Cara Melepas Kaca Helm Bogo

Posted on

Cara Melepas Kaca Helm Bogo – Dalam hal ini belakang trend membawa sepeda motor dengan gaya retro tengah di gandrungi bagi para anak muda khususnya di Indonesia. Selain terlihat maskulin dengan gaya retro para pengendara sepeda motor tentu akan jauh lebih merasa percaya diri.

Dan apalagi ketika mereka menggunakan berbagai macam akseseoris pendukung atau pelengkap untukĀ  menambah gaya retro atau klasik semain terpancar. Bila bicara mengenai aksesoris pendukung saat membawa motor retro, mungkin helm bogo menjadi salah satu hal yang perlu kita bahas.

Selain mampu menunjang tampilan para pengguna agar terlihat lebih klasik, helm bogo juga memiliki karakteristik tersendiri dengan adanya cukup banyak pilihan desain serta corak warna yang menarik. Dengan begitu para pengguna bisa memilih dan menyesaikan sesuai dengan kebutuhan, bahkan harga helm bogo pun terbilang cukup murah.

Nah bicara mengenai helm bogo, kita semua tahu bahwa helm ini juga memiliki beberapa bagian penting. Bagian tersebut meliputi badan helm dan juga kaca helm. Menariknya kedua bagian tersebut dibuat untuk bisa dengan mudah dipasang dan dilepas untuk proses perawatan.

Cara Melepas Kaca Helm Bogo Dari Bodi Dan Pet

Keduanya untuk melepas kaca helm bogo dan juga memasangnya kembali tentu menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki. Tetapi tidak sedikit para pengguna baru yang mungkin masih merasa kesulitan untuk melepas kaca helm bogo tersebut. Oleh karena itu dikesempatan kali ini kami akan memberikan kesempatan membagikan panduannya.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Lubang Baut Yang Rusak

Kenapa Kaca Helm Bogo Dilepas?

Namun sebelum membahas bagaimana proses cara melepas dan memasang kaca helm bogo, ada baiknya kalian ketahui lebih dulu alasan apa saja yang membuat kita harus melepas kaca helem bogo yang merupakan salah satu helm karen untuk anak muda tersebut. Dan berikut ini beberapa alasan kenapa kalian harus bisa melepas kaca helm bogo.

  • Dengan mengetaui cara melepas bagian kaca, kalian bisa dengan mudah melakukan perawatan baik itu pencucian kaca ataupun bagian badan helm.
  • Selain itu dengan mengetaui cara melepasnya, kalian juga akan lebih mudah melakukan penggantian kaca helm atau visor helm bogo ketika terjadi kerusakan.
  • Bisa dengan mudah mengganti kaca helm sesuai dengan keinginan baik itu kaca helm bening ataupun kaca helm gelap.
  • Agar bisa memodifikasi tampikan helm Bogo menjadi seperti helm Cargloss yang hanya menggunakan topi atau pet.

Alat Dan Bahan

Jika sudah paham apa tujuan mengetahui cara melepas kaca helm bogo seperti disampaikan diatas. Maka untuk melakukan hal tersebut ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan agar mempercepat proses pelepasan kaca helm. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu:

  • Obeng Minus (-).
  • Tang jepit dengan ujung kecil.
  • Tang jepit standar.
  • Kain lap atau busa.

Cara Melepas Kaca Helm Bogo

Proses pelepasan kaca helm bogo sendiri ada dua hal yang perlu kalian ketahui. Yaitu pelepasan kaca helm dari bodi dan juga pelepasan kaca helm dari pet atau topi kaca yang merupakan bagian kaca helm yang akan langsung terhubung ke bagian bodi.

Melepas Kaca Helm Bogo Dari Bodi

Untuk melepas kaca helm dari bodi ada tidak titik kancing yang harus dilepas yakni kancing sisi kiri, tengah dan kanan. Dan cara ini lebih di rekomendasikan jika kalian hanya ingin melakukan perawatan seperti membersihkan bagian dalam kaca atau bodinya.

Baca Juga :  Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat
  • Siapkan satu helm bogo dan obeng minus (-) sebagai alat yang dibutuhkan.
  • Kemudian pastikan kalian mengamati kondisi kancing pada kedua bagian bain dibagian kaca ataupun dibagian bodi.

  • Setelah itu mulailah melepas kancing dengan menggunakan ujung obeng minus yang sudah disiapkan dengan cara di congkel.
  • Untuk melepasnya kami sarankan mulai dari kacing bagian pinggir terlebih dahulu.

  • Pada proses ini kalian butuh kesebaran karena kancing biasanya cukup keras.
  • Untuk menghindari luka pada bagian bodi sebaiknya beri alas berupa kain lap atau busa agar obeng tidak langsung menempel pada bagian bodi helm.
  • Jika kedua bagian kancing pinggir sudah terlepas, lanjutkan dengan melepas kancing bagian tengah dengan cara yang sama.

  • Jika sudah terlepas semua otomatis kaca helm pun akan terlepas dari bodi bersama pet kacanya.

Melepas Kaca Helem Bogo Dari Pet

Sementara untuk melepas kaca helm bogo dari pet atau topi dudukan yang akan langsung terhubung ke bodi helm bisa dibilang lebih sulit. Dan biasanya proses pelepasan kaca dari pet hanya akan dilakukan jika kaca pecah atau memang ingin menggantinya.

  • Pertama siapkan tang dan obeng minus (-) untuk melepas pen dan ring yang mengaitkan kaca dan pet.
  • Setelah kaca helm bogo terlepas dari bodi dengan mengikuti cara diatas maka hal yang perlu kalian pegang adalah bagian kaca dan pet tersebut.
  • Nah untuk melepas kaca dari pet atau topi kalian harus melepas ring pen yang ada dibagian dalam kaca dengan menggunakan obeng minus (-) atau tang.

  • Jika ring pen sudah terlepas, silahkan pres pen bagian dalam dengan menggunakan tang yang sudah disiapkan agar pen bisa memipih dan bisa di lepas.

  • Untuk lebih mempercepat proses pelepasan pen, silahkan gunakan gerinda jika ada, namun perlu berhati-hati.
  • Agar mempermudah, sebaiknya lepaskan pen dari bagian pinggir baru bagian tengah.
  • Setelah semua bagian pen sudah terlepas maka kaca pun bisa kalian lepaskan dari pet atau topinya.

Nah seperti itulah kiranya bagaimana cara melepas kaca helm bogo dari bagian bodi dan dari bagian petnya. Untuk melakukan langkah-langkah diatas pastikan selalu berhati-hati agar tangan tidak terluka.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Melepas Kaca Helm Bogo semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.