Cara Kerja Aki Motor : Fungsi Dan Jenisnya

Posted on

Cara Kerja Aki Motor – Nah saat ini hampir kebanyakan motor baik itu motor matic, bebek ataupun Sport memang sangat membutuhkan sekali sebuah aki, apalagi beberapa motor keluaran baru tidak lagi membawakan kick starter untuk menghidupkan mesin motor.

Oleh karena itu kenapa setiap pemilik kendaraan harus mengetahui fungsi aki motor serta bagaimana cara kerjanya, sehingga dapat mengetahui dengan mudah ketika terjadi kendala pada aki.

Buat kalian semua yang masih awam dalam hal tersebut maka sangat disarankan agar mengetahui sedikit demi sedikit, terutama pada motor kesayangan agar nantinya ketika rewel kalian bisa mengatasinya sendiri tanpa harus membawa ke bengkel.

Hampir sebagian besar permasalahan pada motor keluaran baru terjadi dikarenakan aki mengalami gangguan, untuk itu pada pembahasan kali ini kami informasikan mengenai cara kerja aki motor.

Nah sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua jika aki terdapat dua jenis yakni kering dan basah, antara keduanya memiliki fungsi sama serta cara kerja yang sama persis.

Sebelumnya juga sudah sempat disampaikan akan Perbedaan Aki Kering Dan Basah jadi tidak perlu dijelaskan kembali. Dengan mengetahui akan perbedaan antara keduanya maka bisa menentukan mau menggunakan jenis mana.

Sangat disarankan sekali buat kalian semua ketika akan mengganti aki baru pastikan ketahui harga aki motor terbaik, sebab ada cukup banyak merek ternama yang mana masing-masing memiliki keunggulan.

Sebelumnya juga sempat kami sampaikan kepada kalian semua, apabila penasaran dengan semuanya maka sangat disarankan sekali agar simak ulasan kali ini sampai selesai dengan begitu akan lebih dimudahkan nantinya.

Buat kalian semua yang ingin mengetahui lebih lengkapnya maka pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan bagaimana cara kerja sebuah aki motor serta fungsinya apa saja. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan mengenai cara kerja aki motor disertai fungsinya yang sudah dipersiapkan buat kalian semua pemilik kendaraan seperti dibawah ini.

Cara Kerja Aki Motor

Untuk mengawali pembahasan kali ini terlebih dahulu kami sampaikan poin utama pada pembahasan kali ini yakni cara kerja aki motor, sebab kami sangat yakin sekali juka diluar sana banyak orang belum mengetahui akan proses kerjanya seperti apa.

Nah jadi singkatnya aki motor memiliki cara kerja sangat sederhana dimana memanfaatkan reaksi kimia dengan tujuan agar dapat melakukan discharge dan recharge, pada saat arus listrik mulai keluar maka terjadi reaksi kimia yang diubah menjadi arus listrik.

Pada saat aki dalam keadaan normal maka proses recharge isi tegangan akan berlangsung secara terus menerus sehingga mampu memberikan arus listrik ke beberapa komponen yang membutuhkan sebuah tegangan listrik.

Sampai disini apakah kalian semua sudah memahami dengan penjelasan sudah disampaikan seperti diatas? Jadi pada intinya aki sebagai tempat dan pusat untuk mengalir arus listrik, lalu akan di salurkan ke beberapa komponen.

Fungsi Aki Motor

Kemudian lanjut ke pembahasan selanjutnya yakni fungsi sebuah aki buat kendaraan, pada dasarnya terdapat cukup banyak peran penting.

Dan apabila kalian semua penasaran dengan semuanya maka sangat disarankan sekali agar simak langsung ulasan sudah kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini:

  • Fungsi pertama untuk menyalakan mesin ketika menggunakan starter elektrik.
  • Lalu fungsi berikutnya sebagai penyuplai arus ke beberapa komponen seperti speedometer.
  • Sebagai penyuplai daya ECU (Engine Control Unit) khusus motor Injeksi.
  • Sebagai penyuplai arus listrik ke sistem pencahayaan seperti headlamp, stop lamp dan lampu sein.
  • Dan pastinya masih banyak lagi fungsi aki lain dimana tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Komponen Yang Mempengaruhi Fungsi Aki Motor

Adapun komponen yang mempengaruhi fungsi aki motor diantaranya yaitu:

  • Kotak Baterai
    Kotak ini merupakan tempat seluruh komponen aki diletakkan. Selain sebagai wadah, kotak baterai juga berguna untuk melindungi semua komponen dari goncangan maupun tabrakan dengan komponen lain. Kotak baterai biasanya menggunakan plastik kokoh yang kuat menahan benturan.
  • Plat Aki
    Plat inilah yang akan berfungsi ketika ada proses recharge maupun discharge karena kutub negatif dan positifnya menghasilkan medan listrik yang akan membuat cairan elektrolit bereaksi. Semakin luas plat, maka arus listrik yang dihasilkan juga semakin besar.
  • Plat Separator
    Plat ini terbentuk dari material isolator yang bermanfaat sebagai penyekat plat aki sehingga tidak timbul reaksi yang tidak diinginkan, misalnya korsleting. Plat ini memiliki rongga pori yang bisa memudahkan cairan elektrolit mengalir.
  • Cell Separator
    Dalam satu baterai terdapat 6 sel, yang dipisahkan oleh sel separator. Permukaan partisi sel ini tidak berongga sehingga menahan cairan elektrolit untuk mengalir ke luar dari tiap bagian sel.
  • Cell Connector
    Sama seperti namanya, fungsi dari komponen konduktor ini adalah sebagai penghubung plat antar sel yang disambungkan dengan posisi seri. Tiap sel akan dihubungkan dengan konektor ini, jadi ada 6 buah konektor untuk tiap sel yang ada.
  • Larutan Elektrolit
    Cairan yang biasanya ada di dalam aki adalah larutan asam sulfat atau H2SO4. Dengan adanya cairan elektrolit ini, maka aki bisa melakukan reaksi kimia yang nantinya menghasilkan arus listrik yang akan disimpan maupun dipergunakan. Semakin sering digunakan maka cairan elektrolit akan semakin berkurang. Umumnya pada saat membeli aki, cairan ini terisi sebanyak 36% dan akan terus mengalami penurunan setiap kali digunakan. Maka agar aki tidak mudah tekor, pemilik kendaraan harus sering mengecek kondisi cairan elektrolit ini.
  • Kutub Baterai
    Di sinilah letak dari terminal pada baterai aki, posisinya adalah pada tiap ujung plat konektor. Setiap kutub terdiri dari kutub + dan -. Karena di dalam baterai terdapat 6 sel, maka di sana juga terdapat 6 pasang kutub baterai.
  • Tutup Ventilasi
    Penutup ini memiliki dua manfaat yakni sebagai lokasi pengisian cairan elektrolit tiap sel dan juga untuk lubang udara tempat keluarnya hidrogen yang dihasilkan ketika proses recharge. Walaupun bernama tutup, namun penutup ini tetap memiliki lubang kecil. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan hidrogen sehingga tidak membuat aki membengkak. Namun, kalian juga harus selalu mewaspadai bagian ini, sebab seperti yang kita ketahui gas hidrogen sangat mudah meledak.
Baca Juga :  Fungsi Dan Jenis Roda Pada Motor Yang Belum Anda Ketahui

Jenis Aki

Sebagaimana sudah dijelasakan kepada kalian semua jika aki terdapat dua jenis tersedia, dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apabila penasaran dengan itu semua silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan kali ini diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Aki basah merupakan tipe aki motor paling umum dan paling banyak digunakan karena bisa dibilang cukup awet dan tahan lama dengan adanya tambahan cairan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4).
  • Aki kering merupakan jenis aki motor yang didalamnya memiliki cairan elektrolit lebih sedikit dan sudah disertai kandungan timah kalsium yang membuatnya tak mudah menguap serta kualitas jauh lebih tahan lama.

Cara Mengatasi Aki Motor Tidak Mengisi

Apabila kalian sudah paham dan tahu apa saja yang menjadi ciri dan penyebab aki motor tidak mengisi. Maka setelah mengetahuinya, berikut ini kami akan buatkan pula beberapa bagaimana cara mengatasi aki motor tidak mengisi sesuai dengan penjelasan diatas yaitu:

  • Ganti kiprok motor kalian dengan yang baru ketika komponen satu ini memang bermasalah.
  • Begitu juga dengan bagian spull, jika sudah rusak atau gosong silahkan ganti dengan spull baru sesuai dengan jenis dan tipe motor masing-masing.
  • Aki Drop bahkan juga menjadi salah satu penyebab aki motor tidak mengisi, solusi terbaik silahkan ganti dengan aki motor baru sesuai dengan tipe masing-masing.
  • Sementara jika disebabkan karena socket kiprok error, jalur kabel kiprok salah, atau beban terlalu berat kalian harus segera memeriksa dan memperbaikinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Akhir Kata:

Nah bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa aki motor memang memiliki peran sangat penting, bahkan tidak hanya sebuah kendaraan roda dua atau motor saja, mobil juga sangat membutuhkan sekali sebuah aki.

Baca Juga :  Penyebab Aki Motor Rusak

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana Cara Kerja Aki Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂