11 Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng

Posted on

Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng – Nah sedikit demi sedikit pada motor matic mulai menguasai atau menjadi primadona pada saat ini di Indonesia. Mungkin karena mudah pengoperasiannya tanpa perlu naik atau pun turunin gigi yang menjadi nilai plus dari motor ini.

Motor matic telah dibekali dengan system yang namanya CVT atau Continous Variable Transmission yang buat motor bisa jalan tanpa pakai gigi alias bisa langsung tarik gas dan jalan. Tetapi dengan berbedanya sistem tentunya memiliki perawatan yang beda pula.

Dan salah satunya dalam segi merawat yang namanya roller. Roller ini ialah salah satu komponen vital yang ada pada system CVT. Roller merupakan sebuah komponen yang berada di bagian pulley depan atau pulley primer pada sepeda motor jenis matic.

Motor jenis matic yakni menggunakan penghubung berupa drivebelt yang bertumpu pada pulley. Nah roller yang merupakan pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin.

Fungsi dari bentuk bundar dan sempurna mempermudah dalam pergerakan dari pulley. Roller ini ada umurnya juga. Jika bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya kalian untuk mengganti roller motor matic kesayangan.

Kalian dapat mengorbankan akselerasi namun mendapatkan top speed yang lebih tinggi dengan menggunakan roller yang lebih berat. Dan sebaliknya jika kalian pengen mendapatkan akselerasi yang lebih responsive namun top speed akan sedikit berkurang kalian dapat menggunakan roller yang lebih ringan.

Kondisi roller yang sudah kurang bagus bisa dikenali dari bunyi klotak-klotak dari bagian box cvt motor kalian nah kalau udah bunyi gitu sebaiknya kalian mengganti karena dapat merusak komponen yang lainnya.

Lantas bagaimana cara membuat tarikan Honda beat menjadi enteng ?? ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, oleh pemilik Honda beat agar motornya lebih bertenaga dan bisa berlari lebih cepat. Motor yang tarikannya enteng, tentu lebih nyaman dikendarai karena tenaganya tidak akan terasa ngempos.

Honda beat ialah motor matic bermesin 110 cc motor ini sudah ada sejak tahun 2008 dan tetap dipasarkan sampai sekarang. Sampai saat ini sudah ada empat generasi Honda beat yang sama-sama mengusung mesin berkapasitas 110 cc, namun untuk generasi pertama masih menggunakan karburator.

Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng

Performa beat karbu dan injeksi tentu sangat berbeda. Begitu dengan konsumsi bahan bakar keduanya. Namun yang jadi permasalahan ialah kapasitas mesin Honda beat terlalu kecil sampai tarikan motor menjadi terasa cukup berat, terutama pada saat putaran bawah.

Dan sebenarnya cara membuat tarikan Honda beat enteng bisa cukup dengan service rutin. Namuan bila ingin performa lebih optimal, maka harus mengganti beberapa bagian mesin. Lalu apa saja yang diganti ?? untuk mengetahuinya silahkan kalian simak pemaparan selengkapnya mengenai cara membuat tarikan Honda beat enteng berikut ini:

Dengan Mengganti Roller Cvt

Dalam performa motor matic dalam hal ini memang sangat tergantung pada kinerja CVT yang notabennya ialah sistem transmisi pada motor matic. Komponen CVT Honda beat terdiri dari berbagai komponen. Setiap komponen memiliki fungsi berbeda-beda.

Supaya menghasilkan performa yang optimal dan tarikan lebih enteng, maka kalian harus merombak bagian tersebut. Dan caranya ialah dengan menggunakan part-part aftermarket yang banyak di jual di toko variasi, lalu apa saja bagian yang harus diganti ??

Dan cara termudah untuk membuat tarikan Honda beat lebih enteng ialah dengan mengganti roller bawaan dengan roller yang lebih ringan. Kalian bisa mengguanakan roller berbobot 10 gram untuk mengganti roller bawaan yang memiliki bobot 15 gram.

Dengan mengganti roller maka tarikan Honda beat kalian akan menjadi lebih enteng. Namun ada yang harus dikorbankan yaitu top speed pada putaran atas sehingga motor akan terasa lebih pelan saat menarik gas dalam-dalam.

Dengan Mengganti Per CVT Dan Per Sentrifugal

Dalam hal ini tujuan ganti roller CVT ialah untuk meningkatkan tarikan diputaran bawaan sehingga motor semakin lincah dan enteng. Bagi yang mengedepankan top speed maka harus mengimbanginya dengan upgrade per CVT serta per sentrifugal.

Kalian bisa membeli per cvt serta per sentrifugal dengan kekerasan 1.500 rpm agar tarikan semakin enteng dan top speed tetap terjaga. Semua komponen tersebut bisa dibeli di toko variasi dengan harga cukup terjangkau.

Sebagai alternatif, kalian juga bisa membeli paket upgrade CVT Honda beat yang banyak tersedia di toko online ataupun toko variasi. Dan harganya kisaran Rp 400-600 ribuan dengan paket yang terdiri dari mangkok kampas ganda, roller, per cvt dan per sentrifugal.

Dengan Menggunakan Noken AS Racing

Cara membuat tarikan Honda beat enteng yang kedua ialah dengan cara menggunaka  noken as racing. Noken as sendiri berfungsi untuk mengatur buka-tutup klep sehingga berperan penting terhadap performa Honda beat. Dan sayangnya harga noken as racing untuk Honda beat cukup mahal yakni sekitar Rp 400-500 ribuan.

Ada beberapa merek noken as racing yang dikhususkan untuk Honda beat seperti BRT racing, kawahara dan VIP racing. Dan ketiga merek tersebut menjanjikan perubah performa yang cukup signifikan sehingga menjadikan tarikan Honda beat lebih enteng.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Honda Scoopy Boros Dan Brebet

Dengan Menggunakan Knalpot Racing

Mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing juga dapat meningkatkan performa Honda beat agar lebih cepat dan lebih enteng. Namun jangan asal memilih knalpot racing, pastikan knalpot yang dibeli merupakan knalpot original.

Untuk Honda beat kami rekomendasikan knalpot R9 misano ss black series. Dan untuk harga knalpot Honda beat tersebut memang cukup mahal yaitu mencapai Rp 1.1 jutaan. Meskipun begitu knalpot R9 mampu mengoptimalkan tenaga Honda beat sehingga tarikan menjadi lebih enteng.

Dengan Menaikan Rasio Kompresi

Satu lagi cara membuat tarikan Honda beat enteng yaitu dengan menaikan rasio kompresi mesin. Cara ini hanya dapat dilakukan oleh orang berpengalaman.

Kesalahan dalam menaikan kompresi mesin dapat berbahaya, sebab butuh perhitungan yang pas agar settingan bisa sempurna. Dan apabila settingannya pas kami yakin tarikan mesin akan terasa lebih enteng dan membuat motor bisa berlari lebih cepat.

Dengan Menggunakan Per Kampas Kopling Racing

Walaupun ukurannya kecil, namun per kampas ganda kopling sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. Per ini menjadi bagian dari komponen transmisi CVT Honda beat. Nah supaya tarikan Honda beat lebih enteng, kalian bisa mengganti per bawaan dengan per kampas kopling racing buatan KTC Kytaco atau merek lainnya.

Dan kelebihan per kampas kopling racing ialah memiliki nilai rpm lebih tinggi. Dan ada beberapa pilihan rpm yang terdiri dari 1.000 rpm, 1.500 rpm dan 2.000 rpm. Makin tinggi nilai angkanya, maka semakin keras pernya.

Dalam penggunaan per kampas kopling racing juga tidak boleh asal. Dan apabila mesinnya masih standar, kami sarankan untuk memakai yang 1.000 rpm atau maksimal 1.500 rpm.

Dengan Mengganti Oli Secara Berkala

Ada beberapa penyebab tarikan motor matic berat, dan salah satunya ialah karena oli yang digunakan sudah melebihi masa pakai dan harus diganti dengan oli baru. Sewajarnya durasi penggantian oli motor matic ialah setiap 2 bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak 2.000-3000 km.

Dalam penggantian oli yang telat hanya akan membuat tarikan motor terasa berat. Sebab tingkat kekentalan oli akan menurun dan menjadikan mesin motor cepat panas. Supaya performa mesin selalu prima, maka kalian wajib mengganti oli secara berkala, lalu apa oli yang bagu untuk Honda beat ?

Ada bebeapa oli yang direkomendasikan untuk Honda beat PT Astra Honda Motor sendiri merekomendasikan oli AHM SPX-2 yang merupakan oli berbahan dasar Fully Syntheticextra superior yang akan memberikan performa mesin lebih tinggi.

Dengan Menggunakan CDI Racing

Nah bagi yang masih menggunakan beat karbu kami sarankan untuk mengganti CDI bawaan motor dengan CDI Racing. Ada beberapa merek yang bisa dipilih dan salah satu yang terbaik ialah CDI BRT Pewermax Hyperband.

Baca Juga :  Motor Supra X 125 Anda, Tidak Kuat Menanjak?? Ini Dia, Solusinya

CDI BRT Powermax Hyperband bisa digunakan pada mesin Honda beat standar ataupun yang sudah dituneup untuk kebutuhan balap. CDI tersebut akan mengoptimalkan sistem pengapian Honda beat sehingga performanya lebih optimal.

Dan untuk harga CDI Racing memang tidak murah, namun sebanding dengan performa yang akan didapatkan kami pastikan tarikan motor akan jauh lebih enteng dan kamampuan akselerasi semakin optimal. Sebab performa motor sangat dipengaruhi oleh sistem pengapian.

Dengan Melakukan Porting Pada Bagian Exhaust

Agar lebih enteng yaitu dengan melakukan porting pada bagian exhaust. Pada saat kondisi motor kalian masih standar, dinding di lubang inlet atau lubang exhaust jika kalian perhatikan, maka akan kelihatan seperti kulit jeruk. Dan tentunya kalian semua mengetahui bagaimana permukaan kulit jeruk, pada kabanyakan orang hal ini dianggap tidak normal.

Dan padahal jelas salah yak arena hal tersebut justru membantu motor kalian untuk menghasilkan performa yang maksimum. Dan apabila kalian ingin melakukan penghalusan, maka yang perlu kalian lakukan ialah dengan penghalusan pada bagian exhaustnya saja.

Agar proses pengeluaran dari hasil pembakaran bahan bakar menjadi lebih lancar dan hal ini tentunya akan membuat tarikan pada motor kalian lebih enteng.

Dengan Setting Ulang Spuyer

Supaya lebih enteng dengan melakukan penyetingan ulang bagian spuyer. Biasanya penyetelan ulang spuyer akan tergantung pada kemauan atau keinginan dari si pemilik motor tersebut. Apabila kalian masih ingin menggunakan filter udara.

Maka lakukanlah penyetingan pada spuyernya agar dibuat kering, karena dengan melakukan hal seperti ini, tentunya nantinya tarikan motor Honda beat kalian akan semakin enteng.

Dengan Mengganti Throttle Body

Satu lagi cara membuat tarikan Honda beat enteng ialah dengan mengganti throttle body bawaan Honda beat. Kalian bisa menggantinya dengan throttle body miliki vario 150 yang memiliki ukuran diameter lebih besar.

Sebagai perbandingan diameter throttle body bawaan Honda beat Fi lama ialah sebesar 19 mm dan untuk beat eSP memiliki diameter 22 mm. Sedangkan diameter throttle body Honda vario 150 memiliki ukuran standar mencapai 26 mm.

Nah tujuan dalam mengganti throttle body ialah agar asupan udara yang masuk ke mesin semakin bertambah sehingga jumlah bahan bakar yang disemprotkan oleh injector semakin besar. Namun cara ini cukup sulit dan ribet, sebab dudukan intake Honda beat berbeda dengan vario 150 sehingga perlu dilakukan penyesuaian.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂