Cara Membuat SIM C Terbaru

Posted on

Cara Membuat SIM C – Dalam hal ini salah satu syarat untuk diperbolehkan mengemudi di jalan raya ialah memiliki surat izin mengemudi “SIM”, hal tersebut sesuai dengan pasal 7 ayat 1 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009.

Syarat Dan Biayanya – Cara Membuat SIM C Terbaru

SIM ialah dokumen penting yang wajib sekali dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor. Ini merupakan bukti registrasi layak berkendara yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia kepada masyarakat.

Jika mau mendapatkan SIM, kalian wajib sehat jasmani serta rohani. Tidak ketinggalan mampu mengendarai kendaraan bermotor dengan baik dan sudah diuji lewat tes. SIM mempunyai beberapa jenis sesuai dengan jenis kendaraan yang ditungganginya.

Untuk pengendara mobil diwajibkan memiliki SIM A. Dan sementara penunggang motor diwajibkan memiliki SIM C. Nah bagi yang masih belum pernah mengurus atau membuat SIM C, berikut informasi selengkapnya.

Kami akan berikan beberapa petunjuk dan juga prosedur bagaimana cara membuat SIM C terbaru, serta syarat dan biayanya. Simak selengkapnya dibawah ini:

Persyaratan Dan Cara Membuat SIM C

Cara membuat SIM C yang pertama kalian harus penuhi persyaratannya terlebih dahulu. Paling mudah dilihat dari usia pemohon, minimal berumur 17 tahun tidak boleh kurang. Dan bukan cuma itu ada juga syarat administratif lain yang wajib dipenuhi, lantas apa saja ?? cek daftarnya dibawah ini:

  • Memiliki KTP atau Karti Tanda Penduduk yang masih berlaku.
  • Mengisi formulir permohonan Surat Izin Mengemudi sesuai kendaraan yang dioperasikan.
  • Sehat jasmani dan rohani, ini dibuktikan lewat surat keterangan sehat dari dokter bisa juga dibuat di klinik kepolisian atau di pusat pelayanan kesehatan lainnya.
  • Berpenampilan rapi saat mendaftar, pemohon diharap mengenakan baju rapi dan bersepatu “dilarang menggunakan sandal”.
  • Lulus ujian teori, ujian praktik dan/atau ujian keterampilan melalui simulator.
  • Membayar biaya untuk pembuatan SIM baru.

Biaya Pembuatan SIM C

Dalam membuat SIM sangatlah mudah dan tidak perlu pakai calo. Biaya pembuatan SIM berbeda-beda sesuai jenisnya. SIM C baru dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu. Nominal tersebut sesuai dengan PP No. 50 Tahun 2010 tentang PNBP pada Polri. Biaya ini belum termasuk asuransi yakni sebesar Rp 30 ribu namun sifatnya tidak wajib.

Pembuatan SIM C, harganya sangat terjangkau. Namun masih banyak pemohon yang kurang sabar dan akhirnya menggunakan jasa calo. Dan sebaiknya hindari calo, selain bisa mengurangi angka korupsi di Indonesia. Tanpa calo juga lebih murah. Kalian pun bakal memperoleh pengalaman yang menarik saat membuat SIM C. Pasalnya jika melihat prosedurnya ada tes teori dan praktik jadi pasti menyenangkan.

Baca Juga :  Cara Baca Kode Busi NGK Dan Denso

Lantas Apa Itu Smart SIM ??

Smart SIM mulai diluncurkan pada 22 September 2019. Dan sebenarnya ini bukanlah SIM khusus yang didapat dengan cara tertentu. Smart SIM hanya nama baru untuk SIM yang ada di Indonesia. Jadi untuk memperolehnya cukup membuat SIM seperti biasa saja.

Nah disebut dengan Smart SIM lantaran di dalamnya terintegrasi dengan banyak hal. Dan salah satunya uang elektronik. Efeknya pemilik SIM juga dapat menggunakannya sebagai alat pembayaran. Kalau mau membayar di supermarket told an berbagai lokasi lain, cukup keluarkan SIM praktis bukan ??

Dan selain itu Smart SIM mampu menyimpan banyak data, termasuk di dalamnya ada data nomor telepon orang terdekat yang bisa dihubungi saat kondisi darurat. Jadi pihak berwajib bakal tidak kesulitan untuk mengabarkan ke keluarga korban kecelakaan.

Prosedur Dan Cara Membuat SIM C

Agar kalian tidak salah dalam pembuatan SIM C haruslah mengikuti prosedur. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui agar SIM C kalian bisa didapat dengan lancar. Untuk lebih jelas berikut ini merupakan prosedur yang harus diikuti saat membuat SIM C baru yaitu:

  • Siapkan Dokumen
    Yang pertama ialah siapkan semua berkas dokumen, pastikan tidak ada satu pun yang ketinggalan.
  • Ambil Formulir Pendaftaran
    Setelah semua dokumen lengkap, ambil formulir pendaftaran di satuan penyelenggara administrasi “Satpas” SIM sesuaikan formulir dengan kendaraan yang dikemudikan. Jangan lupa untuk membayar administrasi sesuai dengan tariff yang ditentukan. Untuk SIM C biasanya map berwarna biru.
  • Isi Formulir Dengan Jelas
    Selanjutnya isi formulir permohonan SIM dengan jelas, lengkap dan benar. Setelah itu serahkan kepada petugas yang ada di loket yang telah disediakan. Tunggu antrian hingga nama dipanggil.
  • Lakukan Tes Teori
    Setelah nama dipanggil baru pendaftar diwajibkan untuk ikuti tes. Tes yang wajin diikuti ada dua, teori dan praktik. Dalam tes teori pemohon akan menjawab pertanyaan seputar lalu lintas dan hal saat kemudikan motor. Tes berlangsung menggunakan computer, jadi pemohon diharuskan mengantri dengan pemohon lainnya untuk bergantian tes teori. Jika dalam tes ini pemohon tidak lulus, maka akan dipersilahkan untuk mengulang ujian teori dalam tenggang waktu 7 hari, 14 hari dan 30 hari.
  • Lakukan Tes Praktik
    Jika lolos tes computer langsung mengikuti ujian praktik, dalam ujian praktik ini pemohon akan dipersilahkan untuk mengemudikan motor secara lurus, zig-zag dan membentuk angka delapan. Jika tidak lolos pemohon akan bisa mengikuti tes praktik ulang seminggu sesudahnya. Pastikan ketika melakukan ujian ulang kalian sudah belajar dan berlatih terlebih dahulu. Jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama.
  • Menunggu Panggilan Di Loket
    JIka dinyatakan lulus dalam semua tes, pemohon SIM akan diminta untuk menunggu panggilan di loket. Proses menunggu memang cukup membosankan. Kalian boleh melakukannya sambil makan atau minum. Satu yang harus diperhatikan, pastikan nada berasal dari pengeras nada terdengar waktu memanggil nama kamu. Apabila terlewat atau tidak dipanggil di dalam waktu yang memadai lama, sebaiknya kamu mengecek kembali dengan segera berkunjung ke loket.
  • Proses Identifikasi
    Setelah itu pemohon akan dipersilakan untuk lakukan sistem identifikasi. Caranya mengisi tanda tangan, sidik jari, dan foto. Semua sistem ini dilaksanakan secara digital. Kamu cuma harus mengikuti perintah berasal dari pihak kepolisian. Jangan grogi, yakin diri saja. Itu penting di dalam melalui sistem identifikasi ini.
  • Pengambilan SIM C
    Usai melewati tahap tersebut, pemohon diminta menunggu sampai SIM C menjadi dan mengambilnya di loket pengambilan SIM. Pastikan pemohon terlalu punya pengetahuan yang memadai mengenai selanjutnya lintas dan juga mengemudikan motor dengan benar. Ini untuk sanggup lolos di ujian teori.
  • Lolos Tes Psikologi
    Sebenarnya tersedia satu kembali prosedur menyebabkan SIM C, lebih-lebih untuk pemohon th. 2020. Mereka diminta untuk lakukan tes psikologi baik di Satpas SIM atau di lokasi lain (dilampirkan). Supaya mempermudah, kamu boleh tes psikologi di instansi swasta. Hal ini juga bermanfaat untuk memperpendek waktu antri disaat menyebabkan SIM C.
Baca Juga :  Tanpa Calo – Tips Lulus Ujian SIM Motor Atau SIM C

Persyaratan tes psikologi bagi penerbitan SIM merupakan amanah Undang-Undang. Hal ini tertuang di Pasal 81 ayat (4) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kemudian untuk turunannya tersedia di Pasal 36 Peraturan Kapolri No. 9 th. 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Peraturan ini sebetulnya belum lama dijalankan, menjadi 2020. Belum pula berlaku secara nasional. Meski demikianlah di beberapa Satpas SIM udah diterapkan. Tes Psikologi sendiri dalam pembuatan SIM ternyata miliki tujuan, terutama dalam menilai attitude pengendara. Tes psikologi meliputi beberapa hal. Di dalamnya termasuk menilai konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kebolehan sesuaikan diri, dan stabilitas emosi.

Cara Lolos Ujian Praktik Ketika Membuat SIM C

Pemohon sebaiknya berlatih untuk hadapi ujian praktik. Perlu dicatat, banyak sekali yang gagal di ujian praktik. Padahal untuk lolos, pemohon cuma perlu lewat tiga tes. Yang pertama tes mengendarai motor secara lurus, zig-zag dan terhitung membentuk angka delapan. Jika sebenarnya gagal dalam ujian praktik, jangan berkecil hati. Teruslah bersemangat berlatih untuk mengulangi ujian tersebut.

Lolos ujian SIM sangatlah perlu demi keamanan berkendara di jalan raya. Jangan hingga kesembronoan mengakibatkan perihal yang tidak di inginkan di jalan raya. Selain itu persiapkan fisik dan terhitung mental pas mengantri mengakibatkan SIM. Ini gara-gara antrian biasanya amat panjang dan memadai melelahkan. Dibutuhkan terhitung kesabaran pas proses pembuatan.

Seperti yang udah disebutkan di atas, tersedia beragam tipe rintangan di ujian praktek SIM C. Diantaranya jalan Zig – Zag, Angka 8, Tes Reaksi Menghindar dan Letter U. Tiap rintangan, memiliki strategi sendiri untuk melaluinya. Trik paling mudah, kamu perlu terbiasa bersama motor yang kamu memanfaatkan dalam ujian praktik. Boleh minta pas lebih ke polisi untuk mencoba motor khususnya dulu.

Kalau mampu memanfaatkan motor sendiri, bahkan lebih baik. Pasalnya di lebih dari satu tempat, memanfaatkan motor sendiri pas ujian SIM diperbolehkan. Berikut tips lewat rintangan pas ujian praktek sim C:

Pasang Gigi Dua Ketika Melewati Rintangan Zig – Zag

Tidak sukar mirip sekali lewat rintangan zig-zag. Kamu cuma dituntut luwes dalam bermanuver. Bahu dan badan perlu turut bergerak untuk mengendalikan motor. Bukaan gas terhitung perlu pas. Tidak boleh amat besar, tujuannya supaya motor selamanya seimbang. Kalau menggunaan motor bersama transmisi manual, memanfaatkan gigi dua. Jangan naikkan atau menurunkan gigi.

Baca Juga :  Perbedaan Kelistrikan AC Dan DC Di Motor

Penggunaan gigi dua, punya tujuan menopang memelihara kestabilan motor pas lewat rintangan. Kalian terhitung mampu lebih fokus untuk bermanuver, dibanding perlu ganti gigi. Jika motor yang dipakai berjenis matik, beda kembali cara lewat rintangan zig-zag. Kalian perlu lebih fokus ke bukaan gas. Perlahan saja supaya motor matik mampu melaju seimbang.

Lakukan Counter Steering di Rintangan Angka 8

Rintangan angka 8 merupakan yang paling sukar dalam ujian praktek SIM C. Kalau diamati sekilas, sebenarnya perlu kapabilitas lebih supaya lolos. Hanya saja sebenarnya tidak sesulit itu. Kamu cuma perlu tahu triknya.

Lakukanlah strategi counter steering pas lewat rintangan ini. Caranya bersama posisikan bokong berlawanan bersama arah belok. Bila sedang belok kanan, maka duduklah di jok agak ke kiri. Begitu pula sebaliknya. Trik selanjutnya, fokus pandangan ke arah yang dituju. Jangan risau jatuh.

Pakai Rem Belakang Kalau Mau Lolos Di Rintangan Reaksi Menghindar

Lolos di rintangan ini jauh lebih ringan dari angka 8. Kamu perlu melakukan tidak lain adalah mengerem bersama tuas di kaki atau memanfaatkan rem belakang. Pandangan terhitung perlu fokus ke lampu hijau di depan, supaya tidak keliru berbelok. Kalau perihal berikut mampu kamu kuasai, maka lolos rintangan reaksi mencegah akan amat mudah.

Rintangan U Turn Bisa Dilewati bersama Counter Steering

Lagi-lagi rintangan U Turn tidaklah sulit. Terlebih terkecuali kamu udah lewat angka 8. Jangan lupa melakukan kembali counter steering pas kamu mulai menikung. Counter steering sungguh berguna untuk memelihara kestabilan motor. Ditambah lagi, kalian tidak boleh melaju amat cepat. Perlahan saja, tetapi pasti!

Cara Membuat SIM C untuk Keperluan Perpanjangan

Ingatlah bahwa SIM C tidak berlaku selamanya. SIM C memiliki jaman berlaku lima tahun, setelah itu kamu perlu melakukan perpanjangan. Caranya tidak sukar dan biayanya memadai murah. Perhatikan pula pas perpanjangan SIM. Jangan hingga terlmabat. Sebaiknya melakukan perpanjangan SIM, 14 hari sebelum jaman berlakunya habis.

Kamu terhitung perlu paham, terkecuali jaman berlaku SIM tidak kembali mengikuti tanggal lahir pemiliknya. SIM kini memiliki jaman berlaku sesuai bersama pas pembuatan. Perpanjangan SIM C mampu dikerjakan di beragam tempat. Mulai dari SIM Keliling, hingga Gerai SIM. Khusus SIM keliling, berbentuk mobil tertentu yang lokasinya kerap berpindah. Sementara Gerai SIM posisinya tetap. Biasanya tersedia di pusat-pusat keramaian seperti mall.

Sebelum mengunjungi SIM Keliling dan Gerai SIM, tersedia baiknya kamu melakukan pendaftaran secara online khususnya dulu. Caranya bersama masuk ke laman http://sim.korlantas.polri.go.id/. Pilih menu pendaftaran SIM online dan mengikuti langkah-langkahnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat SIM C Terbaru semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂