Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 Tak

Posted on

Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 TakMotor sendiri menjadi sebuah kendaraan yang mudah untuk dijangkau oleh bagi masyarakat umum karena harganya relatif murah dan bisa dikendarai oleh berbagai kalangan. Penggunaan bahan bakarnya juga dinilai cukup hemat sehingga memudahkan mobilisasi masyarakat untuk berbagai kegiatan, seperti halnya bekerja atau untuk touring.

Motor menjadi kendaraan primadona di masyarakat. Harganya yang bisa dijangkau dan cara pembelian yang mudah menjadi salah satu faktor kenapa kendaraan ini banyak diminati. Mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran banyak yang menggunakan motor. Kendaraan roda dua yang dibekali dengan mesin ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda bisa bandingkan sendiri dengan kendaraan lain sebelum memutuskan memakai motor untuk mobilitas kalian.

Banyak yang bertanya kenapa mesin 2 Tak lebih cepat dari 4 Tak. Bagaimana cara kerjanya bisa berbeda?   Istilah mesin 2 Tak dan 4 sejatinya sudah tidak asing lagi bagi pengguna sepeda motor. Namun, nyatanya tidak semua mengerti dengan sistem mesin dan teknologi pada motor tersebut. Dalam kubikasi atau CC yang sama, motor dengan mesin 2 Tak dua kali jauh lebih cepat dibanding dengan motor bermesin 4 Tak. Hal itu tak lain karena sistem kerja mesin 2 tak dan 4 tak yang berbeda.  Secara harfiah, ‘Tak’ diartikan sebagai langkah.

Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 Tak

Perbedaan paling mendasar pada mesin 2 Tak dan 4 Tak tak lain adalah langkah kerja pada pistonnya.  Motor dengan mesin 2 tak, memiliki siklus dua langkah kerja, atau dua kali putaran engkol di setiap proses pembakaran. Sementara mesin 4 Tak, butuh 4 langkah piston di setiap siklus pembakarannya. Sebab itu, motor 2 Tak bisa dikatakan jauh lebih kencang karena membutuhkan proses pembakaran yang cepat. Namun, hal itu juga membuat motor 2 Tak lebih boros dan memiliki emisi karbon (polusi) tinggi.

Baca Juga :  12 Komponen Dan Fungsi Kopling Manual Sepeda Motor

Sebagai contoh motor 2 Tak yang sempat merajai di pasar Indonesia, antara lain RX King, Suzuki Satria 2 Tak, Kawasaki Ninja 2 Tak, Yamaha F1ZR, Honda NSR 150R, Suzuki RGR 150 dan masih banyak lagi. Campuran bahan bakar dan udaran didalam karburator dialirkan ke ruang bakar melalui saluran hisap didalam ruang bakar campuran bahan bakar. Dan udara dibakar oleh api yang dipercikan dari busi ketika piston bergerak ke atas campuran bahan bakar dan udara dikompresi sehingga mudah terbakar.

Sehingga mengakibatkan suhu dan tekanan pada silinder meningkat. Poros engkol meneruskan tenaga yang dihasilkan menjadi tenaga gerak putar atau torsi untuk memutar mesin. Gas hasil pembakaran yang tidak diperlukan harus dibuang dan bahan bakar baru masuk keruang bakar hal ini diatur oleh ke katup-katup dan lubang-lubang saluran. Untuk lebih jelasnya Kenapa mesin 2 tak lebih cepat dari 4 tak, berikut ulasannya:

Siklus Mesin

Agar mesin tetap hidup langkah kerja yang dibutuhkan untuk pembakaran harus dilakukan secara berulang dan terus menerus pertama, campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke silinder.
Dan dikompresikan selanjutnya hasil pembakaran menghasilkan daya/tenaga dorong gas hasil pembakaran ke luar dari ruang pembakaran ke empat langkah pemasukan, kompresi, usah dan pembuangan ini berulang-ulang pada satu dari ke empat langkah tersebut adalah siklus.

Konstruksi Dasar Mesin 2 Langkah

Keuntungan Mesin 2 Langkah

Mesin 2 langkah hanya memerlukan 1 kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan 1 siklus didalam cylinder usaha ( langkah tenaga ) dihasilkan setiap putaran poros engkol.

  • Piston bergerak ke atas dan ke bawah sehingga membuka dan menutup lubang pemasukan pembuangan dan transfder yang berada pada cylinder
  • Gerakan piston ini sebagai klep dan tipe ini disebut mesin piston valve
  • Untuk menyelesaikan 1 siklus diperlukan 1 kali putaran poros engkol ( 2 kali gerakan piston )
  • Campuran udara dan bahan bakar dikompresikan 2 kali setiap putaran kompresi pertama ( kompresi pendahuluan didalam ruang engkol ) campuran ditarik didalam ruang engkol dikompresikan selanjutnya masuk keruang bakar
  • Kompresi kedua ( kompresi didalam cylinder dan ruang pembakaran )
  • Campuran yang dikompresikan mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi.
Baca Juga :  Sistem Pembilasan Motor Diesel 2 Tak Dan Port Timing

         Siklus Kerja Engine 2 tak /2 Langkah

  • Langkah pemasukan dan kompresi kedua
    Bergeraknya piston ke atas menyebabkan campuran bahan bakar dan udara pada silinder ( ruang bakar ) terkompresi. Lubang pemasukan di bagian bawah silinder terbuka dan campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang engkol yang mempunyai tekanan yang lebih rendah.
  • Usaha ( langkah usaha ) dan kompresi pertama
    Ketika piston mencapai titik mati atas dimana terjadi pembakaran pada ruang bakar pada titik ini hanya lubang pemasukan yang terbuka sehingga campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang engkol.
  • Langkah pembuangan dan kompresi pertama
    Didalam ruang bakar tekanan gas bertambah sehingga mendorong piston menutup lubang pemasukan campuran udara dan bahan bakar di ruang engkol terkompresi ( kompresi primer ) dan ketika piston bergerak ke bawah ( TMB ) Lubang pembuangan terbuka dan gas sisa pembakaran yang bertekanan tinggi dibuang melalui lubang pembuangan dan tidak semua sisa pembakaran dibuang ada sisa yang tertinggal dibagian atas piston.
  • Langkah pembuangan dan langkah pembilasan
    Ketika piston bergerak ke TMB campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan tinggi pada ruang engkol mengalir ke ruang kompresi menuju ke lubang pembilasan dan menekan gas sisa pembakaran. pada saat yang sama ruang pembakaran dimasuki oleh campuran udara dan bahan bakar baru. Pada saat piston sampai di TMB dan bergerak ke atas lubang pembilasan tertutup sehingga terjadi pembilasan yang sempurna. Pada saat piston mulai bergerak kaatas dari titik mati bawah lubang pembuangan tertutup dan mulai langkah kompresi pada ruang pembakaran didalam ruang engkol naiknya piston menyebabkan tekanan berkurang sehingga ruangan tersebut menjadi vacum dan terjadi langkah pemasukan maka lengkap satu siklus.

Konstruksi Mesin 4 Tak

  

Mesin 4 tak memerlukan 2 putaran poros engkol ( 4 gerakan piston ) untuk menyelesaikan 1 siklus didalam cylinder usaha ( langkah tenaga ) terjadi setiap 2 kali putaran poros engkol

  • Silinder mempunyai 2 klep pemasukan dan pengeluaran kedua klep ini bekerja menurut gerakan piston naik dan turun silinder tidak mempunyai lubang.
  • Oleh karena itu semua peristiwa ini diselesaikan diruang pembakaran yang berada diatas silinder
  • Untuk membuka dan menutup klep ada mekanis kontrol diatas kepala silinder yang digerakkan oleh poros engkol.

Cara Kerja Mesin 4 Tak/4 Langkah

  • Langkah pemasukan ( intake )
    Sewaktu piston bergerak ke titik mati bawah ( TMB ) diruang pembakaran menjadi vakum dan klep pemasukan terbuka sehingga campuran gas dari karburator masuk ke dalam silinder ( ruang bakar ) untuk meningkatkan efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dan udara katup pemasukan terbuka sesaat sebelum titik mati atas ( TMA ) dan menutup setelah titik mati bawah ( TMB ).
  • Langkah kompresi
    Sewaktu piston bergerak keatas ( ke TMA ) kedua klep tertutup campuran bahan bakar diruang bakar dikompresikan.
  • Langkah usaha
    Sebelum akhir langkah kompresi busi memercikan bunga api dan membakar campuran bahan bakar dan udara yang dikompresikan campuran terbakar sangat cepat dan tekanan pembakaran mendorong piston kebawah selanjutnya memutar poros engkol melalui batang piston.
  • Langkah pembuangan
    Sebelum piston mencapai titik mati bawah ( TMB ) Klep pembuangan terbuka dan gas sisa pembakaran mengalir keluar sewaktu piston mulai naik dari TMB mendorong gas pembakaran yang masih tertinggal setelah piston melewati TMA klep pengeluaran tertutup dan campuran mulai mengalir kedalam silinder.
Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 Tak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂