Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor

Posted on

Cara Membersihkan Rantai Motor – Dalam hal ini sepeda motor masih menjadi salah satu sarana transportasi yang cukup banyak dipilih masyarakat kita. Selain memang mudah digunakan, jenis model transportasi ini juga banyak di pilih karena bisa memangkas waktu tempuh di kala jalanan yang dilalui macet, serta juga karena harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan mobil.

Meski dengan begitu banyaknya kelebihan yang ditawarkan, namun sama seperti jenis kendaraan pada umumnya. Kita sebagai pemilik tentu harus selalu menjaga dan merawat semua komponen yang ada. Salah satu diantaranya ialah rantai motor yang memiliki peranan cukup penting di semua jenis motor terkecuali motor matic.

Rantai merupakan salah satu komponen pada motor yang penting, rantai motor perlu selalu dirawat dan dibersihkan agar tarikan atau akselerasinya tidak berkurang. Cara membersihkan rantai motor harus dilakukan menggunakan bahan yang aman agar tidak menimbulkan kerusakan lain.

Peranan penting yang dimiliki rantai motor sebagai penghantar putaran mesin ke roda belakang memang harus selalu memiliki performa baik. Untuk mendapatkan semua performa tersebut dari rantai motor terbaik yang digunakan ialah dengan cara membersihkan rantai dari kotoran yang ada.

Dimana kotoran yang menempel tersebut bisa berasal dari oli rantai yang sudah menghitam atau juga dari partikel-partikel yang menepel saat motor kita gunakan di jalanan. Jika tidak rutin kita bersihkan, akan ada afek samping yang biasanya timbul atau muncul saat motor kita pakai.

Jenis Jenis Rantai Motor

Rantai motor ialah sebuah komponen yang terdiri dari logam-logam yang saling terhubung untuk menyalurkan tenaga dari transmisi menuju roda belakang. Jenis rantai motor meliputi rantai dengan ring dan rantai tanpa ring. Cara membersihkan rantai motor dapat melihat pada jenis rantai motor tersebut.

Rantai dengan ring dibedakan lagi menjadi dua macam yakni rantai O-ring dan X-ring. Adanya ring berfungsi menjaga pelumas tetap pada posisi dua lempengan mata rantai. Rantai O-ring berbentuk O dan pipih, sedangkan rantai X-ring bentuknya berpilin untuk mencegah logam rantai saling bergesekan.

Rantai biasa atau rantai tanpa ring terbuat dari logam-logam seperti yang sering dijumpai. Jenis rantai ini lebih mudah untuk dibersihkan. Namun jika memilih rantai jenis ini, maka tidak heran jika kalian akan sering mengganti rantai, hal tersebut karena sering terjadi gesekan antar mata rantai.

Jenis rantai dengan ring akan lebih awet, seperti pada rantai O-ring yang terbuat dari bahan karet. Berbeda dengan rantai tanpa ring yang akan langsung menimbulkan gesekan sehingga pelumas cepat kering. Dalam hal ini jenis rantai yang berbeda akan berbeda pula pada cara membersihkannya.

Bagian Bagian Rantai Motor

Rantai pada sepeda motor hanya terdapat pada tipe motor bebek dan motor sport. Pada tipe motor matic, tidak ada rantai motornya. Rantai motor sendiri terdiri dari beberapa bagian komponen. Beberapa susunan rantai roda meliputi beberapa mata rantai yang terdiri dari beberapa bagian juga.

Seperti kita ketahui Sepeda Motor terdiri dari ratusan, bahkan ribuan spare part/komponen. Komponen-komponen tersebut di rangkai sedemikian rupa saling berkaitan dan terbagi beberapa system.  Satu sepeda motor terbagi 3 bagian besar:  Mesin, System Kelistrikan, System Rangka. Yang lebih penting lagi , ada banyak part safety yang  terdapat/terpasang pada sepeda motor. Salah satu part part safety motor Sport ataupun motor Cup adalah Drive Chain/Rantai Roda.

Pada system penggerak dengan rantai roda, daya dari mesin di antar ke drive sprocket dan diteruskan ke roda belakang melalui rantai roda dan driven sprocket. Standarnya rantai roda terdiri atas:

Dua rollers dipasang di antara dua roller link plates. Kombinasi dari dua roller link plates yang di sambungkan ke sebuah kombinasi lain melalui sepasang pin link plates. Kombinasi bergantian dari dua roller link plates dan dua pin link plates membentuk sebuah rantai roda.

Masing-masing roller dapat berputar dengan bebas pada bagian luar dari masing-masing bushing. Unjuk kerja pelumasan dari gemuk didalam rantai roda akan mengalami penurunan  karena berkurangnya  jumlah gemuk di dalam rantai selama pemakaian. Untuk itulah rantai roda membutuhkan perawatan, pelumasan secara regular  untuk menjamin kinerja supaya tetap optimal.

Untuk pelumasan rantai roda gunakan  Gear Oil dengan SAE 80-90, atau bisa menggunakan pelumas rantai spray yang ada di pasaran. Berikan Gear Oil ataun Chain Lube terutama pada bagian dalam rantai roda, pelumas akan menyebar ke seluruh rantai roda akibat gaya sentrifugal  yang disebabkan oleh rotasi rantai roda.

Jangan terlalu banyak memberi pelumas, jangan melumasi rantai roda dari sisi luar agar tidak terlempar keluar akibat perputaran rantai roda mengenai ban atupun part lain. Jika rantai roda sangat kotor, debu kotoran atau pasir yang menempel pada rantai roda dapat menjadi bubuk penggosok, yang dengan cepat menimbulkan keausan pada rantai roda.

Bersihkan rantai roda dengan air detergen ,seka dengan kain lap kemudian stel keregangan rantai dan beri pelumas. Ganti rantai roda yang sudah longgar/aus, satu set dengan drive sprocket dan driven sprocket, dengan demikian kita pengendara tetap nyaman dan safety dalam berkendara.

Itulah beberapa bagian pada rantai motor beserta kegunaannya yang bisa dipahami. Sebelum melakukan pembersihan maka sebaiknya kalian memahami bagian-bagian tersebut agar tidak salah dalam menangani komponen yang sedang bermasalah pada motor kesayangan.

Fungsi Rantai Motor

Fungsi rantai motor tidak lain ialah mendukung kinerja dari rantai motor itu sendiri. Rantai akan menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin motor. Energi gerak pada transmisi akan memutar gear depan beserta rantai yang akan meneruskan energi gerak tersebut ke bagian gear belakang.

Selanjutnya gear belakang yang terhubung dengan tenaga transmisi pada roda belakang akan berputar dengan bantuan rantai motor. Perputaran pada roda belakang itulah yang bisa menggerakkan kendaraan karena dapat mendorong roda depan berputar.

Cara kerja rantai motor tersebut dibantu oleh bagian-bagian yang ada padanya, bagian-bagian tersebut akan menunjang kinerja mesin motor. Jadi jika ini bermasalah maka mesin pun demikian.

Karena itu kendaraan sangat penting untuk dilihat kondisinya secara rutin dan dilakukan perbaikan secara berkala pada bengkel yang tepat. Jika rantai motor berbunyi, kemungkina rantai itu aus akibat kondisinya kering.

Jadi rantai perlu secara rutin diberi pelumas. Selain itu rantai yang terlalu kencang atau kendur juga dapat menimbulkan suara berisik saat mesin motor dinyalakan, jika rantai rusak maka perlu mengganti rantai baru beserta gearnya.

Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor yang Benar

Salah satunya adalah mengeluarkan suara berisik dan bergetar saat motor di jalankan. Keluarnya bunyi-bunyi tersebut, bisa jadi dikarenakan kotoran yang menempel di rantai motor bergesekan dengan gear. Untuk itu dibawah ini akan kami sampaikan cara membersihkan rantai motor agar kincolng dan tidak berisik.

Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum membahas bagaimana cara membersihkan rantai motor yang baik dan benar. Pastikan dulu kalian menyiapkan beberapa alat dan bahan yang umumnya dipakai saat membersihkan ratai motor. Beberapa alat dan bahan tersebut meliputi;

  • Sikat gigi : digunakan untuk membersihkan bagian sela-sela rantai motor.
  • Pembersih lantai atau piring: seperti sunlight atau lainnya yang dipakai untuk membuang semua kotoran yang ada pada rantai.
  • Bensin (pertamax atau pertalite): untuk digunakan sebagai perontoh karat dan kerak yang menempel pada rantai motor.
  • Wadah mangkuk/gelas plastik: dipakai untuk menuangkan pembersih.
  • Kuas: biasanya dipakai untuk mengusap bahan pembersih yang digunakan ke seluruh bagian rantai motor.

Cara Membersihkan Rantai Motor

Setelah semua alat dan bahan diatas sudah kalian siapkan, maka langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah mulai membersihkan semua bagian rantai motor yang ada. Nah untuk langkah-langkah cara membersihkan rantai motor bisa kalian simak dibawah ini.

Parkir Motor Ditempat Rata

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat membersihkan rantai motor adalah memarkirkan motor di tempat yang rata. Kemudian standar tengah agar rantai motor dapat diputar dengan mudah untuk proses pembersihan. Jangan lupa beri pelapis dibawah rantai agar lantai tidak kotor.

Oleskan Bensin ke Permukaan Rantai

Setelah itu lanjut dengan menungkan bensin ke wadah yang sudah disiapkan. Kemudian olesi semua bagian rantai motor dengan bensin dengan menggunakan kuas.

Tujuannya untuk merontokan kotoran yang menempel seperti debu atau kerak yang sudah mengeras dibagian rantai dan juga gear. Sedikit tips, saat mengoleskan bensin ke permukaan rantai lakukan dengan cepat karena sifat bensin mudah menguap.

Mempersiapkan Bahan Pembersih dan Air

Apabila semua bagian sudah kalian olesi dengan menggunakan bensin, biarkan lebih dulu beberapa saat sambil kalian menyiapkan bahan pembersih piring seperti sunlight atau mama lemon. Kenapa harus pembersih piring?.

Karena kedua pembersih piring tersebut bisa dengan mudah mengangkat minyak yang menempel. Dengan begitu ketika ada sisa oli yang menempel di permukaan rantai atau gear dapat dengan mudah di bersihkan. Atau jika tidak ada, kalian bisa gunakan pemersih lantai, hanya saja tidak maksimal.

Oleskan Bahan Pembersih ke Bagian Rantai

Nah setelah sudah kalian siapkan bahan pembersih tersebut di dalam wadah. Maka tahap berikutnya kalian hanya perlu mengoleskan bahan pembersih ke semua bagian rantai motor baik bagian dalam atau luar dengan menggunakan kuas. Silahkan oleskan sambil kalian tekan agar kotoran bisa terangkat oleh kuas.

Bersihkan Rantai dengan Sikat Gigi

Jika semua bagian sudah kalian lumasi dengan menggunakan bahan pembersih rantai. Kemudian silahkan kalian gosok rantai dengan menggunakan sikat gigi. Berapa kali proses pemberian bahan pembersih? tentu saja tidak ada batasan, lakukan saja sampai kotoran benar-benar sudah tidak lagi terlihat pada rantai.

Siram dengan Air Bersih

Pastikan juga ketika semua bagian sudah kalian bersihkan dan tidak ada lagi bekas kotoran yang menempel, siram dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar sudah terlihat kincong. Jika diperlukan gosok lagi dengan bahan pembersih dan siram lagi dengan air hingga beberapa kali.

Tunggu Hingga Rantai Kering

Saat proses pembersihan sudah selesai, biarkan rantai dalam keadaan basah dan tunggu sampai benar-benar kering.  Caranya cukup biarkan motor dalam beberapa saat atau bisa juga kalian lap dengan menggunakan kain kering.

Semprot Pelumas Rantai

Langkah terakhir yang perlu kalian lakukan setelah rantai motor kering yaitu menyemprotkan pelumas rantai motor yang kalian anggap terbaik. Pastikan saat penyemprotan lapisi rantai bagian bawah dengan menggunakan kardus atau kain agar pelumas tidak sampai tercecer di lantai.

Efek Rantai Motor Kotor

Seperti diatas kami singgung, jika rantai motor kotor akan ada banyak hal yang bisa membuat performa motor berkurang. Yang mana beberapa efek buruk dari kotornya rantai motor tersebut diantaranya adalah;

  • Motor terasa berat karena mata rantai dan gear tidak pas karena tersumbat kotoran.
  • Mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu saat motor berjalan.
  • Dan pastinya membuat rantai motor cepat aus.

Nah itulah kiranya proses cara membersihkan rantai motor yang baik dan benar agar kembali kinclong dan tidak berisik. Metode diatas sebenarnya hampir sama seperti metode cara membersihkan rantai dari karat yang sudah pernah kami sampaikan. Hanya saja alat dan bahan yang dipakai biasanya berbeda.

Tips Perawatan Rantai Motor

Agar rantai motor kalian awet dan tahan lama, maka perhatikan tips berikut. Yang pertama, selalu bersihkan rantai dengan rutin. Kemudian, lakukan juga pengecekan kondisi motor sebelum dan sesudah berkendara untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terjadi.

Kemudian jangan terlewati untuk melumasi rantai motor kalian dengan oli berkualitas. Gunakan juga rantai dari merk ternama yang original. Sebaliknya, hindari membeli barang merk KW yang kualitasnya kurang bagus. Hal itu bisa menyebabkan mesin motor gampang rusak dan kinerjanya tidak maksimal.

Pembahasan tentang cara membersihkan rantai motor di atas dapat kalian pahami dan pelajari. Dengan memahami uraian diatas, maka kalian akan dapat merawat motor, terutama komponen rantainya dengan benar.

Bagaimana cukup mudah bukan cara membersihkan rantai motor yang kotor? Jika kalian ingin melakukan metode diatas, pastikan ikuti langkah demi langkah yang  disampaikan diatas agar hasil maksimal bisa kalian dapatkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membersihkan Rantai Motor Kotor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂