor

Pertama semprot bagian patahan baut tadi dengan cairan penetran atau cairan perontok karat semacam WD40 dan didiamkan beberapa menit.

Kemudian menyambung atau mengelas batang besi, baut lain atau mur ke patahan baut tadi hingga menyatu.

Selanjutnya setelah sambungan las tadi dingin, nah kita bisa memutar batang besi tersebut untuk mengeluarkan sisa patahan baut yang ada.

Melepas Baut Yang Patah Dengan Screw Extractor

Untuk melepaskan baut yang patah dan tertinggal selanjutnya ialah dengan menggunakan sebuah alat yang bernama screw extractor. Alat ini semacam baut juga namun dengan bentuk bagian ujung meruncing tirus dengan ulir terbalik.

Jika ulir baut pada umumnya kearah kanan, pada screw extractor ini ke arah sebaliknya, sekilas proses melepaskan baut yang patah dengan menggunakan screw extractor ini ialah sebagai berikut.

Melumasi bagian baut yang patah dengan cairan penetran atau WD40 dan diamkan beberapa menit hal ini berguna agar karat yang ada rontok.

Kemudian lakukan pengeboran pada patahan baut tadi dengan ukuran mata bor yang lebih kecil.

Setelah itu masukkan screw extractor kedalam lubang yang telah dibuat tadi, berikan sedikit pukulan ringan agar screw extractor ini menancap sempurna baru kemudian putar screw extractor kearah kiri untuk membuka patahan baut yang tertinggal didalam.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuka Baut Yang Patah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂